Pilihan Senam untuk Lansia yang Efektif dan Aman

Bertambahnya usia, harus lebih rajin lagi bergerak. Yuk simak berbagai macam senam untuk lansia yang efektif dan aman berikut ini!Usia lanjut 60 tahun ke atas, bukan berarti harus berhenti bergerak dan beraktivitas. Justru, di usia ini, penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar lansia tetap sehat dan mandiri.Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kebugaran tubuh adalah dengan melakukan senam untuk lansia.Senam untuk lansia dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dan kemampuan fisik lansia.Gerakannya yang ringan dan mudah diikuti membantu lansia tetap aktif dan bugar, sekaligus memberikan berbagai manfaat kesehatan.
Baca juga:  Masih Percaya Mitos Lansia Tidak Boleh Olahraga? Ini Faktanya!
Sebelum memilih senam untuk lansia, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal mulai dari kondisi kesehatan, tingkat kebugaran serta minat dan kesukaan lansia.Ini dilakukan agar senam untuk lansia yang dilakukan aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan orang tua.
Cara Mengatasi Cedera Engkel Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda

Senam untuk Lansia

The Centers for Disease Control and Prevention menyarankan jumlah waktu senam untuk lansia berusia 65 tahun ke atas yaitu sebanyak 150 menit / minggu.Meskipun kedengarannya banyak, kabar baiknya adalah Anda dapat membaginya menjadi latihan selama 10 atau 15 menit, yang dapat diulang sebanyak dua kali atau lebih dalam sehari.Ada berbagai jenis senam untuk lansia yang bisa dipilih, antara lain:
  • Senam aerobik

Fungsi senam untuk lansia ini adalah untuk meningkatkan stamina, kekuatan jantung, dan paru-paru. 

Contohnya seperti senam aerobik air yang mampu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan dengan tekanan minimal pada tubuh lansia.

Berolahraga di dalam air sangat ideal bagi mereka yang menderita radang sendi dan bentuk nyeri sendi lainnya, karena daya apung air mengurangi tekanan pada persendian Anda.

  • Senam peregangan

Senam untuk lansia yang satu ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan tubuh. 

Contohnya senam peregangan yang dapat dilakukan oleh lansia adalah senam yoga dan tai chi.

  • Senam penguatan otot

Senam penguatan otot berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Biasanya senam penguatan otot untuk lansia berupa senam kursi atau senam dengan alat bantu lainnya.

Senam kursi merupakan bentuk yoga yang mudah diakses dan memberikan lebih sedikit tekanan pada otot, persendian, dan tulang dibandingkan yoga konvensional.

Selain itu, senam kursi dapat meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan tingkat depresi pada lansia.

  • Senam keseimbangan

Senam keseimbangan sangat baik untuk lansia dengan risiko jatuh yang tinggi.

Karena senam untuk lansia ini mampu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh untuk mencegah terjatuh. 

Salah satunya adalah pilates yang terbukti meningkatkan keseimbangan, kekuatan inti dan fleksibilitas pada lansia.

  • Senam otak

Selain senam yang menggunakan kekuatan fisik, ada juga loh senam yang hanya menggunakan kekuatan otak.

Fungsi senam untuk lansia yang satu ini adalah untuk meningkatkan fungsi kognitif dan memori. 

Contohnya adalah melakukan permainan teka-teki silang dan permainan sudoku.

banner caregiver medi-call
Medi-Call: Layanan Caregiver di Lokasi Anda
Sebaiknya lansia tidak melakukan senam secara mandiri tanpa pengawasan siapapun.Karena berisiko jatuh dan cedera yang dapat berdampak fatal bagi lansia.Fisioterapis merupakan terapi fisik yang mampu memberikan gerakan senam untuk lansia sesuai dengan kemampuan fisik dan kebutuhannya, sehingga meminimalisir cedera dan jatuh.Selain itu, fisioterapis dapat menjaga dan mengawasi lansia selama aktivitas senam.Fisioterapis dari Medi-Call sudah berpengalaman dalam memberikan terapi senam bagi lansia, dan dapat datang ke rumah Anda.Cukup dengan hubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call. 
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip