7 Cara Menghilangkan Bau Mulut pada Anak yang Bisa Diterapkan

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, tapi juga oleh beberapa penyakit. Cara menghilangkan bau mulut pada anak juga cukup variatif.
Mengatasi bau mulut pada anak bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meskipun terkesan sepele, masalah bau mulut dapat memengaruhi rasa percaya diri anak, serta interaksi sosialnya.
Bau mulut pada anak umumnya ditandai dengan rasa asam atau pahit di mulut, mulut kering, dan lidah  berwarna putih.Berikut ini adalah pembahasan lebih lanjut mengenai cara menghilangkan bau mulut pada anak.
Medi-Call: Layanan Perawat Bayi di Rumah
Cara Menghilangkan Bau Mulut pada Anak yang Bisa Diterapkan
Saat memeluk atau berbicara dengan si Kecil, apakah Anda menyadari bahwa napas mereka kurang sedap?Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan istilah halitosis atau bau mulut.
Ada beberapa cara menghilangkan bau mulut pada anak. Agar lebih jelas, baca penjelasan lengkap berikut ini:
  • Menjaga Kebersihan Mulut
Mengajari anak  menjaga kebersihan mulut merupakan langkah awal dalam cara menghilangkan bau mulut pada anak.Pastikan anak menyikat gigi secara teratur sebanyak dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan dental floss sebanyak sekali sehari.Kedua metode ini cocok untuk menghilangkan sisa makanan dari mulut. Selain itu, Anda juga dapat meminta anak untuk berkumur setiap habis makan menggunakan penyegar mulut non-alkohol yang direkomendasikan oleh dokter anak.
  • Minum Air Putih yang Cukup
Saat minum air putih, tubuh memproduksi lebih banyak air liur agar mulut tidak kering.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Dentistry menunjukkan bahwa mulut kering dapat menyebabkan bau mulut.Minum air putih yang cukup juga dapat "membuang" sel-sel mati di mulut dan dapat membantu menghilangkan penyebab bau mulut pada anak Anda.
  • Beri Makanan Bergizi
Cara menghilangkan bau mulut pada anak selanjutnya adalah memberikan anak anda makanan yang sehat setiap hari. Beri anak makanan yang kaya akan serat dan tinggi cairan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk mencegah bau mulut pada anak, kurangi asupan gula pada anak, serta hindari minuman dan makanan manis seperti cokelat dan permen.
  • Ajak si Kecil ke Dokter Gigi
Jika Anda khawatir dengan bau mulut anak Anda, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Bau mulut pada anak anda merupakan tanda ada masalah pada mulutnya, yang bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak tepat atau penyakit tertentu.Dokter gigi dapat menyarankan solusi untuk mengatasi bau mulut anak Anda yang sulit dihilangkan dengan cara sederhana di rumah.Selain itu, mengunjungi dokter gigi juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan gigi yang lebih serius.
  • Konsumsi Peterseli 
Cara menghilangkan bau mulut pada anak juga bisa dengan bahan alami seperti peterseli.  Peterseli bisa bekerja seperti deodoran napas alami yang mengandung antiseptik ringan.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan bahwa peterseli efektif melawan senyawa sulfur pembusuk dalam pencernaan makanan.Penelitian ini tidak dilakukan pada manusia, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya. Selain itu, peterseli juga dapat menjaga pencernaan dan mengurangi gas usus yang menyebabkan bau mulut.Minta anak untuk mengunyah peterseli setelah makan, namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak.
  • Kumur dengan Cuka Sari Apel
Cuka apel tidak hanya dapat membersihkan racun dalam tubuh, tetapi juga efektif menghilangkan bau mulut.Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan satu gelas air.Selanjutnya, minta anak berkumur dengan air tersebut dan keluarkan dalam waktu 10 detik.
  • Kumur dengan Larutan Baking Soda
Baking soda dianggap dapat membunuh bakteri di mulut dan membantu mengatasi bau mulut pada anak karena dapat mengubah tingkat pH di mulut. Cara membuatnya dengan menambahkan dua sendok teh soda kue dalam satu gelas air hangat.Setelah itu, berkumurlah minimal 30 detik sebelum membuangnya. Pilihan lainnya, tambahkan baking soda untuk membersihkan bakteri di mulut saat menyikat gigi anak.
layanan baby care Medi-Call
Medi-Call: Layanan Baby Care di Lokasi Anda
Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut pada anak yang bisa diterapkan. Jika tak kunjung membaik, jangan ragu untuk hubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call untuk panggil layanan perawat homecare Medi-Call datang ke rumah.Referensi:
  • Sprout Pediatric Dentistry & Orthodontics (2022). Causes of and Cures for Bad Breath in Kids
  • Medical News Today (2022). Causes of bad breath in children.
  • Children’s Dental Center of Central Iowa.
  • What to Do If Your Child Has Bad Breath.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip