8 Ciri-Ciri Alzheimer Usia Muda, Kenali Sebelum Terlambat!

Penderita Alzheimer umumnya adalah yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Namun, ada indikasi atau ciri yang muncul sejak penderitanya berusia muda. Kenali ciri-ciri Alzheimer usia muda untuk tahu penanganannya.Mengenali Alzheimer sejak muda sangat penting agar bisa mendapatkan perawatan dan penanganan lebih dini. Saat gejala Alzheimer muncul, memang akan langsung berdampak pada kualitas hidup setiap penderitanya, baik dari segi pekerjaan maupun kehidupan sosial penderita. Kenali ciri-ciri alzheimer usia muda lebih awal agar dampaknya tidak parah di kemudian hari!
Perawatan Abses Gigi Medi-Call
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Mengenal Alzheimer di Usia Muda

Dilansir dari Alzheimer Association, penderita Alzheimer kebanyakan sudah berusia 65 tahun ke atas. Namun, tak menutup kemungkinan seseorang yang masih berusia muda sudah mengalami beberapa ciri-cirinya. Laman Mayo Clinic menyebut kondisi ini sebagai penyakit Alzheimer onset dini.Berikut adalah informasi mengenai ciri-ciri Alzheimer usia muda yang harus diwaspadai:

Ciri-Ciri Alzheimer Usia Muda

Melansir dari laman Hopkins Medicine, terdapat beberapa ciri alzheimer usia muda. Ciri awalnya seperti: 
  • Sering lupa akan hal penting
Pertama, ciri-ciri Alzheimer usia muda adalah penderitanya sering melupakan berbagai hal penting. Hal ini termasuk melupakan informasi yang baru saja ia pelajari atau tanggal-tanggal yang penting dalam hidupnya. Bukan hanya sering melupakan hal penting, penderitanya mungkin juga mengalami hilang ingatan yang akan mengganggu aktivitas hariannya. 
  • Berulang-ulang minta informasi yang sama
Akibat dari kondisi hilang ingatan atau sering lupa, penderita Alzheimer usia muda juga cenderung menanyakan informasi yang sama secara berulang. Meskipun sudah diberi tahu beberapa kali, ia tetap lupa dan akan menanyakan hal yang sama. 
  • Sukar memecahkan masalah yang mendasar
Jika ada orang-orang di sekitar Anda yang merasa sukar memecahkan masalah dasar, seperti melacak tagihan hingga mengikuti resep favoritnya, maka bisa jadi pertanda atau ciri-ciri Alzheimer usia muda. 
  • Sulit menemukan kalimat yang tepat
Ciri-ciri Alzheimer usia muda selanjutnya adalah kesulitan menemukan kalimat atau kata-kata yang tepat saat berbicara.Penderitanya mungkin merasa kesulitan untuk berbicara seperti biasa karena sulit menemukan kata yang tepat. 
  • Merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas rutin
Setiap penderita Alzheimer di usia muda mungkin telah biasa mengendarai mobil sehari-hari, memasak, atau melakukan tugas rutinnya.Jika sewaktu-waktu ia secara mendadak merasa sulit dalam mengerjakannya, maka bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi dari Alzheimer. 
  • Sering salah menempatkan barang
Ada orang di sekitar Anda yang sering lupa meletakkan barang di tempatnya? Atau, jika sudah hilang maka sulit untuk kembali menemukannya? Kondisi tersebut juga merupakan salah satu ciri-ciri dari Alzheimer onset muda. 
  • Menarik diri dari situasi sosial dan pekerjaan
Setiap penderita Alzheimer akan mengalami penurunan kualitas hidup. Hal itu ditandai dengan perilaku menarik diri dari lingkungan. Baik itu dari pekerjaan hingga kehidupan sosialnya. Ia cenderung menarik diri dari situasi sosial  karena kesulitan untuk berkomunikasi, sering lupa, dan ciri-ciri lain. 
  • Perubahan mood 
Berubahnya mood seorang penderita Alzheimer bisa cukup ekstrim. Pasalnya, ia bisa tiba-tiba ketakutan, bingung, gelisah, dan bisa juga depresi. Perubahan mood yang cukup ekstrim ini, mungkin saja mengubah perilakunya secara keseluruhan. 
Baca juga:  Alzheimer dan Demensia pada Lansia, Wajib Tahu Perbedaannya!

Bagaimana Menghadapi Alzheimer Onset Muda? 

Jika ada orang terdekat, atau bahkan Anda merasakan berbagai ciri-ciri Alzheimer usia muda, penting untuk mengetahui cara menyikapinya. Menyikapi kondisi ini memang penuh tantangan, apalagi jika Anda atau orang terdekat masih di usia yang produktifHal terpenting dalam menyikapi kondisi ini adalah dengan berkonsultasi mengenai Alzheimer pada dokter.Tujuannya agar penanganan dari berbagai ciri-ciri yang muncul ini bisa lebih tepat. Mengenai obat, ada kemungkinan beberapa jenis obat-obatan berikut akan diresepkan oleh dokter: 
  • Donepezil
  • Galantamine
  • Rivastigmine
  • Memantine
Tujuan dari pemberian obat-obatan tersebut yakni untuk membantu penderita Alzheimer agar fungsi mentalnya tetap stabil. Selain itu, obat-obatan tersebut juga mampu mengendalikan perilaku, bahkan membuat perkembangan Alzheimer lebih lambat. 

Jika Tidak Ada Obatnya, Apa yang Harus Dilakukan? 

Laman Hopkins Medicine menjelaskan jika Alzheimer ini mungkin saja sukar untuk diatasi. Maka, sangat penting bagi Anda maupun orang terdekat yang menderita untuk terus punya pandangan positif serta aktif untuk terlibat secara mental. Selain itu, berbagai laman kesehatan juga mengatakan bahwa Alzheimer ini merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan hingga pulih total.Namun, Anda bisa mengendalikan Alzheimer dengan menjaga pikiran, serta tubuh. Anda bisa melakukan hal-hal yang positif seperti: 
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Olahraga yang teratur
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Berupaya melakukan relaksasi agar stres berkurang

Kunci Utama untuk Alzheimer Usia Muda

Selain ciri-ciri Alzheimer usia muda, ada hal penting lain yang harus Anda perhatikan: 
  • Penyakit Alzheimer,umumnya menyerang orang dengan usia 65 tahun ke atas. Namun, onset dini bisa memegaruhi orang dewasa berusia 30-40 tahun. 
  • Penyakit Alzheimer bisa memengaruhi perilaku, pemikiran, dan memori penderitanya. 
  • Belum ada obat untuk menyembuhkan Alzheimer secara total, namun terdapat pengobatan lebih awal yang bisa meningkatkan hidup penderita Alzheimer agar lebih baik. 
Perawatan Abses Gigi Medi-Call
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Saat mengalaminya, memang kualitas hidup akan menurun. Jika memang ciri dan gejala bertambah parah, segera pergi ke dokter atau langsung panggil dokter ke rumahAnda bisa menghubungi Nomor WhatsApp Medi-Call atau install aplikasi Medi-Call untuk layanan kesehatan langsung di rumah!Referensi: 
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip