Benjolan di Dekat Puting Payudara Terasa Sakit, Belum Tentu Kanker!

Ada beberapa kondisi yang juga dapat menimbulkan benjolan di dekat puting payudara terasa sakit, misalnya kelainan fibrokistik fibroadenoma hingga folikulitis.Adanya benjolan di dekat puting payudara terasa sakit terkadang membuat siapa saja yang mengalaminya cemas. Pasalnya, kondisi ini kerap dikaitkan dengan kanker payudara.Namun, perlu diketahui bahwa benjolan tersebut tidak selalu menjadi tanda adanya kanker payudara.Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk memastikan penyebab benjolan di dekat puting payudara terasa sakit.  Kondisi ini dapat terjadi dikarenakan berbagai hal, misalnya penumpukan kotoran, infeksi, hingga gangguan jaringan lemak pada payudara.
Perawatan Abses Gigi Medi-Call
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Penyebab Benjolan di Dekat Puting Payudara Terasa Sakit

Untuk mengetahui penyebab benjolan di dekat puting payudara terasa sakit secara pasti, terkadang butuh pemeriksaan penunjang seperti USG payudara.Cari tahu mengenai apa saja yang bisa menjadi penyebab benjolan di dekat puting payudara terasa sakit di bawah ini.
  • Kelainan fibrokistik
Benjolan payudara paling sering disebabkan oleh fibrosis atau kista. Kondisi ini merupakan perubahan abnormal pada jaringan payudara yang tidak bersifat kanker.Perubahan ini biasa disebut dengan perubahan payudara fibrokistik dan ditandai dengan beberapa gejala.Contohnya adalah benjolan pada payudara, nyeri, bahkan hingga pembengkakan payudara. Gejala-gejala ini mungkin memburuk ketika seorang wanita mulai menstruasi.Kondisi ini menyebabkan banyak benjolan yang bisa diraba, serta terkadang keluar sedikit cairan yang tampak keruh dari puting.Kondisi ini umum terjadi pada wanita usia subur dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua payudara.
  • Kista
Benjolan payudara akibat kista biasanya berupa kantung yang berisi cairan. Keberadaan kista biasanya baru diketahui ketika sudah membesar atau disebut dengan megakista. Ukurannya bisa mencapai 2,5 hingga 5 cm.Pada tahap ini, Anda akan merasakan adanya benjolan di payudara saat Anda menyentuhnya. Mirip dengan penyakit fibrokistik, kista juga bisa membesar dan menjadi lunak saat mendekati menstruasi.Benjolan kista payudara biasanya berbentuk bulat atau lonjong dan mudah bergerak atau bergeser bila disentuh.Namun, benjolan kista sulit dibedakan dengan benjolan padat lainnya. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan dokter spesialis untuk memperoleh diagnosis yang akurat.
  • Fibroadenoma
Benjolan kecil di payudara juga bisa disebabkan fibroadenoma. Penyakit ini termasuk salah satu tumor jinak yang sering diderita oleh wanita.Ciri khas benjolan ini adalah dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.Selain itu, ciri lainnya adalah terasa kencang saat ditekan, berbentuk bulat atau lonjong, serta terasa kenyal.Berbeda dengan penyakit lainnya, benjolan akibat penyakit ini tidak terasa nyeri jika ditekan. Fibroadenoma biasanya terjadi pada wanita berusia antara 20 dan 30 tahun.Selain itu, kondisi ini seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh. Tidak seperti fibrosis dan kista, fibroadenoma juga tidak berkembang menjadi kanker.
  • Abses
Benjolan di dekat puting payudara terasa sakit juga bisa menjadi indikasi adanya abses. Sebagian besar penderitanya adalah ibu menyusui.Ada beberapa tanda abses payudara lainnya, antara lain kemerahan pada area payudara tempat abses berada, mual, dan muntah.
  • Lipoma
Lipoma merupakan massa jaringan lemak yang tumbuh di bawah permukaan kulit. Lipoma bisa berpindah saat Anda menyentuh area tempat benjolan berada. Selain itu, lipoma juga cenderung terasa halus dan tidak keras. Lipoma umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau mengganggu. Jika lipoma tidak membesar, kondisi ini tidak memerlukan pengobatan.
  • Mastitis
Benjolan di dekat puting payudara terasa sakit juga bisa disebabkan oleh mastitis atau infeksi payudara pada ibu menyusui. Kondisi ini umumnya bisa diatasi dengan kompres hangat dan antibiotik sesuai anjuran dokter.Untuk mencegahnya, sebaiknya ibu menyusui memerhatikan kebersihan payudara dan rutin memerah ASI dengan cara menyusui atau memompa.
Perawatan Abses Gigi Medi-Call
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Demikian sejumlah informasi terkait penyebab benjolan di dekat puting payudara terasa sakit. Jika kondisi tak kunjung membaik, jangan ragu untuk panggil layanan perawat homecare Medi-Call datang ke rumah.Caranya adalah dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.Referensi:
  • Medical News Today (2024). What causes a lump on the areola.
  • Mayo Clinic (2024). Suspicious breast lumps.
  • Healthline (2019). 10 Causes of Bumps On and Around Your Nipples.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip