loader image

Panduan Penting Untuk Orang Tua, Inilah Beberapa Gejala Anak Autis!

Gejala anak autis memang bervariasi tergantung usia anak. Berikut adalah beberapa gejala anak autis yang wajib diketahui oleh orang tua!Autis adalah gangguan neurologis serta gangguan perkembangan yang mempengaruhi cara berinteraksi dengan orang lain, belajar, dan berperilaku. Autis dapat didiagnosis pada usia berapapun, namun gejala autis dapat terlihat sejak anak berusia 6 bulan. Sampai saat ini, belum diketahui penyebab utama autis. Namun hal ini bisa disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Selain itu, autis digambarkan sebagai gangguan perkembangan karena gejalanya dapat muncul pada 2 tahun pertama tumbuh kembang anak. Hal ini tentunya dapat mengganggu pertumbuhan anak kedepannya. Oleh karena itu, para orang tua harus jeli untuk mengenali gejala autis pada anak. Simak penjelasan mengenai gejala anak autis berikut ini.
Gejala Anak Autis Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Gejala Anak Autis Usia Dibawah 2 Tahun

Mengenali Gejala autis pada anak saat usia dibawah 2 tahun memang agak sulit. Namun, hal ini sangat penting untuk ibunda ketahui sehingga dapat memberi penanganan yang tepat dengan segera. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai gejala anak autis berdasarkan usia:
  • Pada Usia 6 Bulan Pada usia 6 bulan, anak yang memiliki gejala autis biasanya jarang menunjukkan ekspresi wajah yang senang atau tersenyum. Selain itu, anak juga memiliki kontak mata yang terbatas dengan orang tua serta mereka memiliki keterampilan motorik yang terbatas dibanding anak seusianya.
  • Pada Usia 9 Bulan Beberapa gejala anak autis usia 9 bulan adalah keterbatasan dalam meniru suara, jarang tersenyum atau memberikan ekspresi wajah lainnya serta kurangnya kemampuan mata untuk melihat atau mengikuti objek apapun.
  • Pada Usia 12 Bulan Ketika anak berusia 12 bulan atau satu tahun, gejala anak autis dapat berupa tidak bisa mengoceh, tidak merespons terhadap berbagai aktivitas, kurangnya ketertarikan bermain di luar serta belum mampu merangkak ataupun berdiri.
  • Pada Usia 16 Bulan Jika anak menunjukkan gejala autis pada usia ini, mereka mungkin tidak bisa berbicara pada usia 16 bulan. Gejala anak autis lainnya adalah tidak ada gerakan aktif dari si kecil dan tidak ada ketertarikan untuk bermain mainan yang berbeda.
  • Pada Usia 24 Bulan Pada usia 24 bulan atau 2 tahun, gejala autis pada anak dapat meliputi terbatasnya gerakan serta ketidakmampuan untuk berbicara seperti teman-teman seusianya.

Gejala Anak Autis Usia Diatas 2 Tahun

Gejala autis anak usia 12 tahun tidak jauh berbeda dengan gejala yang terlihat pada anak di bawah 2 tahun. Namun, pada usia diatas 2 tahun, gejala-gejala autis lebih mudah dikenali melalui perilaku anak. Berikut ini adalah penjelasan beberapa gejala autis pada anak berusia diatas 2 tahun:
  • Memiliki Kesulitan Dalam Berinteraksi Anak yang memiliki gejala autis pada usia 2 tahun biasanya kurang tertarik kepada orang lain dan kesulitan untuk berinteraksi. Mereka tidak terlibat dalam permainan atau kegiatan kelompok serta tidak menggunakan mainan secara kreatif. Biasanya, mereka cenderung tidak suka disentuh atau dipeluk. Mereka juga tidak memperhatikan ketika orang lain mencoba berbicara dengan mereka.
  • Memiliki Kesulitan Dalam Berbicara Selain itu, anak dengan gejala autis biasanya memiliki kesulitan dalam berbicara. Mereka berbicara dengan ritme atau nada yang aneh, mengulang kata-kata yang sama serta tidak menanggapi pertanyaan melainkan mengulangi pertanyaan tersebut. Anak dengan gejala autis juga cenderung sering membuat kesalahan tata bahasa saat berbicara. Hal ini dapat membuat anak mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan kebutuhan atau keinginan mereka.
  • Memiliki Kesulitan Dalam Komunikasi Non Verbal Beberapa gejala lain adalah ekspresi wajah yang tidak sesuai dengan ucapan, tidak bereaksi terhadap gerak tubuh orang lain serta tidak membuat gerakan apapun.
Gejala Anak Autis Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda
Anak yang memiliki gejala autis juga suka membuat postur tubuh yang tidak biasa. Gejala anak autis memang lebih mudah dikenali saat anak berusia diatas 2 tahun. Namun, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda melihat gejala-gejala autis saat anak berusia dibawah 2 tahun. Anda tidak perlu ke rumah sakit, karena dengan pelayanan dokter ke rumah dari Medi-Call Anda dapat memastikan gejala autis pada anak. Cukup hubungi Call-Center 24 jam Medi-Call atau melalui aplikasi Medi-Call, Anda dapat langsung memesan pelayanan dokter ke rumah.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait