Fungsi Vaksin Rotavirus Bagi Kesehatan Buah Hati

Bagikan artikel ini

Fungsi vaksin rotavirus adalah untuk melindungi anak dari virus penyebab diare, muntah dan demam.

Rotavirus merupakan infeksi virus yang mudah menular khususnya pada bayi dan anak-anak dibawah lima tahun.

Rotavirus terdapat pada tinja dan ditularkan melalui kontak tangan yang tidak dicuci dengan bersih setelah menggunakan toilet atau mengganti popok.

Rotavirus dapat berada di permukaan benda selama berminggu-minggu sehingga penting untuk membersihkan barang-barang terutama yang akan digunakan oleh anak agar tidak terinfeksi rotavirus.

Ini disebabkan virus dapat berpindah ke dalam tubuh apabila seseorang atau benda yang sudah terinfeksi rotavirus menyentuh mulut orang lain.

Gejala infeksi rotavirus biasanya terjadi setelah dua hari sejak terpapar virus tersebut.

Gejalanya yaitu, muntah dan diare yang tidak kunjung sembuh, mulut kering, anak-anak menjadi lebih rewel, kehilangan nafsu makan hingga dehidrasi.

Apabila anak Anda mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera mendapatkan layanan terapi infus untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare, muntah dan tidak makan.

Anda bisa mendapatkan layanan terapi infus dengan dokter Medi-Call dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call sehingga tidak perlu ke Rumah Sakit.

vitamin c di rumah, vitamin c, infus di rumah, pasang infus di rumah, infus vitamin c, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Infus dan Vitamin di Rumah Anda

Fungsi Vaksin Rotavirus

Infeksi rotavirus sangat berbahaya umumnya di negara berkembang seperti Indonesia.

Tidak ada obat untuk mengobati infeksi rotavirus oleh karena itu fungsi vaksin rotavirus pada anak adalah untuk melindungi Buah Hati dari infeksi virus berbahaya.

Diare, muntah selama seminggu, kehilangan nafsu makan, mulut dan tenggorokan yang kering merupakan tanda adanya infeksi rotavirus dalam tubuh.

Apabila kondisi ini terus berlangsung maka anak Anda akan kehilangan cairan tubuh parah yang sangat berbahaya bagi tubuh anak-anak.

Tubuh anak-anak memiliki ukuran serta jumlah lemak yang lebih kecil daripada orang dewasa, sehingga saat kekurangan cairan tubuh, anak akan merasa sangat lemas.

Ini dapat berakibat pada kerusakan otak dan yang terparah adalah kematian.

Fungsi vaksin rotavirus adalah untuk mencegah hal ini terjadi.

Fungsi vaksin rotavirus lainnya adalah menjaga tubuh dari infeksi ulang yang mungkin terjadi meskipun sudah pernah terinfeksi rotavirus.

Ini disebabkan oleh banyaknya jenis virus rotavirus sehingga meningkatkan kemungkinan kembali terinfeksi.

Fungsi vaksin rotavirus memiliki dua dosis yang diberikan secara oral melalui mulut bukan dari suntikan.

Dosis pertama diberikan saat anak berusia dua bulan dan dosis kedua sebelum Buah Hati berusia delapan bulan.

Tidak ada vaksin rotavirus untuk orang dewasa oleh karena itu fungsi vaksin rotavirus bagi anak sangat penting yaitu guna melindungi tubuh dari virus ini hingga Buah Hati tumbuh dewasa.

Fungsi vaksin rotavirus biasanya tidak memiliki efek samping, namun pada beberapa kasus dapat menyebabkan diare, demam dan rewel.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Saat ini fungsi vaksin rotavirus untuk anak Anda bisa didapatkan melalui vaksinasi di rumah dengan dokter Medi-Call sehingga tidak perlu khawatir.

Anda bisa mendapatkan layanan vaksinasi rotavirus untuk anak Anda dengan dokter Medi-Call di rumah dengan menghubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Panggil Dokter 24 Jam ke Rumah Anda