Rahasia Pengobatan Cedera Tulang Belakang Selain Operasi

Anda mengalami cedera tulang belakang? Benarkah pengobatannya adalah hanya dengan operasi? Temukan jawabannya di sini!Tulang belakang merupakan struktur penting yang tersusun dari 33 tulang yang saling terhubung.Fungsi tulang belakang adalah untuk melindungi sumsum tulang belakang dan saraf, serta menopang tubuh dan memungkinkan gerakan. Cedera tulang belakang dapat memengaruhi bagian punggung mana pun, namun  paling sering terjadi di punggung bagian bawah. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami cedera tulang belakang.Mulai dari keseleo, tegang, disc hernia, patah tulang belakang, kanker tulang, radang sendi dan infeksi tulang belakang.Tingkat keparahan cedera tulang belakang dapat bervariasi, bergantung pada penyebab cedera dan kerusakan yang terjadi. Kebanyakan cedera tulang belakang bisa menjadi sangat menyakitkan tetapi akan membaik dalam beberapa hari hingga minggu.Gejala cedera tulang belakang antara lain, nyeri serta mati rasa di bagian punggung, leher dan kaki.Kesulitan berjalan, kesulitan menjaga keseimbangan dan sulit bernapas juga menjadi gejala cedera tulang belakang.Beberapa pasien cedera tulang belakang juga akan kehilangan kontrol di kandung kemih atau usus.
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Cedera Tulang Belakang dan Cara Mengobatinya

Pengobatan cedera tulang belakang tergantung pada lokasi dan tingkat keparahan cedera. Kebanyakan cedera punggung ringan akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 6 minggu.Tidak semua pengobatan cedera tulang belakang perlu melakukan operasiOperasi memiliki banyak manfaat, namun biasanya dianggap sebagai upaya terakhir setelah pilihan yang lebih konservatif telah habis.Berikut ini beberapa pengobatan cedera tulang belakang tanpa pembedahan yang bisa Anda lakukan:
  • Istirahat

Istirahat di tempat tidur atau penggunaan penyangga leher atau punggung mungkin diperlukan untuk membantu tulang belakang sembuh.

  • Meditasi

Mengalami cedera di bagian tulang belakang dapat menjadi sangat melelahkan secara fisik dan emosional. 

Untuk mengatasinya pasien bisa melakukan meditasi atau yoga untuk meningkatkan kendali sadar Anda atas sistem saraf dan mengurangi kelelahan secara emosional yang kerap terjadi.

  • Obat-obatan

Obat pereda nyeri, obat anti inflamasi, dan steroid dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan saat cedera tulang belakang.

  • Terapi fisik

Terapi fisik adalah dasar pengobatan cedera tulang belakang karena dapat membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi.

Akan tetapi latihan yang dilakukan harus disesuaikan dengan gejala, kondisi, dan tingkat kenyamanan pasien.

  • Perubahan pola makan

Beberapa pola makan bersifat sangat inflamasi sehingga memperparah cedera, terutama yang tinggi lemak trans, gula rafinasi, dan makanan olahan.

Mempertahankan berat badan yang sehat juga dapat membantu tekanan pada tulang belakang Anda sehingga rasa sakit juga akan berkurang.

  • Rehabilitasi

Rehabilitasi jangka panjang mungkin diperlukan untuk membantu pasien mendapatkan kembali fungsi dan kemandirian.

  • Gaya hidup yang sehat

Beristirahatlah setelah melakukan pekerjaan berat dan cobalah minta bantuan saat membawa benda yang berat serta banyak seperti belanjaan.

Catat aktivitas yang memperburuk rasa sakit Anda dan hindari aktivitas tersebut, jika memungkinkan.

Kemudian lakukan lebih banyak lagi aktivitas yang nyaman dan tidak membebani tulang punggung Anda.

Apakah Patah Tulang Bisa Sembuh Sendiri Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Pengobatan untuk cedera di bagian tulang belakang seperti terapi fisik tidak boleh sembarangan dilakukan.Karena jika salah, maka dapat memperparah cedera dan berakibat fatal.Salah satu cara aman untuk mengobati cedera adalah dengan melakukan terapi fisik bersama dengan fisioterapis.Fisioterapis dapat memberikan gerakan terapi yang sesuai dengan kemampuan Anda sehingga memudahkan saat bergerak.Fisioterapis juga bisa mengawasi dan menjaga pasien dengan baik sehingga mengurangi risiko jatuh maupun cedera lebih parah.Medi-Call mempunyai layanan fisioterapis datang ke rumah untuk memberikan terapi fisik kepada pasien.Cukup dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call. 
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip