Pertolongan Pertama Saat Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Bagikan artikel ini

Pertolongan  pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi perlu dilakukan agar tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Myalgia atau biasa disebut nyeri otot dan nyeri sendi kerap menyerang orang-orang terutama individu yang banyak melakukan aktivitas berat.

Penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa nyeri terutama pada bagian punggung, leher, lengan, paha dan betis sehingga pertolongan pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi.

Penyebab nyeri otot antara lain latihan fisik berlebihan, infeksi pada bagian tubuh tertentu, hingga efek samping obat-obatan.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call

Pertolongan pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi

Pertolongan pertama nyeri otot dan nyeri sendiri pada umum dilakukan dikenal dengan istilah RICE yakni Rest, Ice, Compression dan Elevation

Metode penyembuhan ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Hentikan kegiatan yang membutuhkan banyak energi

Cobalah untuk tidur untuk mengistirahatkan sendi yang sedang nyeri setidaknya selama 48 hingga 72 jam serta hentikan berbagai kegiatan berat lainnya seperti olahraga.

Jangan lupa untuk memperhatikan daerah persendian karena bisa jadi terdapat pembengkakan atau kemerahan sebagai salah satu langkah pertolongan pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi.

  • Kompres area nyeri dengan handuk atau ice pack

Cara membuat ice pack sangat mudah dibuat dengan membungkus es batu dengan plastik atau kain tipis kemudian kompres area tubuh yang terasa nyeri selama 10 hingga 30 menit. 

  • Balut area persendian yang sakit

Balutlah area persendian dimana titik nyeri muncul dengan memakai perban elastis atau perban lainnya untuk mengurangi pembengkakan atau peradangan akibat nyeri otot.

  • Elevation

Cara melakukan elevasi adalah meletakkan area persendian yang nyeri di atas bantal dengan posisi duduk atau berbaring.

Selain RICE, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi, antara lain:

  • Kelola emosi dan stres dengan baik
  • Pijat atau melakukan peregangan otot
  • Melakukan yoga atau meditasi
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol
dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Cegah penyebab nyeri otot dan nyeri sendi sejak dini

Terdapat bermacam-macam jenis nyeri otot, mulai dari cedera hingga terjadinya tegang di beberapa bagian tubuh seperti terkena benturan, tidak adanya pemanasan dan pendinginan setelah olahraga atau salah posisi saat duduk atau mengangkat beban.

Tidak hanya itu, nyeri otot juga bisa terjadi akibat sejumlah penyakit tertentu atau kondisi tidak baik salah satunya adalah penyakit rheumatoid arhritis, yaitu jenis penyakit autoimun yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri sehingga mengakibatkan peradangan pada sendi.

Gangguan lainnya seperti fibromyalgia, infeksi bakteri, kelelahan kronis, dystonia atau kerusakan otot dapat menjadi penyebab lainnya.

Ketika nyeri otot tidak kunjung hilang, biasanya disertai dengan kondisi demam diikuti dengan suhu tinggi kemudian terdapat bengkak berwarna merah di area yang terasa sakit sehingga pertolongan pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi sangat dibutuhkan.

Selain itu rasa nyeri sering muncul tiba-tiba tanpa sebab setelah konsumsi obat-obatan tertentu dan rasa sakit tidak menghilang setelah beberapa hari.

Apabila setelah diberikan pertolongan pertama saat nyeri otot dan nyeri sendi tidak kunjung hilang segera periksa ke dokter melalui call center Medi-Call atau aplikasi Medi-Call.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status