Yuk Simak Cara Pijat untuk Menambah Nafsu Makan Bayi

Bagikan artikel ini

Cara pijat untuk menambah nafsu makan bayi perlu diketahui oleh para orang tua dengan masalah bayi susah makan.

Untuk mendukung pertumbuhan, bayi membutuhkan banyak asupan nutrisi yang diperoleh dari ASI.

Sama seperti orang dewasa, bayi dapat kehilangan nafsu makan akibat beberapa faktor.

Akan tetapi, ada berbagai masalah yang dapat mempengaruhi nafsu makan si kecil.

Faktanya, otak mengatur jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh dengan cara menaikan dan menurunkan nafsu makan.

baby care, baby care medi-call, jasa baby care, cari baby care, medi-call, medicall, perawat bayi, perawat bayi baru lahir, baby spa, baby massage, perawatan tali pusat, tali pusat bayi
Medi-Call: Layanan Baby Care Ke Rumah Anda

Otak bukanlah satu-satunya pengatur kemauan untuk makan bisa jadi ada penyebab lain seperti hipotiroid.

Hipotiroid ini dapat menimbulkan penurunan motilitas saluran pencernaan dan gangguan penyerapan zat makanan serta penurunan nafsu makan.

Dengan menurunnya kondisi tersebut, si kecil akan sulit menerima gizi yang mengakibatkan tumbuh kembangannya menjadi terhambat.

Jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga profesional seperti bidan atau perawat bayi Medi-Call apabila Anda mengalami kesulitan dalam merawat bayi yang baru lahir.

Cara Pijat Untuk Menambah Nafsu Makan Bayi

Agar bayi dapat tumbuh sehat dan cerdas maka anak harus mendapatkan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Beberapa contoh gizi yang diperlukan oleh anak antara lain asam lemak (omega 3, EPA, DHA, omega 6 dan AA) dan asam non esensial (omega 9).

Baca juga:  Pijat Bayi yang Benar dan Aman untuk Si Buah Hati

Asam lemak tersebut berfungsi membantu perkembangan motorik, bahasa, bicara serta perkembangan sosialnya.

Untuk mengetahui cara pijat untuk menambah nafsu makan bayi, orang tua dapat melakukan nya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Cara pijat untuk menambah nafsu makan bayi dapat dimulai dengan mengusap perut si kecil secara perlahan.
  2. Selanjutkan tekan perut si buah hati dengan ibu jari kemudian lakukan gerakan memutar, hal tersebut berfungsi untuk menyelaraskan fungsi usus.
  3. Fokus pijat pindah dari perut ke area tangan dengan mulai menggosok tepi ibu jari bayi dari arah kuku ke pergelangan tangan.
  4. Kemudian lanjut hingga pangkal ibu jari si kecil dan tekan dengan gerakan melingkar, hal tersebut juga berlaku hingga kelingking si buah hati.
  5. Untuk membuat syaraf pencernaan rileks bisa dilakukan dari belakang yaitu dengan menekan kedua sisi tulang punggung sang buah hati dari atas ke bawah.
  6. Lanjut ke bagian kaki, orang tua dapat memijat titik kaki di bawah dan samping luar tempurung lutut si kecil selama kurang lebih 1 menit, gerakan ini berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh serta melancarkan pencernaan si buah hati.
  7. Turun ke kedua telapak kaki, orang tua dapat menggenggam dan menekannya dengan ibu jari secara perlahan.
  8. Cara pijat untuk menambah nafsu makan bayi yang terakhir adalah menyentuh kepala dan perut si kecil secara bersamaan.
perawatan luka, cari perawat luka kanker, perawat perawatan luka kanker, perawatan luka diabetes, perawatan luka operasi di rumah, perawat perawatan luka dekubitus, perawat luka kanker, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Perawat Luka ke Rumah Anda

Agar hasil yang diperoleh optimal sebaiknya seluruh rangkaian cara pijat untuk menambah nafsu makan bayi dilakukan secara rutin atau setiap hari.

Pijat merupakan teknik yang paling tepat untuk bayi karena tidak hanya meningkatkan nafsu makan, akan tetapi memperkuat ikatan anak dan orang tua.

Karena sentuhan adalah stimulasi yang dapat merangsang visual, pendengaran, kinetik dan sentuhan pada si kecil.

Dapatkan layanan pijat bayi profesional (dengan Bidan/Perawat Bayi) langsung di rumah Anda melalui aplikasi Medi-Call atau langsung menghubungi customer service Medi-Call 24 jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status