Apa Efek Samping Suntik Vitamin C Untuk Memutihkan Kulit?

Bagikan artikel ini
  • 4
    Shares

Suntik vitamin C untuk memutihkan kulit menjadi salah satu perawatan yang banyak menjadi pilihan para wanita, karena kecantikan merupakan aset  yang berharga.

Warna kulit dapat dikatakan menjadi salah satu tolak ukur untuk kecantikan, warna kulit yang putih dan bersih menjadi dambaan banyak wanita.

Jenis warna kulit seperti ini  banyak diminati karena selain ingin terlihat cantik, kulit yang cerah dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Oleh karena itu banyak wanita yang rela melakukan apa saja untuk tampil cantik.

Tidak hanya kaum wanita, sebagian pria juga merasa lebih percaya diri ketika memiliki kulit bersih dan cerah.

Oleh karena itu baik pria maupun wanita melakukan berbagai macam usaha dalam perawatan kulit.

Salah satunya dengan mengunjungi salon kecantikan atau ke dokter kulit terdekat untuk mendapatkan kecantikan yang diinginkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah, antara lain menggunakan krim wajah, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau melalui terapi suntikan.

Suntik vitamin C yang aman tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena perlu di konsultasikan terlebih dahulu dan prakteknya pun harus dilakukan oleh dokter.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Pemberian obat kecantikan melalui suntikan ternyata dapat memberikan efek yang lebih cepat dibandingkan melalui krim wajah ataupun obat oral.

Namun apabila vitamin C dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Manfaat vitamin C  terkenal memiliki khasiat yang besar dalam daya tahan tubuh manusia, namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi dibidang medis, vitamin C mulai digunakan untuk program kecantikan kulit.

Vitamin C sendiri dapat diperoleh dari asupan makanan maupun dalam bentuk obat-obatan, adapun peranan penting vitamin C dalam kecantikan kulit, antara lain:

  • Membantu pertumbuhan kolagen,
  • Menjaga kelenturan, kelembaban kulit,
  • Antioksidan dari pengaruh negatif rokok, iklim, sinar matahari, dan lainnya,
  • Berperan dalam mencerahkan kulit.

Kulit merupakan bagian pada tubuh yang memiliki peranan penting dan berfungsi sebagai pelindung organ dalam dari rangsangan luar maupun radiasi.

vitamin c di rumah, vitamin c
Medi-Call: Layanan Vitamin di Rumah Anda

Kesehatan kulit menjadi perhatian khusus bagi banyak orang, karena dengan kulit yang bersih dan terlihat segar akan memancarkan aura kecantikan.

Begitupula dengan warna kulit putih yang bagi sebagian orang merupakan keharusan yang harus dimiliki.

Warna kulit individu ditentukan oleh 4 pigmen, namun pigmen melanin memiliki peranan besar dalam menentukan warna kulit.

Suntik vitamin C untuk memutihkan kulit harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Hal ini dikarenakan pemberian dosis suntik vitamin C kepada pasien diseusaikan berdasarkan usia dan jenis kelamin serta memperhatikan riwayat kesehatan pasien tersebut.

Dampak Suntik Vitamin C untuk Memutihkan Kulit

Vitamin C sudah terbukti memiliki peranan dalam kecantikan kulit, terutama dalam mencerahkan warna kulit.

Kulit cerah cenderung putih merupakan impian para wanita maupun pria.

Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan warna kulit putih.

Salah satunya dengan suntik vitamin C untuk memutihkan kulit.

Adapun dampak suntik vitamin C untuk memutihkan kulit apabila dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai prosedur kesehatan, antara lain:

  • Masalah Pencernaan

Vitamin C dapat menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare, apabila dikonsumsi berlebihan oleh tubuh. Hal ini disebabkan iritasi yang terjadi pada usus.

  • Gangguan Ginjal

Sebagian besar vitamin C akan diolah oleh tubuh menjadi oksalat. Oksalat dapat mengakibatkan batu ginjal.

  • Ketergantungan

Apabila suntik vitamin C untuk memutihkan kulit digunakan dalam jangka panjang, maka dapat mengakibatkan ketergantungan.

  • Keguguran bagi Ibu Hamil

Di awal masa kehamilan, vitamin C dengan dosis tinggi dapat menghambat produksi hormon progesteron sehingga dapat mengakibatkan keguguran.

  • Keracunan Zat Besi dalam Darah

Vitamin C dapat menambah absorpsi besi, sehingga apabila dikonsumsi berlebihan pada penderita gangguan kelebihan zat besi dalam darah dapat mengakibatkan keracunan.

Suntik vitamin C merupakan upaya untuk mendapatkan warna kulit lebih cerah dengan proses yang cepat.

Biasanya suntik vitamin C harus dilakukan oleh dokter, dengan begitu dosis vitamin C dapat disesuaikan dengan riwayat kesehatan pasien, usia dan jenis kelamin.

Meskipun suntik vitamin C untuk memutihkan kulit terbukti efektif, namun apabila tidak dilakukan dengan prosedur dan penggunaan dosis yang tepat dapat membahayakan pasien.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.