Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh

Bagikan artikel ini

Daya tahan tubuh yang melemah, infeksi bakteri serta tidak menghabiskan antibiotik merupakan penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

Radang tenggorokan adalah rasa nyeri, gatal dan kering di tenggorokan akibat infeksi virus dan bakteri dalam tubuh.

Alergi, udara yang kering, polusi udara, berbicara terlalu keras dan tanpa henti juga dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Anak-anak usia dua hingga lima belas tahun merupakan yang paling rentan mengalami radang tenggorokan akibat infeksi bakteri mudah menyerang anak-anak pada usia tersebut.

Baca juga:  Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak yang Perlu Diketahui

Radang tenggorokan umumnya dapat membaik dengan sendirinya setelah tujuh hari.

Namun apabila Anda mengalami susah makan, sesak nafas, demam, ada darah dalam dahak, dan tidak kunjung membaik setelah seminggu, ini mungkin gejala penyakit lainnya sebaiknya hubungi dokter.

Anda bisa mendapatkan layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah untuk konsultasi mengenai kesehatan tenggorokan dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh

Dilansir dari Healthline, anak-anak yang sering mengalami radang biasanya memiliki sifat genetik dalam tubuh yang membuatnya sulit melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan.

Ini merupakan salah satu penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

Berikut beberapa penyebab radang tenggorokan sering kambuh yang perlu diketahui:

 

  • Resisten terhadap antibiotik

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga penderita membutuhkan antibiotik untuk membunuh bakteri dalam tubuh.

Akan tetapi beberapa bakteri penyebab radang tenggorokan sering kambuh memiliki resisten terhadap antibiotik atau tidak dapat dibunuh oleh antibiotik.

Ini menyebabkan bakteri penyebab radang masih hidup dalam tubuh sehingga menjadi penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

Tidak menghabiskan antibiotik yang diresepkan sebelumnya saat Anda mengalami radang juga dapat menyebabkan resistensi antibiotik.

Baca juga:  Kenali 6 Penyakit Penyebab Sakit Tenggorokan saat Menelan

Resistensi antibiotik akibat tidak menghabiskan antibiotik mengakibatkan bakteri dalam tubuh tidak sepenuhnya mati dan membentuk perlindungan diri dari obat yang telah diberikan.

Oleh karena itu sebaiknya menghabiskan antibiotik bila sudah diresepkan dokter.

 

  • Infeksi bakteri

Infeksi bakteri juga merupakan penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

Bakteri penyebab radang mungkin menempel di berbagai peralatan sehari-hari seperti sikat gigi, handuk, bantal dan masih banyak lagi.

Sehingga apabila Anda tetap melakukan kegiatan menggunakan alat-alat tersebut, besar kemungkinan bakteri penyebab radang akan kembali menginfeksi.

Ini dapat menjadi penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

 

  • Daya tahan tubuh lemah

Apabila Anda mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga imun tubuh melemah dapat menjadi penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

Daya tahan tubuh yang lemah dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam membunuh bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga terjadi infeksi.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang mudah menular melalui sentuhan tangan serta droplet kecil di udara, oleh karena itu jika daya tahan tubuh sedang rendah akan mudah tertular.

vitamin c di rumah, vitamin c, infus di rumah, pasang infus di rumah, infus vitamin c, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Infus dan Vitamin di Rumah Anda

Sebaiknya bersihkan peralatan sehari-hari seperti handuk, sikat gigi, remot, dan masih banyak lagi untuk mencegah bakteri menempel.

Selalu cuci tangan terutama setelah batuk dan sebelum makan guna mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh.

Konsumsi makanan kaya akan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah radang tenggorokan.

Vitamin C juga bisa didapatkan dalam bentuk suntik guna memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Dapatkan layanan suntik vitamin C di rumah dengan dokter Medi-Call bisa didapatkan dengan aplikasi atau menghubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Rapid test covid-19, Medicall, Medi-Call, Corona