Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Lama Sembuh

Share Artikel Ini

Cara menghilangkan bekas luka masih menjadi hal yang sering dicari dan dilakukan oleh banyak orang saat memiliki luka yang sulit hilang.

Setiap orang tentu pernah memiliki bekas luka akibat jatuh, jerawat, cacar, atau teriris benda tajam.

Bekas luka seperti ini terkadang bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Apalagi jika bekas luka tersebut berada pada bagian tubuh yang mudah terlihat, seperti wajah, lengan, tangan, atau betis.

Wajar jika banyak orang memikirkan bagaimana cara menghilangkan bekas luka.

Bisa dibilang bahwa menghilangkan bekas luka memang tidak mudah, bahkan cukup lama.

Namun, apabila bekas luka tersebut tidak dirawat dengan benar, maka luka tersebut malah tidak bisa hilang.

Kondisi seperti ini disebut dengan istilah keloid.

Banyak orang ingin menghilangkan bekas luka dengan cepat, sehingga berbagai cara pun dilakukan.

Mulai dari menggunakan salep khusus, lotion, hingga melakukan laser kulit atau operasi kulit.

Padahal sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan aman.

Selain itu, cara-cara tersebut juga cukup ampuh, bahkan tidak memerlukan biaya besar.

Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa dicoba.

  • Mentimun
    Mentimun bisa menjadi bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas luka. Bisa dibilang bahwa cara tradisional memang cukup ampuh dan aman untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan mentimun yang mengandung vitamin C dan potasium untuk menangkal radikal bekas pada kulit. Tak hanya itu saja, mentimun juga mempunyai kandungan air tinggi yang menyegarkan. Kandungan silika di dalam mentimun bisa meningkatkan produksi kolagen, sehingga bisa mencegah keriput pada kulit. Untuk menghilangkan bekas luka pada kulit, Anda bisa mencuci bersih mentimun. Kemudian potong-potong mentimun tersebut menjadi kecil-kecil, lalu haluskan dengan ditumbuk atau diblender. Setelah mentium tersebut menjadi halus, oleskan pada bekas luka. Biarkan sepanjang malam hingga mengering. Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan hal ini dengan ruitn supaya bekas luka menjadi samar-samar dan menghilang.
  • Daun mint
    Selain mentimun, Anda bisa menggunakan daun mint atau Mentha Piperita yang merupakan tanaman herbal untuk cara menghilangkan bekas luka. Daun yang satu ini memang sering digunakan untuk produk obat kumur, pasta gigi, atau minyak angin. Manfaat daun mint memang cukup banyak, salah satunya untuk kulit seperti menghilangkan bekas jerawat, luka bakar, dan bekas luka. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara mengambil beberapa lembar daun mint. Kemudian cuci bersih daun mint tersebut hingga membentuk scrub. Setelah membentuk scrub, oleskan pada areka bekas luka. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih dan keringkan.
  • Madu alami
    Bahan tradisional lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka  ialah madu alami. Cairan yang mirip dengan sirup ini dapat merangsang regenerasi sel, mengurangi nyeri, mendingingkan, bahkan menghilangkan bekas luka juga. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan madu alami. Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah dengan cara mengoleskan madu pada luka secara merata. Biarkan kurang lebih selama 20-30 menit. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin supaya luka cepat menghilang.
  • Lidah buaya
    Selama ini, tanaman yang satu ini dikenal sebagai tanaman yang bisa merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Namun ternyata manfaat lidah buaya tak hanya itu saja. Tumbuhan yang mengandung asam amino dan lignin ini bisa meregenerasi sel kulit dan melembabkan kulit. Lidah buaya juga mempunyai anti-radang yang bisa mengurangi radang pada kulit, kemudian sebagai bahan alami untuk cara menghilangkan bekas luka. Anda bisa mengoleskan lender lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Namun ingat, jangan sampai terkena bagian getahnya karena bisa menyebabkan gatal pada kulit.
  • Teh hijau
    Teh hijau mengandung antioksidan bernama EGCG (Epigallocatechin gallate) yang sudah terbukti bisa mengurangi aktivitas hormon-hormon yang bisa menyebabkan jerawat, mengontrol produksi minyak, mengurangi peradangan pada kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Anda bisa menggunakan teh hijau sebagai minuman. Namun khusus untuk cara menghilangkan bekas luka ini, Anda bisa menjadikan teh hijau sebagai toner. Pertama, basahkan kapas atau handuk kecil dengan memakai air daun teh hijau yang telah diseduh. Setelah itu, usapkan kapas pada bagian luka yang telah dibersihkan tadi. Diamkan beberapa menit. Jika sudah mengering, bilas dengan air hangat hingga bersih.

 

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional. Cukup mudah bukan?

Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, Anda bisa menghemat biaya sekaligus terbebas dari efek samping.

Selain itu, Anda perlu mengingat bahwa luka yang masih diatasi merupakan luka yang masih basah, bukan luka yang telah mengering bahkan menimbulkan keloid.

Tidak semua jenis luka bisa pulih dengan metode cara menghilangkan bekas luka yang dijelaskan di atas.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.