fbpx

Berikut ini 4 Jenis Makanan untuk Mengobati Luka Bernanah

Bagikan artikel ini

Makanan untuk mengobati luka bernanah adalah makanan yang bisa dikonsumsi pasien luka bernanah untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Meskipun nampak sepele namun apabila tubuh Anda terluka sebaiknya harus dirawat dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan infeksi.

Luka mengeluarkan nanah merupakan salah satu tanda telah terjadinya luka infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri, kuman, ataupun jamur.

Selain memperhatikan kebersihan dan perawatan luka, sebaiknya perhatikan juga asupan makanan yang tanpa sadar dapat membantu proses penyembuhan.

Apabila luka tidak kunjung sembuh sebaiknya periksakaan ke dokter, untuk mengetahui penyebabnya.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Luka Bernanah

Nanah adalah cairan leukosit yang mati pada bagian tubuh yang terluka atau mengalami infeksi akibat masuknya bakteri atau jamur dan kotoran.

Cairan nanah mengandung protein yang dikenal dengan liqour puris, cairan ini dapat berwarna putih kekuningan, kecoklatan dan kehijauan.

Nanah yang muncul di permukaan kulit dikenal dengan istilah bisul, sedangkan yang muncul di bawah permukaan kulit dikenal dengan istilah abses.

Makanan untuk Mengobati Luka Bernanah

Luka bernanah merupakan salah satu tanda bahwa luka mengalami infeksi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lambat hingga mengalami infeksi.

Adapun faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka, seperti cara perawatan luka, kebersihan, pengaruh obat-obatan, penderita penyakit tertentu seperti diabetes dan nutrisi makanan.

Ciri-ciri luka mengalami infeksi antara lain:

  1. Luka menjadi lembab;
  2. Bengkak;
  3. Mengeluarkan bau tidak sedap;
  4. Mengeluarkan nanah;
  5. Terasa nyeri, dll;
perawatan luka, cari perawat luka kanker, perawat perawatan luka kanker, perawatan luka diabetes, perawatan luka operasi di rumah, perawat perawatan luka dekubitus, perawat luka kanker, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Perawat Luka ke Rumah Anda

Luka yang semakin parah dapat menyebar dan merusak jaringan kulit lainya, pada beberapa kasus luka dapat menyebabkan seseorang harus diamputasi.

Oleh sebab itu sebaiknya keberadaan luka jangan diabaikan, gunakan jasa perawat luka untuk membantu merawat luka bila diperlukan agar luka cepat sembuh.

Berikut ini adalah makanan untuk mengobati luka bernanah dan baik apabila dikonsumsi dengan makanan sehat lainya:

  • Dark Chocolate

Selain digunakan untuk bahan dasar makanan enak seperti kue-kue dan aneka macam minuman, dark chocholate juga merupakan salah satu makanan untuk mengobati luka bernanah.

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit serta memberikan nutrisi pada jaringan kulit yang terluka.

Selain itu, makanan ini juga mampu menstabilkan darah, sehingga tubuh dapat menyalurkan nutrisi, vitamin dan oksigen untuk jaringan yang terserang luka bernanah.

  • Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya kandungan vitamin C, buah ini banyak digunakan pada berbagai produk kecantikan kulit.

Kandungan vitamin C pada lemon dipercaya mampu mencerahkan dan menutrisi kulit.

Selain itu vitamin C juga mampu mempercepat pergantian lapisan kulit baru yang terluka.

  • Putih Telur

Putih telur mengandung asam amino yang diperlukan untuk membentuk serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Oleh karena itu mengkonsumsi putih telur dapat meningkatkan daya tahn tubuh, selain itu putih telur termasuk salah satu makanan untuk mengobati luka bernanah.

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter di Aplikasi Medi-Call
  • Daging Merah

Makanan untuk mengobati luka bernanah salah satunya adalah makanan yang berbahan dasar daging merah.

Daging mampu menghasilkan kreatinin bagi tubuh yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel otot.

Selain itu, kreatinin makanan juga dipercaya mampu mengganti lapisan kulit yang rusak akibat luka.

Daging merah juga menghasilkan zat besi yang berperan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk jaringan yang rusak.

Selain itu berbagai makanan sehat lain seperti biji-bijian dan kacang-kacangan serta sayuran hijau juga dapat menjadi makanan untuk mengobati luka bernanah.

Apabila luka bernanah tidak kunjung sembuh dan semakin parah, jangan ragu berkonsultasi menggunakan aplikasi panggil dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.