fbpx

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir agar Buah Hati Tumbuh Sehat

Bagikan artikel ini

Cara perawatan bayi baru lahir merupakan salah satu pengetahuan penting untuk para ibu.

Meskipun dalam membesarkan buah hati para orang tua memiliki insting alamiah, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui juga oleh orang tua ketika merawat bayi.

Bayi merupakan fase pertama dalam kehidupan seorang individu.

Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Bayi memiliki kebutuhan yang masih sangat terbatas seperti makan, minum, dan tidur.

Untuk mengoptimalkan masa pertumbuhan dan perkembangan bayi, perlu adanya edukasi kepada orang tua tentang cara perawatan bayi baru lahir.

Adapun kebutuhan para bayi yang harus dipenuhi antara lain gizi tercukupi, lingkungan yang mendukung tumbuh dan kembang bayi, kasih sayang, dan kegiatan yang dapat mengoptimalkan sensorik dan motorik bayi.

Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

Cara perawatan bayi baru lahir terhitung susah-gampang, khususnya bagi para orang tua baru yang belum memiliki pengalaman merawat anak bayi sebelumnya.

Berikut ini adalah cara perawatan bayi baru lahir yang perlu orang tua ketahui:

  • Perawatan Tali Pusat

Tali pusat butuh 5-21 hari untuk kering dan terlepas, selama proses tersebut diperlukan perawatan khusus agar tali pusat tidak lembab dan menjadi sarang kuman atau bakteri.

Oleh karena itu sangat penting untuk terus menjaga kondisi tali pusat tetap kering dan bersih.

Adapun langkah-langkah merawat tali pusat adalah mencuci tangan sebelum menyentuh tali pusat, menggunakan kasa steril untuk membersihkan tali pusat, gunakan obat atau salep yang dianjurkan oleh dokter.

baby care, baby care medi-call, jasa baby care, cari baby care, medi-call, medicall, perawat bayi, perawat bayi baru lahir, baby spa, baby massage, perawatan tali pusat, tali pusat bayi
Medi-Call: Layanan Perawat Bayi ke Rumah Anda
  • Baby Spa untuk Bayi Baru Lahir

Baby spa merupakan salah satu kegiatan yang membuat bayi merasa rileks dan hangat.

Aktivitas baby spa mencakup berenang dan pijatan oleh perawat bayi.

Namun para ibu juga bisa melakukan baby spa dengan metode sederhana di rumah dengan mengikuti pelatihan cara perawatan bayi baru lahir sebelumnya.

  • Imunisasi

Imunisasi merupakan proses untuk membantu tubuh membentuk antibodi terhadap virus dan bakteri tertentu pada tubuh bayi.

Program imunisasi merupakan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah di bidang kesehatan untuk memberikan vaksinasi kepada bayi baru lahir.

Usia bayi baru lahir sampai dengan satu tahun harus mendapatkan imunisasi wajib berupa vaksin polio, hepatitis B, pneumokokus, BCG (vaksin tuberkulosis) dan imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus).

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksinasi di Rumah Anda
  • Teratur Memberikan ASI

Asi merupakan sumber makanan utama yang dapat dicerna oleh bayi, oleh karena itu para ibu harus mencukupi kebutuhan ASI anak per harinya.

Selain sebagai sumber pangan utama, pemberian ASI eksklusif juga memiliki banyak manfaat seperti memperkuat tulang bayi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, menciptakan hubungan yang kuat antara ibu dan anak, serta dapat mencerdaskan otak anak.

  • Memastikan Jadwal Tidur Bayi

Bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 16,5 jam dalam sehari.

Saat tidur hormon perkembangan menjadi lebih aktif, hormon ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi.

Selain itu, tidur bayi juga berfungsi untuk melindungi bayi dari resiko kerusakan jantung dan pembuluh darah, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

  • Menjaga Kebersihan Kuku, Kulit, dan Rambut Bayi

Bakteri sering muncul pada area lembab khususnya pada bagian lipatan tubuh.

Sangat penting untuk rajin membersihkan area kuku, kulit, dan rambut bayi agar tidak ada kotoran dan kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Cara membersihkan tubuh bayi adalah dengan menggunakan handuk dan air hangat, usap tubuh bayi dengan lembut dan perlahan-lahan.

Kemudian gunakan produk yang aman untuk bayi agar terhindar dari alergi.

Medi-Call menyediakan perawat bayi ke rumah untuk membantu Anda merawat bayi baru lahir berupa layanan perawatan tali pusat, memandikan bayi, menjemur bayi, baby massage, dan layanan baby care lainnya.

Perawat bayi Medi-Call merupakan tenaga medis lulusan D3 / S1 dengan sertifikasi resmi, berpengalaman, terpercaya, dan telah mengikuti pelatihan home care.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

DMCA.com Protection Status