Stop Kebiasaan Begadang dengan Cara Tidur Cepat Berikut Ini! 

Bagikan artikel ini

Stop kebiasaan begadang yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh mulai dari sekarang! Berikut ini beberapa cara tidur cepat yang dapat Anda lakukan!

Peneliti merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam sebagai waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa.

Akan tetapi sayangnya lebih dari sepertiga orang dewasa tidak memenuhi rekomendasi ini dan sering tidur larut malam sehingga tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Ada banyak alasan mengapa orang begadang mulai dari masih ada pekerjaan yang belum selesai dilakukan atau ingin menyaksikan tayangan kesukaan.

Baca juga:  Jangan Begadang Lagi Ya! Berikut  Bahaya Begadang bagi Mahasiswa 

Namun kebiasaan begadang ini dapat berdampak buruk bagi tubuh seperti tekanan darah menjadi tinggi, mempengaruhi mood dan menyebabkan diabetes.

Jika Anda sering begadang dan mulai merasa lelah di siang hari, sulit berkonsentrasi sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh bersama Tenaga Medis Medi-Call.

Anda dapat menghubungi Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan di lokasi Anda.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Cara Tidur Cepat

Tidur memainkan peran penting dalam mengatur berbagai fungsi biologis, dari suasana hati, memori hingga metabolisme dan kesehatan kardiovaskular. 

Sejumlah faktor dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur lebih awal seperti bukan orang yang suka bangun pagi, ada pekerjaan, masalah kesehatan dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, seperti kebiasaan lainnya, perlu waktu untuk membangun rutinitas cara tidur cepat yang baru. 

Namun, cara tidur cepat dapat membantu mendorong tubuh Anda untuk merasa mengantuk lebih awal di malam hari.

Berikut ini beberapa cara tidur cepat yang bisa Anda coba untuk praktikan di rumah:

 

  • Membuat rutinitas

Cara tidur cepat yang pertama adalah dengan membuat rutinitas sebelum tidur setiap hari.

Buatlah rutinitas setiap hari untuk mempertahankan jadwal tidur yang konsisten.

Anda dapat menyesuaikan rutinitas malam Anda sesuai dengan aktivitas yang cocok dengan Anda.

Pilih beberapa aktivitas yang menurut Anda santai untuk dilakukan setiap malam menjelang waktu tidur seperti mandi air hangat, membaca buku atau mendengarkan musik.

Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Asam Lambung

 

  • Meminimalisir penggunaan teknologi

Cara tidur cepat selanjutnya adalah dengan meminimalisir penggunaan teknologi sebelum tidur.

Perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, komputer, dan TV memancarkan jenis cahaya berenergi tinggi yang disebut cahaya biru.

Paparan cahaya terang di malam hari dapat menghambat sekresi melatonin yaitu hormon tidur pada tubuh sehingga membuat sulit untuk tertidur lebih awal.

 

  • Membuat suasana kamar tidur menjadi lebih baik

Suasana pada kamar tidur juga mempengaruhi cara tidur cepat selanjutnya.

Ruangan yang tenang dengan suhu yang agak dingin dan cahaya yang minim dapat membantu menciptakan suasana kamar yang baik untuk tidur cepat.

Oleh karena itu sebelum tidur sebaiknya coba untuk mematikan lampu atau menggunakan masker mata.

Selain itu, gunakan kipas angin jika Anda berada di lingkungan dengan suhu yang hangat.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara di atas namun masih mengalami kesulitan untuk tidur, sebaiknya segera hubungi dokter.

Anda bisa menggunakan layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status