Medi-Call

Mencegah Flu di Musim Hujan Dengan 3 Cara Berikut Ini

Bagikan artikel ini

Mencegah flu di musim hujan dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

Virus dan bakteri penyebab penyakit seperti influenza umumnya lebih mudah berkembang biak saat musim hujan.

Cuaca yang menjadi lebih dingin saat musim hujan dapat melemahkan sistem imun tubuh sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri. 

Selain itu, akibat turunnya hujan terus-menerus mengakibatkan orang-orang akan menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama di dalam ruangan.

Ini dapat meningkatkan kemungkinan tertular virus dan bakteri akibat sempitnya ruangan pergerakan saat Anda berada di dalam ruangan.

Virus dan bakteri terutama virus flu mudah menular melalui droplet kecil di udara sehingga apabila Anda berada di ruangan yang sama dengan penderita, maka berisiko tinggi terinfeksi virus flu.

Hidung berair, nyeri kepala, batuk, pilek, merasa lelah, dan menggigil merupakan gejala penyakit flu di musim hujan yang perlu diperhatikan.

Baca juga:  Tips Menyembuhkan Penyakit Flu di Musim Hujan

Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas dan tidak kunjung membaik setelah berhari-hari sebaiknya segera hubungi dokter.

Anda bisa menggunakan layanan konsultasi dokter di rumah sehingga tidak perlu pergi ke luar rumah terutama saat musim hujan dengan menggunakan aplikasi atau hubungi Call-Center 24 Jam.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Mencegah Flu di Musim Hujan

Umumnya penyakit flu dapat membaik setelah dua minggu, namun jika flu tidak kunjung membaik serta tidak mendapatkan perawatan yang tepat dapat menyebabkan komplikasi.

Komplikasi penyakit flu seperti pneumonia, diare, dehidrasi, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu penting untuk mencegah flu di musim hujan agar tidak menyebabkan komplikasi berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini beberapa cara mencegah flu di musim hujan yang perlu Anda ketahui:

 

  • Vitamin C

Cara mencegah penyakit flu di musim hujan yang pertama adalah dengan konsumsi vitamin C.

Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, leci, anggur, tomat dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Vitamin C juga mampu mempercepat penyembuhan gejala infeksi virus influenza seperti pilek, batuk dan kelelahan.

Selain dari buah dan sayur, vitamin C juga bisa didapatkan melalui suplemen atau suntik vitamin guna memenuhi kebutuhan vitamin harian agar tubuh tetap sehat serta mencegah flu di musim hujan.

Baca juga:  Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Anda bisa mendapatkan layanan suntik vitamin dengan dokter Medi-Call dengan menghubungi Call-Center 24 Jam dan juga melalui aplikasi Medi-Call.

 

  • Air hangat

Mandi air hangat setelah terkena hujan juga dapat menjadi cara mencegah flu di musim hujan.

Air hujan mengandung banyak kuman dan bakteri penyebab penyakit, selain itu suhu tubuh juga akan menurun drastis akibat terkena air hujan.

Mandi air hangat mampu membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh serta mengembalikan suhu tubuh yang menurun akibat air hujan.

Konsumsi air hangat dipadukan dengan teh, jahe serta madu juga mampu menjadi antioksidan dan antibakteri dalam tubuh sehingga mencegah flu di musim hujan.

 

  • Vaksin Flu

Mencegah flu di musim hujan yang terakhir adalah dengan vaksinasi flu.

Vaksinasi flu bisa didapatkan untuk semua usia mulai dari bayi hingga dewasa.

Pemberian vaksin flu tidak hanya mencegah infeksi virus flu tetapi juga berbagai macam penyakit lainnya akibat flu berkepanjangan serta mengurangi resiko penularan flu di lingkungan.

Vaksinasi flu bersama dokter Medi-Call di rumah bisa Anda dapatkan dengan aplikasi atau hubungi Call-Center 24 Jam.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Minum air putih delapan gelas setiap hari mampu meningkatkan kandungan air dalam tubuh yang berkurang akibat penurunan suhu serta mencegah flu di musim hujan.

Selain itu menggunakan masker dan membawa payung saat keluar rumah juga dapat melindungi diri Anda serta mencegah flu di musim hujan.

DMCA.com Protection Status