fbpx

Pentingnya Keseimbangan dan Mobilitas Tubuh Anda

Bagikan artikel ini

Keseimbangan pada tubuh seseorang menjadi penting agar Anda tidak terjatuh saat bergerak. Sayangnya, ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan tubuh tidak seimbang.

Kemampuan keseimbangan adalah kemampuan untuk mendistribusikan beban supaya Anda bisa berdiri atau bergerak tanpa harus jatuh, atau mencegah badan Anda sendiri supaya tidak jatuh ketika Anda tersandung.

Kemampuan keseimbangan yang baik membutuhkan kemampuan koordinasi dari beberapa bagian di dalam tubuh: sistem saraf pusat, bagian dalam telinga, mata, otot, tulang, and sendi.

Masalah terhadap Keseimbangan

Jika terjadi masalah terhadap beberapa bagian tubuh di atas dapat menyebabkan gangguan terhadap mobilitas Anda.

Begitu juga jika terjadi kondisi medis yang bermasalah dan hal ini dapat mempengaruhi kemampuan keseimbangan Anda.

Kondisi medis yang bermasalah ini yaitu:

  • Kondisi stroke, sklerosis ganda, penyakit parkinson, dan penyakit lainnya yang mempengaruhi sistem saraf pusat.
  • Penyakit Meniere dan kondisi lainnya yang berdampak dari organ tubuh bagian dalam telinga, yang bisa menyebabkan vertigo dan pusing.
  • Penyakit katarak, degenerasi makula, dan glukoma, yang bisa memperburuk penglihatan.
  • Terjadinya pelemahan di sistem otot yang utama, terutama yang di bagian paha, abdomen, dan punggung.
  • Adanya cidera di sistem saraf di bagian kaki dan bagian telapak kaki (peripheral neuropathy) yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk merasakan permukaan lantai yang Anda sedang pijak/langkahi.

Beberapa hal lain juga dapat mempengaruhi kemampuan keseimbangan, termasuk:

  • Pengobatan tertentu termasuk obat-obatan antidepresan, pengobatan untuk kondisi cemas (anxiety), pengurang rasa sakit, obat tidur, obat antihistamines, dan beberapa pengobatan untuk kondisi penyakit jantung dan tekanan darah.
  • Konsumsi minuman beralkohol, yang bisa memperlambat reaksi tubuh dan dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam melakukan sesuatu.

Bagaimana cara untuk mencegah dan memonitor kondisi Anda?

Untuk mengidentifikasi kondisi kemampuan keseimbangan Anda, pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan dengan dokter terpercaya Anda atau dokter Medi-Call supaya bisa datang ke rumah Anda.

Dokter tersebut akan melakukan konsultasi dan mengidentifikasi pengobatan apa saja yang telah Anda pakai yang mungkin memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kepala pusing.

Bagaimana cara untuk mempertahankan atau memperkuat kondisi keseimbangan dan mobilitas di tubuh?

Salah satu caranya adalah meningkatkan kekuatan otot di bagian kaki dan bagian inti tubuh dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan Anda.

Begitu juga jika anda memutuskan untuk melakukan latihan Tai Chi atau Yoga yang bisa meningkatkan fleksibilitas keseimbangan tubuh Anda.

Sumber:

http://www.health.harvard.edu/topics/balance-and-mobility

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.