dokter terpercaya, dokter ke rumah, aplikasi panggil dokter, dokter home visit, home visit, home care

Homecare Zaman Now

Share Artikel Ini

Panggil Dokter ke Rumah dan Perawat Home Care ke Rumah Anda dengan aplikasi Medi-Call, kini tersedia di Yogyakarta dan sekitarnya (Layanan 24 jam).

Apakah anda atau anggota keluarga Anda pernah mengalami kesulitan saat membutuhkan layanan kesehatan atau home care di rumah? Seperti misalnya saat anak Anda sedang sakit dan perlu dokter yang datang untuk periksa, atau misalkan saat Anda membutuhkan bantuan perawat home care untuk merawat orang tua anda dirumah? Mungkin bila anda pernah mengalaminya, startup MEDI-CALL ini akan menjadi solusi atas permasalahan Anda.

Gaya hidup ZAMAN NOW, membuat generasi “milenial” hingga “babyboomers” pun menjadi terbiasa mengakses informasi berbagai layanan on demand via online. Di samping kemudahan, kecepatan, dan kepastian harga, layanan on demand online begitu populer saat ini karena memberikan berbagai nilai yang dapat mengubah gaya dan cara hidup masyarakat.

Salah satu yang populer di Indonesia saat ini adalah hadirnya platform aplikasi transportasi online. Namun tidak hanya itu, kini layanan on demand online untuk bidang kesehatanpun (home care) telah hadir dan beroperasi di sebagian wilayah Indonesia. Kebutuhan akan layanan kesehatan on demand untuk memanggil dokter ke rumah atau perawat home care 24 jam ke rumah, merupakan suatu painful problem bagi pasien yang dalam suatu kondisi atau situasi tertentu, tidak dapat pergi keluar rumah.

Contohnya pada pasien lansia yang membutuhkan perawatan pasca rawat inap, traveler atau orang yang melakukan business trip singkat, populasi menengah ke atas di berbagai rural area, hingga anak-anak yang menangis saat diajak berobat keluar, merupakan segmen yang membutuhkan layanan ini. Sistem homevisit / homecare konvensional sebenarnya juga telah lama ada.

Namun pada sistem konvensional, pasien yang membutuhkan layanan tidak bisa dengan mudah mengakses penyedia layanan karena keterbatasan informasi dan banyak faktor lainnya yang membuat terjadinya inefisiensi biaya serta waktu. Untuk itulah MEDI-CALL hadir, dengan tujuan utama sebagai penghubung pasien dengan penyedia layanan kesehatan on demand yang terdekat dari lokasinya –ujar dr.Stephanie Patricia selaku CMO Medi-Call dalam acara launching Medi-Call area Yogyakarta.

MEDI-CALL MILESTONE

STARTUP MEDI-CALL yang juga didirikan oleh dr.Gideon Hartono selaku Co-Founder & komisaris di PT. Medika Nusantara Gumilang juga menyatakan layanan Panggil Dokter dan Perawat Home Care ke Rumah melalui: medi-call.id, sebelumnya telah tersedia di area: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK) dan Bali, yang telah mulai beroperasi sejak 18 januari 2017 lalu.

Saat ini layanan MEDI-CALL akan diperluas hingga wilayah Bandung, Surabaya, dan kini di Yogyakarta. Dengan tingginya jumlah permintaan pasien di luar area layanan saat ini (JABODETABEK dan Bali), membuat MEDI-CALL harus melakukan ekspansi hingaa ke daerah lainnya seperti : Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Dengan jumlah user aplikasi 10.000-50.000 yang men-download saat ini, membuat MEDI-CALL harus mengimbangi ketersediaan partner di wilayah baru untuk mencapai pemerataan jumlah permintaan. Dari sejak diluncurkan pertumbuhan jumlah user dan pasien yang me-request layanan MEDI-CALL setiap bulannya hampir tumbuh 2 x lipat dengan total telah ribuan pasien yang terbantu menggunakan layanan ini.

Untuk itu dengan tersediaanya layanan ini di daerah baru (kota-kota besar) di Indonesia kedepannya akan meningkatkan cakupan masyarakat yang dapat menikmati layanan ini, ujar dr. Candra Wijanadi selaku CEO Medi-Call.

