Medi-Call

Penyebab dan Tips Atasi Sakit Punggung pada Ibu Hamil

Bagikan artikel ini

Sakit punggung pada ibu hamil merupakan gejala yang sering terjadi pada masa kehamilan dan juga tanda bahwa Buah Hati sedang berkembang.

Pada masa kehamilan, hormon akan membuat perubahan pada ligamen tubuh menjadi lebih lembut dan meregang secara alami, ini terjadi untuk memudahkan ibu hamil saat persalinan nanti.

Adanya perubahan pada ligamen ini menyebabkan ketegangan pada sendi bagian punggung serta pada bawah panggul dan membuat ibu hamil mengalami nyeri punggung.

Selain itu, adanya peningkatan berat badan pada Buah Hati di dalam janin serta pembesaran pada rahim sehingga terjadi penekanan pembuluh darah dan saraf di area punggung.

Baca juga:  Cara Meredakan Mual Saat Hamil, Mudah dan Efisien!

Tidak hanya berat badan bayi yang meningkat, tetapi juga berat badan ibu hamil, ini mengakibatkan tulang punggung harus menopang semua kenaikan berat tersebut sehingga punggung terasa nyeri.

Meskipun sakit punggung pada ibu hamil adalah yang sering terjadi, namun dapat menyebabkan nyeri yang cukup parah serta ketidaknyamanan dan jika tidak ditangani dengan tepat berpotensi mempengaruhi ibu hamil serta Buah Hati.

Oleh karena itu, jika ibu hamil terus-menerus merasakan nyeri di punggung dan semakin parah saat bergerak sebaiknya hubungi bidan Medi-Call ke rumah untuk pijat relaksasi kurangi sakit punggung.

Medi-Call menyediakan layanan mom massage atau pijat khusus ibu hamil dengan bidan berpengalaman Medi-Call di rumah Anda. Pesan sekarang melalui Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Sakit Punggung pada Ibu Hamil

Sakit punggung pada ibu hamil biasanya terjadi pada semester pertama dan kedua kehamilan dan nyeri akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri sakit punggung pada ibu hamil di rumah.

Berikut ini tips cara mengurangi rasa sakit punggung pada ibu hamil di rumah agar ibu terasa nyaman:

 

  • Postur tubuh yang baik

Melakukan latihan agar mendapat postur tubuh yang baik merupakan salah satu cara kurangi sakit punggung pada ibu hamil.

Saat masa kehamilan, pusat gravitasi ibu akan cenderung menjadi lebih maju ke depan akibat pertumbuhan bayi.

Berdiri dengan tegak dapat mengurangi risiko ibu jatuh ke depan dan mengurangi nyeri.

Selain itu merilekskan bahu ibu dan memastikannya tetap ke arah belakang dapat membuat ibu mendapatkan postur tubuh yang baik.

Saat mengambil barang di lantai sebaiknya menekuk lutut dan jaga postur punggung agar tetap lurus.

Ibu hamil juga bisa memberi bantal di punggung saat sedang duduk maupun bersantai guna menjadi postur tubuh agar tidak nyeri punggung.

Layanan Home Care Corona Medi-Call
Medi-Call: Layanan Home Care Corona di Rumah Anda

 

  • Posisi tidur yang baik

Mendapatkan posisi tidur yang baik juga menjadi cara kurangi sakit punggung pada ibu hamil.

Ibu hamil sebaiknya tidur dengan posisi miring dan kedua lutut ditekuk untuk mengurangi nyeri di punggung.

Sebaiknya juga letakkan bantal di bawah perut dan di belakang punggung untuk menopang tubuh ibu saat tidur.

Baca juga:  Terapi Latihan pada Nyeri Punggung Bawah, Mudah dan Efektif

 

  • Terapi fisik

Melakukan terapi fisik seperti peregangan maupun latihan juga dapat menjadi cara mengatasi sakit punggung pada ibu hamil.

Peregangan punggung bagian bawah, membulatkan punggung merupakan jenis-jenis peregangan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk kurangi nyeri.

Namun sebaiknya terapi fisik ini dilakukan bersama dengan fisioterapis profesional agar mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama terapi.

Saat ini, fisioterapis Medi-Call dapat melakukan terapi fisik untuk kurangi sakit punggung pada ibu hamil di rumah dan dipesan melalui Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda

Selain itu ibu hamil juga sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman dan tidak memiliki heels untuk mendapatkan postur yang baik serta mengurangi nyeri di punggung.

Mandi dengan air hangat juga dapat merilekskan tubuh sehingga mengurangi nyeri punggung.

DMCA.com Protection Status