Berikut Cara Menghilangkan Tremor Dengan Olahraga di Rumah

Bagikan artikel ini

Cara menghilangkan tremor dengan olahraga di rumah dapat membantu meningkatkan kekuatan tangan sehingga menangani getaran pada tangan.

Tangan tiba-tiba gemetar atau sering disebut sebagai tremor merupakan adanya gangguan fungsi pada sistem saraf.

Kerusakan pada otak serta degeneratif juga menjadi penyebab terjadinya tremor pada seseorang.

Tremor dapat menyerang kapan pun, baik saat sedang beristirahat, sedang marah, sedih maupun stres.

Tremor bukanlah penyakit yang mengancam nyawa, akan tetapi ini merupakan gejala dari berbagai macam penyakit seperti parkinson, diabetes, gangguan kecemasan dan gula darah rendah.

Baca juga:  Waspada penyebab tremor tangan pada usia muda

Selain tremor dapat terjadi di bagian tubuh lain tidak hanya di tangan seperti di kaki, kepala dan pita suara.

Rasa gemetar akibat tremor akan semakin parah dan semakin sering menyerang apabila tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Anda bisa mendapatkan layanan dokter Medi-Call di rumah Anda dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Cara Menghilangkan Tremor Dengan Olahraga

Ada banyak cara menghilangkan tremor dengan olahraga tergantung dari penyebab tremor pada pasien.

Untuk pasien yang memasuki usia lanjut, cara menghilangkan tremor dengan olahraga adalah latihan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

Melemahnya otot akibat penuaan merupakan salah satu faktor penyebab tremor pada lansia.

Lansia yang mengalami tremor dapat melakukan olahraga ringan seperti yoga atau pemanasan.

Baca juga:  Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Lansia Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara menghilangkan tremor dengan olahraga untuk lansia juga dapat berupa meletakkan air pada gelas kemudian ditaruh di atas telapak selama beberapa menit.

Ini dapat membantu meningkatkan kekuatan tangan sehingga mengurangi rasa gemetar akibat tremor.

Untuk pasien yang mengalami tremor akibat stres, cara menghilangkan tremor dengan olahraga adalah latihan yang mampu membantu meredakan stres, menyegarkan tubuh dan pikiran.

Saat mengalami stres, fisik dan pikiran Anda akan merasa sangat lelah sehingga menyebabkan tremor di beberapa bagian tubuh khususnya tangan.

Berolahraga di pagi hari seperti berjalan kaki, yoga, pilates dan masih banyak lagi dapat membantu merilekskan otot-otot tubuh sehingga mengurangi stres penyebab tremor.

Anda juga mendapatkan terapi pijat untuk merilekskan anggota-anggota tubuh yang kaku akibat stres sehingga mood akan lebih baik.

Untuk pasien yang mengalami tremor akibat gangguan kecemasan, cara menghilangkan tremor dengan olahraga adalah latihan pernapasan dan meningkatkan cara kerja paru-paru.

Saat mengalami gangguan kecemasan, pasien umumnya kesulitan bernapas.

Kesulitan bernapas ini dapat membuat pasokan oksigen ke otot-otot tangan berkurang sehingga tangan akan mengalami gemetar yang tak terkendali.

Latihan pernapasan seperti menarik lalu mengeluarkan nafas dengan teratur, aerobik dan yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan serta mengurangi kesulitan bernapas saat terjadi gangguan kecemasan.

Selain untuk cara menghilangkan tremor dengan olahraga untuk pasien-pasien di atas, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas fisik sebagai cara menghilangkan tremor dengan olahraga.

fisioterapi jakarta, fisioterapis, terapi orang tua, terapi stroke, terapi jakarta, terapi di rumah, panggil terapi di rumah, medi-call, medicall, fisioterapi stroke, fisioterapi untuk stroke, peran fisioterapi, fisioterapi, fisioterapis, terapi
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda

Aktivitas fisik seperti meletakkan benda ringan di atas telapak tangan selama beberapa menit dapat meningkatkan kekuatan otot.

Atau melatih genggaman tangan dengan bola karet di tangan juga dapat mengurangi tremor.

Latihan fisik untuk menghilangkan tremor sebaiknya dilakukan dengan pengawasan fisioterapis profesional untuk mengurangi resiko cedera serta agar mendapatkan latihan yang sesuai dengan kondisi fisik pasien.

Anda bisa menggunakan jasa fisioterapis ke rumah untuk membantu meringankan tremor dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau melalui aplikasi.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Rapid test covid-19, Medicall, Medi-Call, Corona