Medi-Call

Apa Saja Ciri2 Penyakit Saraf Terjepit yang Perlu Diketahui

Bagikan artikel ini

Ketahui ciri2 penyakit saraf terjepit yang dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk berdiri, berjalan maupun aktivitas lainnya.

Penyakit saraf terjepit atau dalam bahasa medisnya adalah herniated nucleus pulposus (HNP).

Ini terjadi karena adanya robekan atau cedera di bagian diskus tengah belakang.

Bagian tengah diskus tengah belakang memiliki bantalan yang lembut seperti jeli dan ini berada di antara tulang belakang (vertebrata).

Diskus tengah belakang ini berfungsi untuk membantu memfasilitasi gerakan serta mengimbangi beban tulang belakang sehingga seseorang dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti duduk, berdiri dan berjalan.

Baca juga:  Terapi Untuk Saraf Kejepit

Saraf terjepit dapat terjadi di bagian tulang belakang manapun seperti punggung bawah dan leher serta menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Apabila Anda mengalami nyeri di bagian tulang belakang seperti leher atau punggung bawah dan tidak kunjung membaik setelah berhari-hari sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call di rumah.

Saat ini dokter Medi-Call dapat melakukan layanan konsultasi dan pemeriksaan di rumah sehingga tidak perlu ke luar rumah dengan memesan melalui aplikasi Medi-Call atau Call-Center 24 Jam.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Ciri2 Penyakit Saraf Terjepit

Herniated nucleus pulposus atau saraf terjepit biasanya tidak menimbulkan gejala sampai robekan atau cedera yang dialami benar-benar parah.

Atau hingga diskus tengah belakang sangat mengembang hingga mempengaruhi saraf-saraf lain yang berada di dekatnya lalu menimbulkan ciri2 penyakit saraf terjepit.

Gejala dan ciri2 penyakit saraf terjepit juga biasanya terjadi hanya di daerah yang mengalami cedera dan hanya mempengaruhi satu sisi tubuh saja.

Simak apa saja ciri2 penyakit saraf terjepit yang perlu diketahui berikut ini:

 

  • Nyeri pada lengan atau kaki

Ciri2 penyakit saraf terjepit yang pertama adalah adanya rasa nyeri pada lengan maupun kaki.

Apabila Anda mengalami saraf terjepit di punggung bawah, maka area paha, betis dan pantat akan merasakan nyeri yang sangat hebat.

Nyeri ini kemudian akan berpindah ke area betis hingga kaki sehingga penderita mengalami kesulitan untuk duduk maupun berdiri.

Namun jika Anda mengalami saraf terjepit di area leher maka ciri2 penyakit saraf terjepit biasanya akan terjadi pada bahu dan menjalar hingga menuju lengan.

Rasa sakit dan nyeri ini akan semakin menjalar ke lengan maupun kaki ketika penderita mengalami batuk, bersin serta mengganti posisi tubuh.

Nyeri akibat saraf terjepit biasanya terasa sangat tajam, menusuk serta menimbulkan sensasi terbakar.

Swab Antigen Test Medi-Call
Medi-Call: Layanan Swab Antigen di Lokasi Anda

 

  • Mati rasa dan kesemutan

Ciri2 penyakit saraf terjepit selanjutnya adalah seringnya mati rasa serta kesemutan pada area yang sakit.

Pada saraf terjepit di punggung bawah, mati rasa dan kesemutan biasanya menjalar dari area pantat hingga kaki.

Sedangkan untuk saraf terjepit di leher mati rasa dan kesemutan akan menjalar dari bahu menuju tangan hingga jari.

 

  • Kelemahan

Ciri2 penyakit saraf terjepit lainnya adalah pelemahan otot pada area yang mengalami saraf terjepit.

Saraf terjepit biasanya menyebabkan otot-otot disekitarnya melemah sehingga penderita sering mengalami jatuh, tersandung, kesulitan untuk mengangkat serta membawa barang.

Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda

Saraf terjepit dapat dicegah dengan mempertahankan berat badan yang ideal, tidak merokok serta berolahraga yang baik dan benar.

Berolahraga juga sebagai latihan untuk mendapatkan postur tubuh yang baik agar saraf tidak terjepit.

Baca juga:  Jenis Perawatan dan Pasien Fisioterapi yang Harus Anda Ketahui

Akan tetapi latihan dan terapi fisik untuk saraf terjepit tidak bisa dilakukan sembarangan karena jika salah gerakan dapat menimbulkan cedera.

Sebaiknya terapi fisik untuk saraf terjepit dilakukan bersama dengan fisioterapis profesional untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, fisioterapi Medi-Call bisa dilakukan di rumah sehingga pasien akan lebih nyaman dengan memesan melalui Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

DMCA.com Protection Status