Apa Itu Panti Jompo? Kenali Layanan dan Cara Memilihnya

Apa itu panti jompo? Apa saja layanan perawatan yang tersedia? Simak pengertian hingga cara memilihnya lebih dalam di sini.  

Menurut data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2023, jumlah lansia di Indonesia ada sekitar 11,75%. Jumlah lansia perempuan lebih banyak yaitu 52,82% : 47,72%. 

Berdasarkan data ini, ada 7,10% lansia yang tinggal sendirian sedangkan sisanya tinggal bersama pasangan dan keluarga inti.

Fenomena lansia yang tinggal sendiri ini tentu sangat rentan karena mereka membutuhkan perawatan yang intensif. 

Faktor kesehatan yang menurun membuat lansia tidak dapat beraktivitas sehari-hari dengan baik, sehingga memerlukan adanya dukungan. 

Panti jompo saat ini menjadi solusi bagi lansia yang memerlukan perawatan dan bantuan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Bisa dibilang, panti jompo merupakan salah satu lingkungan yang aman dan suportif bagi lansia. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai konsep panti jompo. 

banner caregiver medi-call
Medi-Call: Layanan Caregiver di Lokasi Anda

Apa Itu Panti Jompo?

Istilah panti jompo juga dikenal dengan panti werdha, panti wireda atau retirement home. Lantas, apa itu panti jompo dan apa manfaatnya bagi lansia?

Sejauh ini, masyarakat hanya mengenal bahwa panti jompo adalah rumah lansia yang tidak memiliki keluarga untuk merawatnya.

Persepsi ini kurang tepat, karena banyak juga lansia yang masih memiliki keluarga namun memilih untuk tinggal di panti jompo. 

Panti jompo adalah fasilitas yang memberikan berbagai layanan kesehatan sekaligus perawatan pribadi. Perawatan yang tersedia mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang. Fasilitasnya sendiri dibuat khusus untuk lansia yang membutuhkan perawatan medis berkelanjutan. Terutama sebagian besar aktivitas sehari-hari, seperti naik turun tempat tidur, mandi, hingga perawatan penyakit kronis. 

Jadi, perlu diingat bahwa panti jompo bukan sekedar rumah bagi lansia, tetapi juga perawatan ketika mengalami sakit parah. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lansia perlu tinggal di panti jompo. Baik itu dari segi usia, penghasilan, tidak memiliki keluarga, dan kondisi fisik yang menurun. 

Baca juga:  Panti Jompo, Masihkah Menjadi Momok Bagi Para Orang Tua?

Layanan yang Tersedia di Panti Jompo

Sudah jelas dengan pengertian apa itu panti jompo, lalu, apa saja layanan yang tersedia di sini? Baik untuk menunjang aktivitas harian lansia dan kesehatan, berikut ini beberapa layanan yang tersedia di panti jompo:
  • Bantuan perawatan pribadi 

Di usia senja, banyak keterbatasan fisik yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Panti jompo akan membantu lansia untuk melakukan aktivitasnya dengan lebih nyaman. 

Layanan seperti mengenakan pakaian, mandi, bangun tidur, makan, dan lainnya tersedia di panti jompo. Tentunya bersama dengan perawat yang profesional dan berpengalaman. 
  • Layanan kesehatan 

Ada banyak layanan kesehatan yang tersedia, seperti perawatan pernapasan setelah operasi, terapi fisik, terapi wicara, perawatan luka, dan masih banyak lagi. Termasuk juga rehabilitasi bagi lansia yang mengalami sakit parah. 

Layanan kesehatan ini bisa berupa jangka panjang atau pendek tergantung kondisi. Lansia juga akan mendapat konseling gizi untuk bisa menunjang kesehatannya. 
  • Layanan rekreasi

Hanya berada di panti jompo tentu akan membuat lansia merasa bosan. Oleh karena itu, disediakan layanan rekreasi baik di dalam atau wisata di luar. 

Beberapa kegiatan rekreasi bisa berupa jalan-jalan, kelas memasak, kelas kesenian, terapi hewan, dan aneka permainan yang bisa menstimulasi kebahagiaan dan mengurangi rasa kesepian.

Tips Memilih Panti Jompo untuk Perawatan Jangka Panjang 

Betapa pentingnya mengerti apa itu panti jompo dan juga beragam layanannya. Anda pun tidak perlu takut lagi jika harus membawa keluarga yang sudah lansia untuk mendapat perawatan di panti jompo. Membawa lansia di panti jompo bukan berarti menelantarkannya karena mereka akan mendapat perawatan yang lebih baik. Namun, sebelum itu, Anda harus mencari panti jompo terbaik yang mampu memberikan layanan sesuai kebutuhan. 

Berikut ini beberapa tips untuk memilih panti jompo:

  • Mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan 

Sebelum memilih panti jompo, Anda harus menanyakan kepada lansia mengenai layanan apa yang paling mereka butuhkan. Baik itu layanan saat ini maupun di masa depan. 

Misalnya, jika ada masalah kesehatan seperti demensia, maka perlu ada pelayanan kesehatan sejenis di panti jompo. Jadi, bukan hanya panti jompo yang menyediakan perawatan pribadi saja. 
  • Mengunjungi panti jompo 
Anda perlu mengidentifikasi beberapa panti jompo secara langsung, bukan hanya menelepon saja. Kunjungi dan cari tahu seperti apa kelengkapan fasilitas yang tersedia dan bagaimana pelayanan perawat di sana. 

Anda bisa menanyakan soal sertifikasi perawat, legalitas lembaga, dan dokumen penting lain yang menunjukkan perizinan. Fasilitas juga haruslah nyaman, bersih, dan terawat.

  • Bertanya kepada kerabat yang berpengalaman

Mencari tahu pengalaman kerabat yang pernah mengurus lansia ke panti jompo tentu menjadi informasi yang sangat berharga. 

Cari informasi seputar apakah mereka senang dengan layanan di panti jompo tersebut sehingga bisa menjadi pertimbangan. 

  • Mempertimbangkan biaya 
Setiap panti jompo memberikan penawaran biaya yang berbeda, tergantung dengan layanan yang Anda pilih. Saat membandingkan beberapa lembaga panti jompo, Anda perlu menanyakan soal biaya ini secara terperinci. Apakah biaya sudah termasuk layanan perawatan pribadi dan kesehatan atau belum hingga jangka waktunya. Selalu baca kontrak sebelum Anda memilih dan jangan ragu untuk menanyakan jika ada yang belum dimengerti. Kini, Anda telah memahami sepenuhnya apa itu panti jompo dan memutuskan apakah ingin memilih layanannya. 
Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda
Solusi untuk merawat lansia tidak hanya panti jompo, tetapi Anda juga bisa memanggil perawat lansia Medi-Call ke rumah atau rumah sakit. Perawat bersertifikasi akan siap membantu keluarga Anda. Cukup dengan menghubungi via kontak Whatsapp atau melalui aplikasi Medi-Call yang bisa diunduh di Play Store.  Referensi:
  • Ncoa (2023) Nursing Homes: A Comprehensive Guide 
  • National Institute of Aging (2023) How To Choose a Nursing Home or Other Long-Term Care Facility
  • Healthline (2021) Assisted Living vs. Nursing Home: How to Choose the Right Level of Care
  • Healthinaging (2023) Nursing Homes
  • Medicare (2024)   Long-term care
  • BPS (2023) Statistik Penduduk Lanjut Usia 2023 
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip