fbpx

Sering Berpergian Ke Luar Negeri? Ketahui Manfaat Vaksin Yellow Fever

Bagikan artikel ini

Manfaat vaksin yellow fever adalah mencegah seseorang terserang atau tertular penyakit yellow fever.

Yellow fever atau wabah demam kuning merupakan penyakit yang berasal dari Afrika kemudian menyebar ke Amerika Latin melalui perdagangan budak.

Virus yellow fever ditularkan oleh nyamuk, penyakit ini dapat mengakibat kerusakan hati, ginjal, jantung dan pencernaan, bahkan pada beberapa kasus dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Meskipun saat ini wabah kuning belum sampai di Indonesia, pemerintah tetap menyarankan agar masyarakat tetap waspada terhadap wabah demam kuning.

Salah satu upaya pencegahan penyakit ini adalah dengan pemberian vaksin yellow fever oleh dokter Medi-Call.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Wabah Demam Kuning (Yellow Fever)

Demam kuning merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui nyamuk spesies Aedes atau Haemogogus yang terinfeksi virus.

Penyakit yellow fever ditandai dengan gejala seperti demam mendadak, nyeri otot, nyeri punggung, mual, muntah.

Namun sekitar 15 persen penderita demam kuning akan mengalami pendarahan mulai dari mata, mulut, hidung, selain itu sakit kuning pada area kulit dan mata serta gangguan pada ginjal.

Sebagian individu dapat pulih pada fase pertama, namun ada beberapa individu semakin parah pada fase kedua.

Apabila kondisi pasien terus memburuk maka mereka akan memasuki fase berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian dalam kurung waktu kurang lebih 10 hingga 14 hari.

Penularan virus bermula dari gigitan nyamuk, kemudian dalam waktu 3 sampai 6 hari, virus ini akan menampakkan gejalanya.

Individu yang telah terinfeksi virus ini beresiko menularkan kepada individu lain melalui gigitan nyamuk, dan sebaliknya manusia ke hewan.

Manfaat Vaksin Yellow Fever

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, ada baiknya mendapatkan vaksin terlebih dahulu sebelum berpergian.

Hal ini berguna untuk melindungi diri dari tertular berbagai penyakit di tempat tersebut, saat ini sudah banyak jenis vaksing travelling yang bisa Anda dapatkan.

Salah satu contohnya adalah saat ini penyakit demam kuning telah menyebar di negara Afrika dan Amerika.

Oleh karena itu, saat mengunjungi negara-negara tersebut sebaiknya mendapatkan vaksin yellow fever terlebih dahulu untuk mencegah tertular penyakit demam kuning.

Pemberian vaksin yellow fever dapat mulai sejak usia 9 bulan hingga dewasa.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksinasi di Rumah Anda

Manfaat vaksin yellow fever adalah melindungi tubuh selama kurang lebih 10 tahun dari virus demam kuning.

Vaksin ini sangat dianjurkan untuk para pelancong, kru kapal, terutama pengunjung yang akan berkunjung ke negara endemis.

Kemudian, pemberian vaksin dapat dilanjutkan setelah 10 tahun bagi individu yang beresiko terserang virus yellow fever.

Untuk mendapatkan vaksinasi, Anda bisa menghubungi dokter Medi-Call terdekat ke rumah Anda.

Selain itu, manfaat vaksin yellow fever juga untuk menghambat penyebaran virus ke negara lain.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis ke Rumah Anda

Sebagian besar negara telah mewajibkan para pengunjung untuk memiliki ICV (International Certificate of Vaccination) sebagai bukti telah mendapatkan vaksin yellow fever dari dokter.

Selain pemberian vaksin pencegahan juga dapat dilakukan dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Adapun cara menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu saat tidur, penggunaan obat anti nyamuk, menguras air bak mandi, membuang air yang tergenang sebagai tempat nyamuk berkembang biak.

Demam kuning merupakan salah satu wabah penyakit yang berbahaya karena dapat menimbulkan resiko kematian bagi penderita.

Hingga saat ini belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi demam kuning, hanya dengan menjalani perawatan intensif untuk memantau cairan dan demam pasien.

Manfaat vaksin yellow fever dapat dirasakan hingga 10 tahun kedepan sejak pemberian vaksin, setelah jangka waktu tersebut sebaiknya dilakukan kembali pemberian vaksin.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.