Bagikan artikel ini

Mengetahui apa itu rapid swab antigen penting khususnya untuk Anda yang akan melakukan perjalanan ke luar kota.

Pemerintah menetapkan peraturan untuk setiap warga yang ingin berpergian ke luar kota baik dengan transportasi darat, laut maupun udara untuk melakukan rapid swab antigen terlebih dahulu.

Rapid swab antigen dapat digunakan mendeteksi virus covid-19 dalam tubuh sebagai upaya pencegahan penularan virus di masyarakat.

Baca juga:  6 Cara Mencegah Penularan Virus Corona di Rumah

WHO (World Health Organization) telah menyetujui rapid swab antigen sebagai salah satu tes untuk mendeteksi virus covid-19 dalam tubuh.

Pemerintah mengatakan apa itu rapid swab antigen untuk masyarakat sebaiknya dilakukan paling lama tiga hari sebelum melakukan perjalanan.

Anda bisa mendapatkan apa itu rapid swab antigen di rumah bersama Tenaga Medis Medi-Call sehingga tidak perlu keluar rumah atau mengantre giliran tes yang dapat memperbesar kemungkinan terinfeksi virus.

Dapatkan layanan rapid swab antigen ke rumah Anda dengan menggunakan aplikasi atau hubungi Call-Center 24 Jam Medi-Call.

Medi-Call: Rapid Swab Antigen di rumah Anda
Medi-Call: Rapid Swab Antigen di rumah Anda

Apa Itu Rapid Swab Antigen

Rapid swab antigen adalah tes menggunakan antibodi yang diproduksi hewan untuk mencari protein yang tertanam dalam permukaan virus khususnya virus covid-19.

Umumnya rapid swab antigen digunakan untuk mendeteksi parasit penyebab penyakit pernapasan seperti influenza.

Apa itu rapid swab antigen dilakukan dengan menggunakan bantuan tenaga medis untuk mengambil sampel lendir bagian belakang hidung atau tenggorokan menggunakan kapas.

Kemudian kapas ini akan dimasukkan kedalam cairan untuk melarutkan lendir serta melepaskan virus.

Cairan tersebut lalu diletakkan di atas kaca objek untuk diteliti dan diberikan pewarna yang telah dimodifikasi menggunakan bahan kimia sehingga mudah terlihat.

Apabila sampel yang dimasukkan mengandung virus maka pewarna tersebut akan terlihat dalam cahaya fluoresen, semakin banyak antigen virus covid-19 maka pewarna yang terlihat akan semakin jelas.

Ini menandakan pasien telah terinfeksi virus corona.

Sebaliknya, jika pewarna tidak terlihat maka pasien tidak terinfeksi virus corona saat melakukan apa itu rapid swab antigen.

Apa itu rapid swab antigen memiliki kelebihan yaitu mudah serta cepat dilakukan.

Berbeda dengan tes PCR yang membutuhkan waktu maksimal empat hari untuk mendapatkan hasil tes.

Rapid swab antigen hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga puluh menit untuk mendapatkan hasil pemeriksaan.

Akan tetapi, apa itu rapid swab antigen juga memiliki kekurangan yaitu adanya kemungkinan tidak akurat.

Ini disebabkan rapid swab antigen membutuhkan kandungan protein virus yang cukup banyak untuk mendapatkan hasil positif.

Sehingga jika pasien mengalami infeksi tingkat rendah dan tidak mempunyai kandungan protein virus yang cukup banyak akan dinyatakan sebagai negatif atau tidak terinfeksi.

Perusahaan farmasi Quidel Corporation menyatakan bahwa setidaknya satu dari lima orang yang menjalani rapid swab antigen mengalami salah diagnosis dan dinyatakan tidak terinfeksi.

Sebaiknya, selalu melakukan social distancing, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama dua puluh detik, gunakan masker dan kurangi bepergian ke luar rumah.

Ini dapat membantu mengurangi penularan virus corona serta mencegah infeksi virus.

Medi-Call Rapid Test Virus Corona COVID-19, Medicall, Medi-Call
Medi-Call: Pesan Rapid Test Covid-19 di Lokasi Anda & Drive Thru

Melakukan rapid swab antigen serta tes PCR dapat membantu mendeteksi virus lebih akurat serta mengurangi penularan virus corona baik di lingkungan sekitar.

Tes PCR bisa dilakukan secara drive thru maupun di rumah bersama dokter dan perawat Medi-Call melalui Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Layanan Home Care Corona Medi-Call
Layanan Dokter ke Rumah