fbpx

Waspada Infeksi Virus Pada Anak Saat Pergantian Musim

Bagikan artikel ini

Waspada infeksi virus pada anak saat pergantian musim dan saat daya tahan tubuh sedang menurun.

Infeksi virus dapat menyerang siapa saja tanpa batasan umur, akan tetapi bayi dan anak-anak lebih rentan terserang.

Salah satu penyebabnya adalah daya tahan tubuh anak yang cenderung rendah sehingga memudahkan virus masuk ke dalam tubuh.

Virus yang umumnya menyerang anak antara lain virus penyebab flu, cacar, campak.

Oleh sebab itu para orang tua harus menambah tingkat waspada infeksi virus pada anak sehingga dapat mencegah penyebarannya pula.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Waspada infeksi virus pada anak

Virus merupakan mikroba yang hidup dengan cara menempel pada inangnya dan berukuran lebih kecil dari bakteri.

Ketika virus masuk ke dalam tubuh atau menempel maka dengan cepat akan berkembang biak dan menyebar didalamnya.

Yang perlu diwaspadai adalah akibat dari virus tersebut yang dapat menyebabkan kematian atau infeksi pada tubuh ketika menempel dan mengambil alih suatu sel.

Virus pada umumnya menyerang sel tubuh tertentu seperti sistem pernapasan, darah, pankreas dan lainnya sehingga waspada infeksi virus pada anak harus diperhatikan ketika gejala mulai nampak.

Berdasarkan penelitan, cara yang ampuh untuk mencegah penyebaran virus adalah pemberian vaksin.

Gejala Infeksi Virus Pada Anak

Terkadang gejala infeksi virus maupun bakteri dapat serupa, sehingga diperlukan bantuan dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. 

Beberapa gejala yang disebabkan infeksi virus antara lain demam, mimisan, batuk, hidung berair, susah tidur dan sakit tenggorokan. 

Tingkat waspada infeksi virus pada anak harus lebih serius karena gejala-gejala tersebut dapat sangat mengganggu aktivitas anak.

Virus ditularkan melalui udara, darah, air liur dan lainnya dengan sangat cepat sehingga para orang tua harus waspada infeksi virus pada anak dengan melakukan upaya pencegahan secara maksimal. 

Beberapa jenis virus yang sangat berbahaya dapat dicegah dengan pemberian vaksin sejak bayi.

Namun, bagi anak yang belum mendapatkan vaksin virus tertentu sejak bayi, dapat diberikan pada usia anak-anak. 

Ketika pencegahan dilakukan dengan cepat dan tepat maka akan daya tahan tubuh si kecil akan lebih kuat dan dapat melawan virus yang akan menyerang.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Pemberian Vaksin

Ketentuan jenis vaksin dan usia pemberian pada anak biasanya tertera dalam buku kesehatan ibu dan anak yang diperoleh melalui posyandu. 

Jadwal pemberian vaksin secara massal biasanya ditentukan oleh masing-masing posyandu yang ada di lingkungan tempat tinggal. 

Apabila terlewat dari jadwal vaksin posyandu, pemberian vaksin untuk anak bisa diperoleh melalui dokter atau rumah sakit terdekat.

Sebelum diberikan, selalu pastikan bahwa kondisi tubuh anak sehat sehingga dapat menerima vaksin dengan baik.

Selain itu orang tua juga dapat meningkatkan waspada infeksi virus pada anak dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta memberikan asupan nutrisi terbaik untuk daya tahan tubuh anak. 

Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter apabila timbul gejala infeksi virus pada anak untuk mendapatkan pengobatan. 

Untuk mengetahui penyebab gejala penyakit yang menyerang dengan akurat dan konsultasi pemberian vaksin, segera panggil dokter ke rumah melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call Center Medi-Call.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status