Kenali Fakta Mengenai Vaksin Cacar Air

Bagikan artikel ini

Vaksin Cacar Air merupakan vaksin yang wajib diberikan pada anak-anak sebelum mereka masuk sekolah atau pada orang dewasa.

Apa Itu Vaksin Cacar Air?

Vaksin cacar air adalah vaksin yang dapat melindungi hampir semua orang dalam terhindar dari terkena virus cacar.

Virus cacar air, atau bisa dikenal sebagai varicella, disebabkan oleh virus varicella-zoster.

Vaksin cacar air terbuat dari virus yang hidup namun telah dilemahkan atau kondisinya tidak dapat mempengaruhi manusia secara keseluruhan.

Meskipun virus yang terdapat dalam vaksin tersebut secara umum tidak mampu untuk menyebabkan gejala-gejala penyakit cacar pada diri manusia.

Namun vaksin tersebut masih bisa untuk menyebabkan tubuh merespon mirip seperti terkena cacar.

Respon tersebut penting bagi sistem imun tubuh untuk membentuk sistem imun dalam melawan penyakit cacar. 

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksinasi di Rumah Anda

Mengapa Kita Butuh Vaksin Cacar?

Beberapa kasus cacar merupakan kasus yang bersifat sedang dan berlangsung selama 5 hingga 10 hari. Bagi beberapa orang, kasus cacar dapat mengancam keselamatan jiwa mereka.

Sebelum vaksin varicella diterapkan, korban jiwa bermunculan disebabkan oleh penyakit cacar yang ganas dan tidak dapat ditindaklanjuti.

Risiko dari penyakit cacar yang serius dengan komplikasi yang dapat mengancam keselamatan jiwa pada anak-anak, orang dewasa, dan orang-orang yang memiliki sistem imun yang lemah.

Namun hampir semua orang dapat mengalami komplikasi dan tidak ada yang bisa memastikan siapa yang akan mendapatkan komplikasi itu.

Alasan lain untuk mendapatkan vaksin cacar adalah penyakit tersebut sangat menular dan proses penyebaran virusnya pun terjadi pada kontak langsung atau melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi tersebut bersin atau batuk.

Dengan alasan itu, anak-anak yang terserang penyakit cacar tidak boleh masuk sekolah atau berada di ruang publik selama seminggu atau lebih hingga cacarnya telah kering dan sembuh.

Baca juga:  Pentingnya Pemberian Vaksin Hepatitis B Untuk Tenaga Medis

Penyakit cacar akan menyebabkan rasa gatal dan ruam dan kulit akan melepuh pada badan. Gejala yang muncul pun beragam dari kepala pusing atau batuk-batuk.

Bagaimana Cara Mendapatkan Vaksin Cacar Air?

Vaksin cacar air tersedia melalui aplikasi Medi-Call yang bisa di-download secara Gratis! Cek ketentuannya di sini untuk menikmati nyamannya layanan vaksinasi di lokasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status