Medi-Call

Sudah Tahu Cara Mengatasi Lelah Anda?

Bagikan artikel ini

Cara mengatasi lelah memang tidak mudah. Yuk cek penyebab rasa lelah Anda dan cara mengatasinya! 

Kelelahan adalah kondisi saat stamina tubuh seseorang sedang tidak bagus. 

Sebelum mengetahui cara mengatasi lelah, Anda perlu mengetahui penyebab paling umum dari kelelahan tubuh itu sendiri, seperti dari:

 

  • Gaya hidup

Faktor umum dari penyebab kelelahan adalah gaya hidup yang tidak baik seperti,

kurangnya aktivitas fisik berolahraga, kurang tidur, stres, tidak mengonsumsi makanan bergizi dan obesitas.

 

  • Kondisi kesehatan fisik

Anemia, arthritis, fibromyalgia, flu atau pilek, kanker, diabetes, penyakit ginjal, penyakit hati, penderita paru kronis dan emfisema.

Merupakan kondisi kesehatan fisik yang dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah.

 

  • Kesehatan mental

Kondisi kesehatan mental juga dapat menyebabkan rasa lelah yang hebat misalnya, kecemasan yang berlebihan, depresi dan gangguan afektif musiman.

Efek akibat lelah juga sangat beragam, seperti kurangnya konsentrasi, kesulitan berpikir, kesulitan mengingat hal kecil serta penting dan sulit tidur.

Jika kelelahan tersebut telah bertahan selama dua minggu atau lebih meskipun sudah beristirahat, mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi stress Anda.

Sangat dianjurkan untuk mendapatkan bantuan dokter untuk mengetahui cara mengatasi lelah Anda itu.

Anda dapat menghubungi dokter Medi-Call di rumah dengan Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Cara Mengatasi Lelah

Cara mengatasi lelah dapat dimulai dari merubah gaya hidup, berikut merupakan cara mengatasi kelelahan yang dapat dipraktikan dalam keseharian Anda: 

  • Minum air putih yang cukup minimal delapan gelas per hari untuk tetap terhidrasi. 

Ini dikarenakan saat tubuh kekurangan cairan dalam tubuh akan menimbulkan dehidrasi sehingga mudah lelah, tidak dapat berkonsentrasi.

  • Buatlah daftar kebiasaan makan dan minum setiap harinya.
Baca juga:  Bunda, Yuk Mengenal Lebih Jauh Gejala Diabetes Pada Anak

Ini akan membantu Anda dalam memilih dan memiliki kebiasaan makan makanan yang sehat sehingga tubuh tetap bugar dan tidak mudah lelah.

  • Olahraga yang teratur dapat meningkatkan energi tubuh dalam jangka waktu yang panjang dan meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi risiko kelelahan dan stres yang berlebihan.
  • Tidur dan bangun pada jam yang sama.

Karena mencoba menjaga kualitas tidur sangat membantu melawan rasa lelah serta mengurangi kebutuhan anda untuk tidur di siang hari.

  • Menghindari dan mengelola stres yang diketahui dapat mengurangi rasa kelelahan dalam tubuh. 
  • Pekerjaan yang menumpuk menjadi salah satu alasan utama risiko terkena depresi akibat lelah yang berlebihan sehingga disarankan untuk menghindari sejenak pekerjaan yang terlalu menuntut
  • Melakukan kegiatan santai seperti yoga, pilates dan meditasi dapat meningkatkan energi positif dan kebugaran tubuh sehingga meminimalisir risiko terkena kelelahan dan pikiran yang buruk
  • Mengonsumsi alkohol dan obatan terlarang sangat berpengaruh pada kesehatan fisik Anda akibatnya tubuh secara otomatis akan mudah lelah sehingga Anda disarankan untuk komitmen untuk menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang.
  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri  dan berbincang dengan orang lain juga sangat membantu Anda dalam menangani stres. 
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Perubahan gaya hidup ini bisa menjadi cara mengatasi lelah Anda. 

Jika Anda terus menerus merasakan lelah, sebaiknya merencanakan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Anda dapat menghubungi dokter Medi-Call di rumah dengan Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call agar dapat terdiagnosa secepatnya.

DMCA.com Protection Status