MEDI-CALL MEMUNCULKAN “NEW EXPERIENCE” KOLABORASI ANTARA DOKTER, PERAWAT, & LAYANAN DELIVERY OBAT DARI APOTEK K24 (SATU-SATUNYA DI INDONESIA)

Sejak diluncurkan layanan perawat (JABODETABEK & BALI) versi beta pada pertengahan November lalu, tidak pernah terpikirkan sebelumnya akan muncul integrasi antara dokter dan perawat yang sangat kolaboratif dalam melayani pasien MEDI-CALL –ujar dr.Budhi Riyanta selaku Co-Founder / COO MEDI-CALL.

Saat ini bila ada permintaan tindakan tertentu (seperti pemasangan infus, catheter urine, NGT) dokter dapat berkolaborasi dengan perawat MEDI-CALL untuk melakukan tindakan di lokasi pasien atas instruksi dan pengawasan dokter MEDI-CALL. Sistem ini tidak pernah dapat dicapai oleh layanan konvensional sebelumnya karena tidak adanya wadah atau “platform” yang mampu mengintegrasikan pelayanan dokter dan perawat, dalam satu aplikasi.

Hal ini dapat dicapai karena MEDI-CALL telah terintegrasi dengan ratusan APOTEK K24 yang tersebar di seluruh Indonesia melaui sistem K24Klik. Melalui integrasi ini, obat non emergency dapat diresepkan oleh dokter secara realtime dan tepat (ketersediaan stok terjamin), serta obat dapat langsung di kirim ke lokasi pasien oleh kurir apotek dalam waktu 1 jam.

Sistem ini menjamin layanan berjalan sesuai regulasi karena tidak terjadinya “dispencing” dan obat yang keluar adalah telah melalui verifikasi pihak apotek oleh apoteker yang bertugas. Sehingga secara keseluruhan keuntungan yang ditimbulkan dari sistem ini adalah efisiensi biaya, SDM, dan waktu, sehingga pada akhirnya membuat tingkat kenyamanan dan layanan pasien menjadi lebih baik.

LAYANAN DOKTER UMUM & PERAWAT HOME CARE DI MEDI-CALL TERSEDIA 24 JAM

Dokter umum, dan Perawat Home Care di MEDI-CALL tersedia selama 24 jam dalam waktu 7 hari penuh. Karena sifatnya sebagai mitra (partner) MEDI-CALL tidak mewajibkan para partner untuk online, namun dengan banyaknya jumlah partner kedepannya diharapkan dapat meningkatkan peluang online dari setiap partner.

Saat ini berdasarkan data sistem, rata-rata partner dokter umum aktif yang dimiliki di MEDI-CALL meluangkan 37,8% waktunya dalam 1 hari untuk stand by online menerima request pasien di MEDI-CALL. Sedangkan untuk partner perawat home care di MEDI-CALL waktu rata rata stand by online saat ini adalah sebesar 23,5% dari total waktu yang dimiliki dalam satu hari.

Walaupun demikian, sistem MEDI-CALL memiliki backup/cadangan dengan mengaktifkan call center yang selalu stand by selama 24 jam penuh. Apabila terjadi kasus emergency yang membutuhkan penangananan segera maka call center akan membantu pasien dalam mencari penyedia layanan kesehatan on demand terdekat untuk berangkat ke lokasi pasien.

Walaupun layanan ini tersedia 24 jam, berdasarkan data “rush hour” permintaan request pasien terbanyak saat ini berada pada waktu pagi hari (07:00 – 11.00) dan malam hari (19:00 – 22:00) – ujar dr.Budhi Riyanta (selaku COO Medi-Call).

APA SYARAT BERGABUNG DENGAN MEDI-CALL?

MEDI-CALL menerapkan sistem yang sangat ketat terkait rekrutmen partner. Pada tahun 2017 lalu, sistem rekrutmen masih menggunakan cara manual dan pendaftaran langsung. Namun saat ini, berdasarkan jumlah peminat partner yang cukup tinggi (sekitar 700 pendaftar saat ini) membuat MEDI-CALL membuka pendaftaran tanpa dipungut biaya (free) secara online via website pendaftaran partner MEDI-CALL yang dimulai sejak bulan Desember 2017.

Seluruh partner yang tergabung diperiksa secara elektronik dengan mengacu pada situs resmi asosiasi profesi sesuai jenis dan ketersediaan data partner. Untuk dokter verifikasi data dilakukan di website IDI, dan Konsil Kedokteran Indonesia. Sedangkan untuk perawat verifikasi dilakukan di website PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia).

Dokter Umum

Persyaratan dokter umum meliputi : memiliki STR dan SIP aktif di region operasional MEDI-CALL, berpengalaman dalam home visit minimal 2 tahun dan menggunakan perangkat smartphone android / IOS.

Perawat

Persyaratan perawat home care di MEDI-CALL : memiliki STR dan SIP aktif di region operasional MEDI-CALL, berpengalaman dalam home visit minimal 2 tahun. Verifikasi berkas dilakukan dengan cara online dan dengan tatap muka langsung.

DEMOGRAFI PASIEN MEDI-CALL

Proporsi pasien MEDI-CALL saat ini didominasi oleh lansia dengan keluhan penyakit degenartif seperti hipertensi, diabetes, post stroke dan gangguan vaskular. Di samping itu keluhan lainnya seperti penyakit infeksi juga dialami oleh golongan pasien lansia. Pada tempat kedua terjadi pada pasien dengan usia produktif 20-40 tahun.

Dengan kasus terbanyak masih seputar penyakit infeksi pernafasan, pencernaan, dan ISK. Sebaran pasien terbanyak masih berada di region JABODETABEK dengan 94,8% pasien adalah Warga Negara Indonesia.

Sedangkan untuk di Bali, sebaran permintaan request paling banyak berada di kawasan Denpasar hingga Badung (Bali selatan). Proporsi pasien Warga Negara Asing (WNA) berbanding WNI di Bali adalah 27,3%. Hal ini terjadi karena daerah bali merupakan tujuan destinasi wisata dengan jumlah wisatawan yang lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya.

Sedangkan untuk permintaan layanan lainnya, selain pemeriksaan dokter dan penanganan perawat, terdapat cukup banyak permintaan vaksinasi seperti Vaksin Difteri, HPV, Influenza, dan Rabies yang tersebar di daerah orperasional MEDI-CALL yang juga dapat dipesan melalui aplikasi maupun website MEDI-CALL – ujar dr.Stephanie Patricia (CMO Medi-Call).

CARA MENGGUNAKAN & TARIF LAYANAN

Langkah 1 samapi 4 di atas adalah cara memesan layanan melalui aplikasi. Kemudian partner MEDI-CALL akan tiba di lokasi pasien dengan peralatan lengkap (TAS emergency kit, peralatan medis, dan alat-alat pemeriksaan) sesuai standar yang dimiliki MEDI-CALL.

Tarif layanan Panggil Dokter ke Rumah dan jasa Perawat Home Care dari Medi-Call yang transparan dan bersahabat ini dibagi atas beberapa komponen diantaranya: Basic Fee (yang merupakan tarif dasar maksimum partner) sebesar : Rp. 200.000 / Kunjungan Dokter dan Rp. 120.000 / Kunjungan perawat) *khusus Basic Fee ini terdapat perbedaan harga di beberapa daerah.

Kemudian Distance Fee (biaya jarak dari lokasi partner ke lokasi pasien) : Rp. 0 (bila kurang dari 5 Km, dan Rp. 10.000 / km apabila jarak melebihi 5 km. Kemudian terdapat Biaya Tindakan (Prosedur Fee) yang bervariasi tergantung tindakan yang dilakukan, serta khusus dokter adalah biaya medication/obat yang diberikan (yang nantinya dikirim melalui Apotek K24 terdekat dari lokasi pasien) ujar Bagas Ananta selaku Co-Founder / CTO Medi-Call.

MEDI-CALL MEMBUKA PENDAFTARAN BAGI DOKTER & PERAWAT DI (DIY) YOGYAKARTA

Acara peluncuran aplikasi MEDI-CALL di Yogyakarta dilakukan dengan turut mengundang Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) daerah dan cabang di D.I. Yogyakarta. Acara ini bertujuan membagikan pengalaman MEDI-CALL selama beroperasi tahun 2017 lalu hingga saat ini dan untuk memastikan masyarakat wilayah DIY bisa tercover untuk menggunakan layanan MEDI-CALL. Target yang ingin dicapai untuk region DIY Yogyakarta adalah sejumlah minimal 100 dokter dan 300 perawat yang nantinya dapat tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta.

No Comments

Post A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Center Medi-Call