loader image

Kapan Orang Tua Anda Butuh Perawat Lansia di Rumah?

Butuh perawat lansia merawat orang tua Anda di rumah di sela-sela kesibukan Anda sehari-hari. Bagaimana mengetahui orang tua Anda membuthkan perawat lansia?Dengan adanya perawat lansia diharapkan untuk membantu orang tua dalam beraktivitas sehari-hari.Penurunan fungsi organ tubuh lansia seiring bertambahnya usia terkadang menghambat lansia dalam bergerak maupun beraktivitas.Sehingga tidak jarang butuh perawat lansia menjadi alternatif untuk membantu merawat orang tua Anda, seperti makan, membersihkan tubuh ataupun menemani lansia saat berobat atau terapi.Namun tidak semua perawat mampu melayani kegiatan sehari-hari lansia, dibutuhkan teknik tersendiri untuk menghadapi sikap lansia setiap harinya. 
Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda

Peranan Perawat Lansia

Perawat merupakan salah satu profesi yang menuntut seseorang mengabdikan diri untuk menjaga serta merawat kesehatan pasien dari berbagai usia.Pada umumnya, perawat bertugas merawat pasien yang sedang sakit di rumah sakit atau fasilitas kesehatan umum.Namun terdapat perawat yang merawat kelompok usia ataupun kebutuhan tertentu, seperti perawat lansia, perawat bayi atau baby care serta perawat luka.Umumnya butuh perawat lansia bekerja di panti jompo, namun pada beberapa kasus perawat lansia bekerja secara personal melayani satu orang lansia di rumah.Tugas utama perawat lansia adalah mengurus dan merawat segala keperluan lansia sehari-sehari seperti membantu membersihkan diri, menyuapi makanan dan minuman, serta beberapa membantu dalam terapi pengobatan suatu penyakit, seperti fisioterapi stroke. 
Baca juga:  Peran Perawat Home Care dalam Merawat Pasien Stroke
Pekerjaan perawat lansia tidaklah semudah yang dibayangkan.Hal ini dikarenakan lansia merupakan tahapan perkembangan usia yang memiliki karakteristik tertentu.Bagi perawat lansia diperlukan teknik komunikasi yang tepat untuk dapat mengurus segala keperluan sehari-hari para lansia.

Kapan Orang Tua Butuh Perawat Lansia?

Bagi orang tua lanjut usia curahan kasih sayang dari orang terdekat merupakan hal utama untuk memberikan motivasi menjalani sisa kehidupan.Sehingga butuh perawat lansia yang mampu memberikan kenyamanan saat melayani segala keperluan para lansia.Meskipun banyak orang lanjut usia yang masih sehat dan bugar.Namun ada juga lansia yang hanya dapat beraktivitas di atas kursi roda bahkan di atas kasur saja setiap harinya.Beberapa kondisi orang tua yang membutuhkan perawat lansia adalah :
  • Orang tua lanjut usia yang mengidap penyakit tertentu seperti stroke, maupun komplikasi penyakit lain yang mengakibatkan hanya dapat beraktivitas di atas kursi roda maupun kasur.

Kondisi tersebut membuat lansia tidak dapat membersihkan tubuh sendiri, kesulitan makan dan minum, dan butuh perawat lansia untuk menjadi teman berbicara.

  • Orang tua lanjut usia yang mengalami gangguan ingatan sehingga sering kali lupa pada hal penting, seperti lupa makan, minum obat ataupun pikun.
  • Ketika keluarga dekat sangat sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk mengurus lansia, maka butuh perawat lansia untuk menemani dan melayani kebutuhan harian lansia.
  • Orang lanjut usia yang kehilangan motivasi hidup dan rasa percaya diri butuh perawat lansia untuk memberikan pengarahan setiap harinya.

Perawat lansia sudah belajar mengenai teknik komunikasi yang tepat kepada para lansia.

layanan fisioterapi terdekat Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Semakin tua usia maka semakin banyak masalah yang dihadapi.Begitu juga dengan lansia yang membutuhkan layanan perawatan mulai dari kesehatan fisik, psikologis, sosial maupun spiritual. Sehingga pada beberapa kasus kesehatan orang lanjut usia butuh perawat lansia.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait