Pusing Setelah Makan Ikan? Bisa Jadi Keracunan Histamin! Apa Itu Keracunan Histamin? 

Bagikan artikel ini

Gejala keracunan histamin sering kali disangka sebagai gejala alergi terhadap makanan laut. Tapi ternyata ini merupakan dua hal berbeda loh! Lalu apa itu keracunan histamin?

Apakah Anda pernah merasa tidak enak badan setelah mengkonsumsi makanan laut?

Anda mungkin berpikir bahwa itu disebabkan oleh reaksi alergi makanan laut yang Anda miliki.

Tapi ternyata tidak semua masalah kesehatan yang terjadi setelah konsumsi makanan laut adalah karena alergi, bisa jadi itu dikarenakan keracunan histamin.

Apa itu keracunan histamin? Apa bedanya dengan alergi makanan laut?

Keracunan histamin adalah sebuah sindrom kesehatan yang mirip dengan reaksi alergi.

Ini biasanya terjadi setelah seseorang mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi histamin dalam tingkat tinggi.

Beberapa jenis ikan mengandung histidin kimia tinggi secara alami, yang dapat berubah menjadi histamin jika terkontaminasi oleh bakteri.

Jenis ikan yang mengandung histidin kimia antara lain adalah tuna, makerel, mahi mahi, ikan teri, herring, bluefish, amberjack dan marlin.

Jika Anda mengalami gejala seperti berkeringat, mual, pusing, sakit kepala, dan timbul sensasi pedas di tenggorokan serta mulut setelah mengkonsumsi ikan-ikan di atas sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call.

Anda dapat menghubungi dokter Medi-Call untuk datang ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Apa Itu Keracunan Histamin

Apa itu keracunan histamin? Mengapa sebuah ikan dapat menjadi makanan yang mengandung racun histamin?

Ikan-ikan seperti tuna, makerel, mahi mahi, ikan teri, herring, bluefish, amberjack dan marlin yang mengandung histidin alami jika tidak disimpan dengan baik di dalam kulkas dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Kemudian bakteri ini akan mengubah histidin menjadi racun histamin.

Baca juga:  Jenis Pemeriksaan Gula Darah di Rumah Beserta Perbedaan dan Fungsi

Apa itu keracunan histamin apakah hanya karena tidak menyimpan ikan dengan baik?

Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki tingkat enzim dalam tubuh yang rendah tidak dapat memecah histamin dalam makanan sehingga akan lebih berisiko mengalami keracunan daripada orang dengan tingkat enzim yang tinggi.

Tapi tidak perlu khawatir, karena apa itu keracunan histamin bukanlah reaksi dari alergi jadi aman bagi Anda untuk mengkonsumsi ikan yang telah diawetkan dan didinginkan dengan baik.

Gejala apa itu keracunan histamin biasanya muncul dalam hitungan menit hingga dua jam setelah seseorang mengkonsumsi ikan dengan tingkat histamin yang tinggi.

Gejala ini antara lain sakit kepala, pusing, mual dan berkeringat, diare dan sakit perut.

Pada beberapa kasus gejala keracunan histamin juga dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam di wajah hingga pembengkakan.

Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Dan pada kasus yang paling parah apa itu keracunan histamin dapat mengakibatkan jantung berdetak dengan cepat dan penurunan tekanan darah.

Oleh karena itu apabila Anda atau orang terkasih mengkonsumsi makanan laut dan merasakan gejala seperti di atas sebaiknya segera mendapat pertolongan pertama.

Anda bisa menghubungi dokter Medi-Call datang ke rumah untuk mendapatkan pertolongan pertama keracunan histamin, cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status