loader image

Jatuh di Kamar Mandi, Sepele Tapi Fatal Akibatnya!

Maraknya kasus cedera karena jatuh di kamar mandi, terutama pada lansia memang cukup mengkhawatirkan. Ketahui penyebab dan cara pencegahannya di bawah ini!Kamar mandi merupakan sebuah tempat penting yang dibutuhkan untuk membersihkan diri dan melakukan aktivitas sehari-hari.Meski begitu, kamar mandi dapat menjadi ruangan paling berbahaya, terutama bagi lansia. Berbagai faktor seperti penglihatan buruk, kelemahan otot, dan hipotensi dapat membuat para lansia rawan terpeleset di kamar mandi.Hal diakibatkan lantai kamar mandi yang basah dan licin, yang dapat berujung pada terbenturnya tubuh dengan benda-benda keras dan tajam.Jatuh di kamar mandi dapat menyebabkan berbagai cedera serius seperti seperti patah tulang, cedera tulang ekor, atau perdarahan otak yang berakibat fatal jika tidak ditangani segera. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab dan langkah pencegahannya untuk mengurangi resiko dan dampak jatuh di kamar mandi
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Jatuh di Kamar Mandi

Jatuh di kamar mandi merupakan kecelakaan yang dapat  menyebabkan berbagai cedera serius yang bahkan dapat berujung pada kematian. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat 234.000 orang dewasa dan remaja dilarikan ke UGD akibat mengalami cedera di kamar mandi.Sekitar 80% dari kecelakaan di kamar mandi ini disebabkan oleh jatuh.Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan kecelakaan jatuh di kamar mandi, diantaranya:
  • Lantai Basah dan Tidak Rata

Licinnya lantai kamar mandi seringkali menjadi penyebab utama kecelakaan jatuh. 

Kondisi ini umumnya disebabkan lantai yang basah, kemudian dapat diperparah jika lantai tidak rata atau memiliki ubin dengan tekstur kurang sesuai. 

  • Penerangan yang Buruk

Penerangan yang tidak memadai membuat pengguna sulit melihat dengan jelas dan tersandung sehingga dapat menyebabkan jatuh di kamar mandi.

  • Produk Kebersihan Pribadi

Sabun, sampo, dan produk kebersihan lainnya yang dapat menetes ke lantai kamar mandi membuat permukaan lantai menjadi lebih licin.

Hal tersebut membuat pengguna kamar  mandi rentan terpeleset dan jatuh membentur permukaan kamar mandi yang keras.

  • Masalah Mobilitas dan Kesehatan

Mobilitas di kamar mandi seperti beralih posisi berdiri dan duduk dapat mengakibatkan jatuh, terutama bagi lansia yang mengalami penurunan fungsi keseimbangan.

Lemahnya otot  bagian bawah tubuh dan penurunan kepadatan tulang juga meningkatkan resiko jatuh di kamar mandi.

Langkah Pencegahan Jatuh di Kamar Mandi

Setelah mengetahui berbagai  faktor yang menyebabkan jatuh di kamar mandi, perlu bagi Anda untuk melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari kecelakaan ini.Beberapa langkah pencegahan yang dapat anda lakukan antara lain:
  • Jaga Lantai Agar tetap Kering dan Bersih.

Lantai kamar mandi yang kering menjaga agar langkah anda tetap mantap dan terhindar dari resiko tergelincir.

Selain itu, penting untuk menyikat kamar mandi secara berkala untuk mencegah pertumbuhan lumut dan mengurangi resiko terpeleset.  

  • Tingkatkan Pencahayaan Kamar Mandi

Pencahayaan ekstra di kamar mandi atau jalan menuju kamar mandi dapat mencegah tubuh tersandung atau pada benda yang tak terlihat.  

Hal ini juga membantu mata melihat lebih jelas terutama pada malam hari.

  • Pasang Pegangan Toile

Bagi lansia yang memiliki tubuh bagian bawah yang lemah, pemasangan pegangan toilet atau grab bar yang solid sangat penting untuk menghindari resiko terjatuh. 

  • Buat Kamar Mandi Seaman Mungkin

Anda bisa mendesain kamar mandi yang aman dengan memilih ubin dengan permukaan bertekstur, menggunakan karet anti slip, memilih kloset yang kokoh, dan lainnya untuk meminimalisir kecelakaan jatuh di kamar mandi.

Ciri ciri gejala demam berdarah
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah
Cedera serius akibat jatuh di kamar mandi tak ayal membuat resah jika hal tersebut menimpa diri sendiri maupun keluarga.Maka dari itu, penting untuk senantiasa berhati-hati dan melakukan tindakan preventif agar terhindar hal tersebut.Meski begitu, jika Anda atau keluarga di rumah mengalami kecelakaan serupa, penting untuk segera memeriksakannya ke dokter.Anda dapat memeriksanya melalui dokter Medi-Call tanpa perlu repot pergi ke rumah sakit.Pesan layanan dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait