Medi-Call

Cara Perawatan Luka Abses Payudara

Bagikan artikel ini

Perawatan luka abses payudara sangat dibutuhkan guna mencegah luka menjadi infeksi dan tidak menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan ibu dan Buah Hati.

Abses payudara atau biasa disebut sebagai bisul payudara umumnya terjadi pada ibu menyusui atau wanita yang baru saja melahirkan.

Namun wanita yang tidak memperhatikan kebersihan payudara dengan benar, obesitas, serta memiliki penyakit tertentu juga dapat terkena abses payudara.

Abses payudara merupakan timbulnya benjolan yang berisi nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk melalui puting susu.

Baca juga:  Selain Karena Menyusui Berikut Penyebab Abses Payudara pada Wanita

Tersumbatnya aliran ASI, timbul luka di payudara, diabetes, merokok serta memakai bra terlalu sempit merupakan faktor penyebab terjadinya abses payudara.

Gejala abses payudara antara lain keluarnya cairan pada puting susu, kemerahan pada kulit, nyeri di area payudara, mual serta sakit kepala.

Apabila Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya segera menghubungi dokter Medi-Call datang ke rumah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Perawatan Luka Abses Payudara

Abses payudara yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan, kegagalan organ serta sepsis yaitu infeksi pada darah.

Sehingga penting mendapatkan perawatan luka abses payudara untuk mencegah komplikasi serta membuat luka menjadi cepat kering dan sembuh.

Berikut ini beberapa cara perawatan luka abses payudara yang bisa dilakukan di rumah:

 

  • Menyusui

Menyusui atau mengeluarkan ASI dapat menjadi cara perawatan luka abses payudara.

ASI yang masih tertahan di dalam payudara dapat menyebabkan tersumbatnya aliran susu serta pembengkakan payudara.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas ASI, Berikut adalah Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui

Oleh karena itu meskipun terasa tidak nyaman, kegiatan menyusui atau mengeluarkan ASI sebaiknya dilakukan guna mengurangi pembengkakan.

Sebaiknya menggunakan bagian payudara yang tidak sakit untuk memberikan ASI pada Buah Hati guna mengurangi risiko penularan infeksi.

Selain itu, Anda dapat melakukan pompa ASI kurang lebih dua jam sekali untuk membantu mengeluarkan ASI dari payudara.

Swab Antigen Test Medi-Call
Medi-Call: Layanan Swab Antigen di Lokasi Anda

 

  • Menggunakan pelembab

Menggunakan pelembab di area payudara juga merupakan cara perawatan luka abses payudara.

Mengoleskan pelembab di area payudara dapat membantu mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah sehingga bakteri tidak dapat masuk untuk menginfeksi.

Sebaiknya memberikan pelembab sesudah Buah Hati menyusui agar tidak merubah rasa ASI.

 

  • Kompres

Cara perawatan luka abses payudara lainnya adalah kompres.

Ibu dapat bergantian melakukan kompres air hangat maupun air dingin pada area payudara untuk mempercepat luka abses payudara sembuh.

Kompres payudara dengan handuk yang sudah direndam ke air hangat sebelum menyusui untuk membantu meredakan nyeri.

Selain itu kompres payudara dengan air dingin setelah menyusui untuk memberikan rasa nyaman pada ibu serta mengurangi pembengkakan.

Sebaiknya hindari kompresi dengan air dingin sebelum menyusui karena dapat memperlambat aliran ASI.

Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda

Perawatan luka abses payudara sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar agar memberikan rasa nyaman serta luka menjadi cepat kering.

Jasa perawat luka Medi-Call dapat datang ke rumah dan membantu merawat, membersihkan luka, memberi antibiotik sehingga luka abses payudara cepat sembuh dan kering.

Pemesanan perawat luka Medi-Call dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau menghubungi Call-Center 24 Jam.

DMCA.com Protection Status