luka bernanah, luka nanah, penyebab luka bernanah, penyebab luka nanah, bernanah, mengobati luka, luka, mengobati luka bernanah, mengobati luka nanah, cara mengobati luka bernanah, cara menghilangkan nanah

Penyebab dan Cara Mengobati Luka Bernanah di Rumah

Share Artikel Ini

Luka bernanah bisa disebabkan oleh kebiasaan kita sering menyepelekan perawatan luka. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk merawat luka jenis ini.

Meskipun luka terlihat hanya pada bagian kulit luar, namun nyatanya apabila tidak dirawat dengan benar dapat menimbulkan masalah baru, seperti bengkak, nyeri bahkan munculnya nanah.

Penyebab luka bernanah sebaiknya harus diketahui agar dapat menghindari masalah baru.

Tetapi, apabila sudah terlanjur muncul nanah pada luka, maka diperlukan cara mengatasinya agar tidak semakin parah dan menimbulkan penyakit.

Luka Bernanah

Nanah merupakan cairan yang mengandung leukosit yang sudah mati, sehingga tidak berfungsi merespon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri piogenik.

Nanah adalah cairan berwarna kuning, putih kekuningan maupun kuning kecoklatan bahkan ada yang berwarna hijau apabila mengandung antibakteri hijau yang tersimpan dibalik lapisan kulit luar maupun dalam ruang tertutup.

Luka bernanah selain mengandung cairan dapat juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Oleh sebab itu jangan sepelekan luka bernanah, segera panggil dokter untuk mendapatkan perawatan luka.

Penyebab Luka Bernanah

Nanah yang muncul pada luka disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus (S. aureus) yang dapat muncul pada hidung, mulut, alat kelamin, dan sekitar anus yang telah mengalami luka.

Luka bernanah dapat menimbulkan rasa nyeri, bengkak disertai demam bahkan terkadang muncul aroma tak sedap, dipicu oleh infeksi pada daerah luka beberapa faktor-faktor berikut, antara lain :

  • Luka bersentuhan secara langsung dengan benda asing, benda asing dapat berupa logam, pecahan kaca atau apapun yang beresiko menghambat proses penyembuhan luka atau menimbulkan infeksi pada area luka hingga mengeluarkan nanah.
  • Penderita luka mengidap penyakit tertentu seperti paru-paru, kanker, diabetes, hati dan ginjal yang dapat menghambat proses penyembuhan luka atau beresiko munculnya nanah.
  • Sistem kekebalan tubuh yang sedang lemah akibat penggunaan obat tertentu, kekurangan nutrisi, efek radiasi yang berakibat kuman maupun bakteri mudah masuk ke dalam tubuh seseorang.
  • Luka yang terjadi berulang kali pada area yang sama, sehingga proses penyembuhan lebih lambat dan mudah terinfeksi bakteri yang mampu menimbulkan nanah.
  • Penyumbatan aliran darah akibat beberapa penyakit seperti penyempitan pembuluh darah, merokok, anemia, tekanan darah tinggi dan jantung. Kurangnya pasokan aliran darah mempengaruhi proses penyembuhan luka.

 

Cara Mengatasi Luka Bernanah

Luka umumnya dapat disembuhkan sendiri tanpa harus berkonsultasi dengan dokter. Beberapa cara mengatasi luka bernanah antara lain :

  • Bersihkan luka menggunakan air bersih dan gunakanlah sabun antiseptik untuk mematikan bakteri pada area luka.
  • Kompres luka nanah seperti jerawat atau bisul menggunakan air hangat dan kain flanel selama beberapa kali dalam sehari untuk membantu mengeluarkan nanah.
  • Hindari memecahkan luka bernanah atau bisul, jerawat dan abses menggunakan tangan. Hal ini dapat memicu infeksi sehingga memperparah kondisi luka.
  • Bagi luka nanah seperti abses, pada umumnya diperlukan bantuan dokter ke rumah untuk melakukan sayatan atau operasi kecil agar nanah dapat dikeluarkan. Sedangkan apabila abses dalam ukuran cukup besar maka untuk mengeringkan nanah, dokter dapat memasukkan tabung steril ke dalam luka abses.
  • Apabila luka nanah disertai rasa nyeri, maka sebaiknya konsumsi obat-obatan pereda rasa sakit yang mengandung ibuprofen.
  • Apabila luka tidak kunjung sembuh, maka diperlukan asupan antibiotik baik dalam bentuk oral maupun infus. Hal ini bertujuan agar luka bernanah tidak menyebarkan infeksi atau komplikasi penyakit lain.

 

Seiring berjalannya waktu luka bernanah umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus memerlukan perawatan khusus.

Namun sebaiknya jangan menyepelekan luka bernanah, karena hal ini dapat berakibat pada munculnya komplikasi penyakit lain.

Perawat Luka ke Rumah Anda

Konsultasikan luka Anda dengan dokter Medi-Call untuk mendapatkan perawatan yang benar.

Selain itu, Medi-Call juga menyediakan layanan perawat luka ke rumah Anda yang memiliki sertifikat resmi CWCCA (Certified Wound Care Clinician Associate).

Hubungi Call Center Medi-Call (081210783387) atau pesan layanan perawat untuk menangani luka bernanah melalui aplikasi Medi-Call.

No Comments

Post A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Call Center Medi-Call