Ketahui Jenis Penyakit yang Diderita Tamu Hotel, dan Pencegahannya

Bagikan artikel ini

Jenis penyakit yang diderita tamu hotel harus diketahui agar bisa dihindari sehingga kegiatan berlibur tetap berjalan secara lancar.

Ketika sedang berlibur, fasilitas hotel yang lengkap serta pelayanan terbaik dari pihak hotel menjadi hal yang sangat dicari oleh banyak orang.

Namun dibalik indahnya fasilitas hotel, ternyata para pengunjung atau tamu hotel seringkali tidak sadar bahwa barang-barang tersebut dapat menjadi sumber berbagai macam penyakit. 

Jenis Penyakit Yang Diderita Tamu Hotel

Beberapa hotel memang memiliki fasilitas yang lengkap seperti kamar tidur yang sangat nyaman disertai pemandangan indah.

Namun, beberapa barang yang ada di hotel ternyata berpotensi menularkan berbagai penyakit meskipun terlihat bersih secara kasat mata.

Selain itu, tidak semua pengunjung hotel menjaga kebersihan hotel dengan baik sehingga bisa menyebabkan penyakit bagi tamu lainnya.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Kondisi ini membuat hotel menjadi tempat yang berpotensi menyebabkan berbagai jenis penyakit yang diderita tamu hotel, antara lainnya adalah:

  • Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti kudis, panu, dan kutu rambut dapat ditularkan melalui sentuhan langsung dengan beberapa barang yang ada di hotel seperti handuk, kasur dan selimut.

Meskipun terlihat bersih, tamu hotel sebaiknya tetap memastikan bahwa sprei, selimut dan handuk yang ada di kamar hotel sudah diganti terlebih dahulu.

Selain itu, pembersihan kamar hotel secara menyeluruh harus dilakukan pihak hotel secara rutin dan berkala. 

  • Alergi

Bagi orang yang menderita alergi, kebersihan kamar hotel merupakan hal yang harus diperhatikan.

Sofa, kasur, serta selimut di kamar hotel tidak dibersihkan dengan rutin berpotensi mengandung pemicu alergi seperti debu, tungau, dan serbuk sari yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Hidangan yang disediakan pada hotel juga bisa mengandung bahan pemicu alergi seperti makanan laut, kacang-kacangan, dan susu dapat menyebabkan reaksi alergi parah.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menginformasikan perihal alergi yang diderita kepada pihak hotel agar terhindar dari pemicu alergi. 

  • Penyakit Menular Seks (PMS)

Beberapa barang di hotel seperti handuk dan sprei ternyata berpotensi menjadi salah satu penyebab munculnya jenis penyakit yang diderita tamu hotel, salah satunya adalah PMS.

Beberapa jenis PMS seperti gonore; herpes; dan infeksi HPV menyebar melalui kontak langsung dengan penderita sehingga apabila handuk dan sprei yang digunakan oleh tamu yang menderita PMS tidak diganti, tamu berikutnya bisa tertular oleh penyakit tersebut. 

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda
  • Gangguan pencernaan

Salah satu layanan hotel pada umumnya adalah menyajikan makanan dan minuman bagi tamu hotel.

Hidangan yang dimasak dengan tidak steril dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit yang diderita tamu hotel seperti diare, muntah, bahkan keracunan makanan.

Apabila tidak ditangani dengan baik dan cepat, gangguan pencernaan dapat menyebabkan dehidrasi bagi penderitanya.

Menggunakan bahan-bahan makanan segar serta mengolah makanan dengan higienis bisa menjadi cara bagi pihak hotel agar terhindar dari resiko gangguan pencernaan pada tamu hotel.

Hotel memang dapat menghilangkan penat bagi para pengunjung, namun resiko yang ada pada fasilitas serta lingkungan hotel dapat merusak pengalaman para tamu meskipun terlihat bersih dan mewah.

Oleh karena itu, pihak hotel harus menjaga kebersihan fasilitas hotel sehingga berbagai jenis penyakit yang diderita tamu hotel dapat terhindar.

Selain itu, setiap pengunjung juga harus mewaspadai bahwa hotel merupakan tempat umum yang digunakan bersama. 

Apabila Anda mengalami berbagai jenis penyakit ketika berlibur di hotel, silahkan konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi medi-call.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call
Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status