Ketahui Penyebab Bersin Terus-menerus di Pagi Hari

Bagikan artikel ini

Penyebab bersin terus menerus di pagi hari sulit untuk diketahui dengan jelas karena tak mudah bagi seseorang untuk tahu pasti apa yang terjadi dengan tubuh selama tidur.

Meski sering dianggap sepele, bersin di pagi hari tetap harus diperhatikan karena bisa membuat Anda tidak merasa nyaman saat memulai hari. 

Karena itu, penting untuk mengenali apa penyebab bersin terus menerus di pagi hari agar Anda tetap merasa segar saat memulai aktivitas, berikut adalah pembahasan tentang apa saja yang bisa menjadi penyebabnya.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call 

Penyebab Bersin Terus Menerus di Pagi Hari

Rinitis alergi adalah pembengkakan pada saluran hidung akibat substansi pemicu alergi atau alergen sehingga menyebabkan seseorang menunjukkan gejala seperti flu antara lain; bersin-bersin; pilek; dan hidung tersumbat.

Apabila gejala tersebut sering muncul di pagi hari, kemungkinan besar salah satu jenis alergen terhirup saat tidur kemudian menjadi penyebab bersin terus menerus di pagi hari, berikut adalah alergen penyebab bersin:

  • Tungau debu

Tungau debu atau kutu debu adalah sejenis kutu mikroskopis yang bertahan hidup dengan memakan sisa materi organik seperti sel-sel kulit mati manusia serta mengeluarkan enzim khas yang sering menjadi pemicu alergi. 

Tungau debu hidup di karpet, sofa, dan kasur sehingga kemungkinan penyebab bersin terus menerus di pagi hari.

  • Bulu hewan

Apabila Anda memiliki hewan peliharaan  berkeliaran bebas di dalam rumah serta tidur bersama pada malam hari, bisa jadi penyebab bersin terus menerus di pagi hari adalah bulu hewan. 

  • Serbuk sari bunga

Bagi orang yang alergi terhadap serbuk sari, pagi hari akan menjadi waktu ketika gejala muncul paling intens, terutama jika Anda berada di luar ruangan atau di sekitar jendela yang terbuka. 

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda

Rinitis Non-alergi atau Rinitis Vasomotor

Apabila hasil tes alergi menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki alergi pada substansi tertentu, penyebab bersin terus menerus di pagi hari mungkin bukanlah reaksi alergi yang artinya Anda mengalami rinitis non-alergi. 

Rinitis non alergi atau rinitis vasomotor adalah pembengkakan pada saluran hidung yang muncul tanpa penyebab pasti

Berikut adalah beberapa penyebab rinitis non-alergi, seperti: 

  • Iritasi karena udara tercemar

Debu dan kabut asap karena polusi udara atau bau yang tajam seperti parfum, dapat memicu rinitis non-alergi. 

Apabila penyebab iritasi tersebut mengendap pada bantal dan kasur kemudian terhirup selama tidur dapat menyebabkan bersin terus menerus di pagi hari.

  • Perubahan cuaca 

Perubahan suhu atau kelembaban udara dapat memicu selaput di dalam hidung Anda membengkak dan menyebabkan reaksi seperti flu. 

Apabila setiap pagi Anda seringkali bersin-bersin, ada kemungkinan tubuh Anda sensitif dengan udara pagi yang cenderung lebih dingin dan kering. 

Cara mengurangi gejala bersin-bersin di pagi hari

Untuk rinitis non-alergi, belum ada cara pasti untuk mencegah atau menanggulanginya, namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa anak-anak yang rajin konsumsi makanan lemak tak jenuh seperti ikan laut memiliki resiko lebih kecil mengalami rinitis non alergi dan alergi. 

Berikut adalah langkah-langkah lain yang dapat diambil untuk menghindari penyebab bersin terus menerus di pagi hari:

  • Bersihkan kasur secara rutin 

Tanpa Anda sadari, kasur tempat Anda tidur dapat menampung begitu banyak kotoran dan kuman, karena itu bersihkan kasur Anda serta ganti sprei secara rutin. 

Gunakan desinfektan serta vacuum cleaner sehingga kasur benar-benar bebas dari debu dan tungau. 

  • Pasang air purifier di kamar tidur 

Partikel-partikel yang terkandung dalam udara yang tercemar yang terhirup selama tidur akan menyebabkan Anda bersin-bersin. 

Air purifier berfungsi untuk membersihkan udara dari debu, asap, serbuk sari, dan polutan lainnya. 

Tak hanya mengurangi bersin-bersin, kualitas udara  yang membaik karena air purifier juga dapat membuat tidur anda lebih nyenyak dan berkualitas.

  • Jangan terlalu sering konsumsi obat dekongestan 

Dekongestan adalah obat yang bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. 

Gejala hidung tersumbat serta bersin-bersin yang diderita tidak akan hilang apabila hal yang menyebabkan  tidak dieliminasi. 

Oleh karena itu, menggunakan obat-obatan seperti ini tidak sepenuhnya menyelesaikan masalah. 

Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, efek samping yang muncul dapat benar-benar memperburuk gejala Anda. 

Apabila  di pagi hari tbersin-bersin idak kunjung reda dan mulai menyebabkan rasa tidak nyaman, konsultasikan langsung kepada dokter melalui aplikasi medi-call.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda
Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status