Apa Itu Cacar Monyet, Apakah Berbahaya dan Menular? 

Bagikan artikel ini

Apa itu cacar monyet dan bagaimana penyebaran serta gejalanya? Kasusnya semakin melonjak naik bahkan di negara-negara yang sebelumnya tidak mengalami penyakit tersebut.

WHO (World Health Organization) menyatakan sejak 13 mei 2022 mendapatkan pemberitahuan mengenai lonjakan kasus cacar monyet.

Lonjakan kasus ini terjadi di 12 negara yang sebelumnya tidak mempunyai riwayat endemik cacar monyet seperti Amerika Serikat dan Australia.

Terdapat kurang lebih lonjakan 100 kasus di berbagai negara seperti Eropa, Kanada dan Australia.

Dan pasien yang terkena penyakit ini tidak memiliki riwayat bepergian ke negara yang memiliki endemik penyakit cacar monyet.

Di negara asal penyakit ini pertama kali ditemukan yaitu Afrika, cacar monyet telah menjadi salah satu penyebab kematian.

Gejala dari cacar monyet yaitu demam, nyeri otot, sakit kepala, sakit punggung dan kurang lebih tiga hari setelah demam akan timbul ruam.

Apabila Anda atau keluarga mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call datang ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau Call-Center 24 Jam.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Apa Itu Cacar Monyet

Apa itu cacar monyet merupakan virus zoonosis yaitu virus yang ditularkan dari hewan kepada manusia.

Apa itu cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1958, saat terjadi dua wabah penyakit mirip cacar yang terjadi pada hewan monyet.

Kemudian penyakit cacar monyet baru menyerang manusia pada tahun 1970 dengan gejala yang hampir mirip dengan penyakit cacar.

Apa itu cacar monyet merupakan penyakit langka dan disebabkan oleh infeksi virus monkeypox.

Penyebab alami cacar monyet masih belum diketahui hingga saat ini, namun hewan pengerat dari Afrika dan hewan primata dapat menampung virus tersebut dalam tubuhnya dan menularkan kepada manusia.

Baca juga:  Dokter Jaga 24 Jam Siap Memberikan Pelayanan Kesehatan

Pada manusia, apa itu cacar monyet memiliki gejala yang lebih ringan daripada gejala cacar biasa.

Perbedaan utamanya adalah cacar monyet menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Masa inkubasi cacar monyet diperkirakan tujuh sampai empat belas hari.

Anda mungkin mendapatkan infeksi cacar monyet jika digigit oleh hewan pengerat seperti tikus, tupai dan hewan primata seperti monyet.

Atau jika Anda menyentuh darah, cairan tubuh, bintik dari hewan-hewan penyebab cacar monyet.

Memakan daging hewan-hewan tersebut terutama yang belum dimasak dengan sempurna juga dapat menyebabkan seseorang terkena cacar monyet.

Selain itu, apa itu cacar monyet juga dapat menular dari orang ke orang dengan cara menyentuh pakaian, tempat tidur, handuk orang yang terkena cacar monyet.

Menyentuh kulit dan berhubungan seksual dengan orang yang terkena cacar monyet juga dapat menularkan virus tersebut.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Virus dapat masuk ke tubuh Anda melalui luka di kulit yang mungkin tidak disadari atau melalui mulut, hidung, atau mata Anda

Selain itu, batuk dan bersin orang terkena cacar monyet juga dapat menjadikan seseorang terkena cacar monyet.

WHO memperkirakan akan terjadi pengembangan kasus cacar monyet di negara-negara lain sehingga penanganan lebih lanjut sangat diperlukan.

Pasien yang memiliki keluhan gejala ruam, koreng dan terus berkembang secara bertahap ke seluruh area tubuh sebaiknya segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Apabila mengalami ruam dan semakin parah sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dengan hubungi Call-Center 24 Jam.

DMCA.com Protection Status