Langkah-Langkah Pertolongan Pertama Keracunan Makanan Pada Tamu Hotel

Bagikan artikel ini

Pertolongan pertama keracunan makanan pada tamu hotel sebaiknya segera diberikan untuk mengurangi timbulnya kejadian yang lebih parah akibat keracunan.

Banyak sekali kasus mengenai tamu hotel yang mengalami keracunan makanan.

Makanan dapat menjadi beracun dan berbahaya bagi tubuh bisa disebabkan oleh cara penyimpanan bahan baku makanan dan pengolahanya yang tidak benar atau tidak higienis.

Bahan makanan yang ditaruh sembarangan dan lama terpapar oleh udara luar dapat meningkatkan resiko penyebab penyakit mikroorganisme berbahaya tumbuh pada bahan makanan tersebut.

Salah satu syarat untuk dapat menginap di hotel selama masa pandemi virus COVID-19 adalah dengan melampirkan hasil tes PCR dan Swab Antigen.

Sekarang Anda bisa tes PCR atau Swab Antigen bersama keluarga di lokasi Anda dengan Tenaga Medis Medi-Call dan hasilnya dapat keluar kurang lebih 24 Jam.

Pemesanan layanan PCR dan Swab Antigen dengan menghubungi Call-Center 24 Jam.

PCR Swab Test Medi-Call
Medi-Call: Layanan PCR Swab di Lokasi Anda

Keracunan Makanan

Keracunan makanan merupakan penyakit yang timbul karena seseorang mengkonsumsi makanan yang bersifat beracun.

Gejala keracunan akan timbul antara 2 jam-8 hari setelah seseorang mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan bakteri, jamur, dan mikroorganisme berbahaya lainya.

Gejala keracunan ringan dapat ditandai dengan:

  1. Pusing dan muntah;
  2. Diare;
  3. Dehidrasi;
  4. Sakit kepala.

Pada gejala awal seseorang yang mengalami keracunan mulut terasa kering, suara terdengar parau, dan timbul rasa tidak enak pada bagian ulu hati.

Pada kasus keracunan berat dapat mengakibatkan kelumpuhan otot skeletal dan yang paling berbahaya keracunan berat dapat menyebabkan kelumpuhan otot pernapasan.

Baca juga:  Sebelum Berlibur, Simak Tips Liburan Sehat Berikut Ini

Pertolongan Pertama Keracunan Makanan Pada Tamu Hotel

Keracunan sebaiknya jangan dibiarkan, karena dapat menimbulkan masalah yang serius.

Untuk meredakan gejala keracunan ringan, pertolongan pertama pada keracunan yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih, konsumsi makanan tawar contohnya roti dan pisang untuk menenangkan perut dan mengurangi rasa mual.

Adapun hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama keracunan makanan pada tamu hotel di antaranya:

1. Mencari Tahu Penyebab Keracunan

Saat menemukan tamu hotel yang menampakkan gejala keracunan, coba tanyakan apakah penyebab keracunan itu karena makanan atau karena obat tertentu.

2. Beri Minum

Saat keracunan, seseorang akan mengalami dehidrasi, berikan minuman seperti air putih hangat atau air jahe dan madu dengan menyuapkan secara sedikit-sedikit.

3. Kunjungi In House Clinic

Apabila hotel Anda memiliki dokter di in house clinic, maka tamu yang memiliki gejala keracunan sebaiknya segera diperiksa oleh dokter apakah benar tamu tersebut telah keracunan makanan.

4. Hubungi Dokter Terdekat

Segera hubungi dokter Medi-Call terdekat apabila gejala keracunan dapat membahayakan nyawa untuk memberikan pertolongan pertama keracunan makanan pada tamu hotel.

Baca juga:  Tips Aman Hindari Terkena Alergi Makanan Saat Liburan
Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Medi-Call menyediakan dokter home visit 24 jam yang bisa dipanggil langsung ke hotel untuk memberikan tindakan yang tepat untuk tamu Anda yang sakit.

Hubungi Call Center Medi-Call 24 jam atau panggil dokter terdekat melalui aplikasi Medi-Call yang bisa di-download melalui aplikasi Medi-Call.

Mencegah terjadinya keracunan makanan pada tamu hotel adalah dengan menjaga kebersihan makanan dan memperhatikan cara pengolahannya untuk menghindari terjadinya keracunan.

Melalui pencegahan tersebut, pertolongan pertama keracunan makanan pada tamu hotel bisa dihindari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status