Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak yang Perlu Diketahui

Bagikan artikel ini

Infeksi virus dan bakteri adalah faktor utama penyebab radang tenggorokan pada anak yang perlu diperhatikan.

Radang tenggorokan merupakan rasa nyeri serta gatal di bagian tenggorokan sehingga membuat penderitanya mengalami suara yang serak, demam dan nafsu makan menurun.

Radang tenggorokan biasanya menyerang anak-anak umur lima tahun ke atas, ini disebabkan virus penyebab radang lebih jarang menyerang anak umur di bawah lima tahun.

Namun, apabila anak di bawah lima tahun terlihat tidak nafsu makan, menangis saat akan menyusui, ini juga merupakan gejala radang tenggorokan yang harus diperhatikan.

Umumnya radang tenggorokan merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Memberikan buah hati makanan hangat dan berkuah seperti sup serta konsumsi air minum yang banyak dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gatal akibat radang tenggorokan.

Baca juga:  Pilihan Makanan untuk Sakit Tenggorokan

Akan tetapi, jika radang tenggorokan tidak kunjung membaik setelah berhari-hari dan gejala semakin meningkat parah, ini mungkin gejala penyakit lain sehingga sebaiknya segera hubungi dokter 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak Medi-Call serta menggunakan layanan perawat bayi untuk membantu merawat bayi melalui aplikasi atau hubungi Call-Center Medi-Call 24 Jam.

baby care, baby care medi-call, jasa baby care, cari baby care, medi-call, medicall, perawat bayi, perawat bayi baru lahir, baby spa, baby massage, perawatan tali pusat, tali pusat bayi
Medi-Call: Layanan Baby Care Ke Rumah Anda

Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak

90% penyebab radang tenggorokan pada anak disebabkan oleh infeksi virus.

Sehingga minum atau makan makanan yang dingin seperti es krim bukanlah penyebab radang tenggorokan pada anak.

Berikut ini beberapa penyebab radang tenggorokan pada anak yang perlu diketahui:

 

  • Flu

Infeksi virus flu merupakan penyebab radang tenggorokan pada anak yang paling umum.

Radang tenggorokan adalah salah satu gejala infeksi virus flu. 

Biasanya radang tenggorokan akibat flu hanya berlangsung selama beberapa hari kemudian anak akan mendapatkan gejala baru yaitu batuk dan pilek.

 

  • Penyakit tangan kaki dan mulut

Enterovirus merupakan virus yang dapat mengakibatkan penyakit tangan kaki dan mulut penyebab radang tenggorokan pada anak.

Penyakit tangan kaki dan mulut lebih sering dikenal sebagai flu singapura adalah penyakit yang mudah menular serta rentan menyerang anak-anak.

Ruam di kulit tangan maupun kaki, luka melepuh pada area mulut, lidah, gusi dan tenggorokan adalah gejala penyakit tangan kaki dan mulut.

Penyakit tangan kaki dan mulut dapat menyebabkan dehidrasi, kejang hingga kehilangan kesadaran.

 

  • Radang faringitis

Radang faringitis adalah infeksi bakteri penyebab radang tenggorokan pada anak.

Penyakit ini umumnya menyerang anak umur lima sampai lima belas tahun. 

Penyakit radang faringitis memiliki gejala seperti radang tenggorokan, amandel bernanah, demam, sulit menelan serta pembengkakan pada kelenjar.

 

  • Bernapas dengan mulut

Apabila anak Anda tertidur dengan mulut terbuka saat tidur sehingga menyebabkannya bernapas menggunakan mulut, ini dapat menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak.

Umumnya anak akan merasakan sakit dan tidak nyaman setelah bangun tidur dan akan membaik setelah konsumsi makanan maupun minuman.

 

  • Infeksi virus corona

Infeksi virus corona juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak.

Infeksi virus corona ini menimbulkan gejala demam, pilek, batuk kering, sakit di tenggorokan dan lelah.

Namun diperlukan swab test atau rapid test untuk mengetahui apakah gejala radang tenggorokan yang dialami buah hati adalah infeksi virus corona.

Baca juga:  Apa Itu Rapid Swab Antigen

Ini disebabkan infeksi virus corona memiliki gejala yang hampir mirip dengan infeksi virus flu.

Anda bisa mendapatkan layanan swab atau rapid test dengan Tenaga Medis Medi-Call untuk keluarga Anda dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi.

Medi-Call: Rapid Swab Antigen ke lokasi Anda
Medi-Call: Rapid Swab Antigen ke lokasi Anda

Istirahat yang cukup, minum air kurang lebih delapan gelas per hari dapat membantu meringankan rasa nyeri akibat radang tenggorokan.

Selain itu selalu cuci tangan sebelum menyentuh benda atau muka untuk mengurangi risiko infeksi virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Medi-Call Perawat Bayi Baby Care 24 Jam ke Rumah