Waspadai Bahaya Wabah Meningitis yang Sering Dianggap Flu

Share Artikel Ini

Meningitis merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang harus diwaspadai. Gejala penyakit ini mungkin dianggap sebagai penyakit flu, namun Anda tetap harus mewaspadainya karena bisa mengakibatkan kematian.

Meningitis disebabkan oleh beragam virus, bakteri maupun jamur yang dapat menyerang selaput otak dan saraf tulang belakang, bahkan akibat paling fatal menyebabkan kematian.

Gejala yang ditimbulkan infeksi ini tidak sama pada setiap orang, bergantung pada beberapa faktor seperti usia serta jenis penyebabnya.

Infeksi ini dapat menyerang segala usia meskipun hampir sebagian besar diderita oleh anak-anak.

Wabah penyakit yang tergolong akut sangat sulit untuk sembuh sehingga dapat menyebabkan buta, tuli maupun lumpuh.

Bahkan apabila penyakit ini telat mendapatkan penanganan maka dapat menimbulkan kematian.

Meningitis

Meningitis adalah infeksi menular disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur yang menyerang meninges, yaitu lapisan tipis pada selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Penularan infeksi dapat melalui udara yang menyebarkan cairan mengandung virus, bakteri maupun jamur dari tenggorokan dan hidung.

Infeksi ini dapat ditularkan langsung oleh manusia maupun binatang melalui jalur pernapasan.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kematian yang memerlukan penanganan khusus oleh dokter.

Pada umumnya penyakit yang menyerang meninges ini diderita anak- anak, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang orang dewasa.

Salah satu upaya pencegahannya adalah dengan melakukan vaksin meningitis.

Gejala Meningitis

Gejala penyakit ini yang ditampilkan setiap individu berbeda. Hal ini dapat disebabkan karena faktor usia.

Namun, ada beberapa gejala awal yang dapat dikenali untuk mendiagnosa penyakit ini, antara lain :

  • Demam tinggi diatas 38 derajat celcius dengan kaki dan tangan terasa dingin;
  • Sakit kepala parah;
  • Kejang-kejang;
  • Sensitif terhadap cahaya;
  • Lemah dan mengantuk;
  • Nafsu makan menurun;
  • Ruam merah pada kulit.

 

Bahaya Wabah Meningitis

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit saraf yang dapat berakibat fatal pada kematian yang dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dikenal dengan istilah viral meningitis, umumnya dapat sembuh total dalam rentang waktu selama 2 minggu dengan gejala seperti flu.

Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh bakteri merupakan hal yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan peradangan saraf.

Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis (meningococcus), Listeria monocytogenes.

Wabah meningitis merupakan hal yang harus diwaspadai karena merupakan masalah utama bagi penderita, antara lain :

  • Wabah meningitis pada anak umumnya disebabkan oleh bakteri Haemophyllus influenzae tipe B atau Hib B yang dapat berakibat fatal menyebakan kematian pada bayi. Adakalanya bayi yang terserang bakteri ini tidak terdeteksi karena gejala yang ditampilkan sama seperti gejala flu, oleh sebab itu perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh dokter untuk memberikan penanganan maksimal. Pelu diketahui apabila bayi atau anak sembuh dari meningitis dapat menyisakan gangguan mental maupun cacat fisik.
  • Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh bakter dari gigi yang membusuk, makanan yang tidak sehat serta kondisi kekebalan tubuh yang menurun dapat berakibat radang otak.
  • Penyakit ini dapat merusak selaput otak. Perlu diketahui sel otak yang rusak tidak dapat diperbarui, sehingga dapat menyebabkan buta, tuli serta lumpuh.
  • Penyakit ini dapat mengakibatkan TBC, infeksi telinga atau sinusitis. Hal ini disebabkan bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus) mengalir melalui aliran darah hingga sampai ke otak yang dapat menyebabkan peradangan.
  • Penyakit ini yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes (listeria) yang dapat ditemukan pada makanan berbahan dasar daging atau keju. Meskipun bakteri ini umumnya menyerang ibu hamil maupun bayi yang memiliki sistem imun rendah.
  • Meningitis yang disebabkan jamur dapat menyerang orang dengan daya tahan tubuh rendah seperti penderita HIV/AIDS dan kanker. Apabila tidak segera diobati penyakit ini dapat berbahaya bagi penderita.

 

Walaupun gelaja penyakit ini terlihat berbeda-beda setiap orang dan cenderung terlihat seperti penyakit flu, seperti yang terjadi pada bayi.

Namun, penyakit ini patut untuk diwaspadai oleh setiap orang, termasuk anak kecil.

Jika Anda atau anggota keluarga memiliki gejala-gelaja penyakit meningitis, segera berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.