Pertolongan pertama pada tamu hotel yang sakit hendaknya menjadi salah satu fasilitas hotel.Mengingat hotel sebagai salah satu tempat penginapan favorit ketika melakukan perjalanan jauh, tidak menutup kemungkinan tamu dapat menghadapi situasi buruk saat menginap. Sakit mendadak seperti keracunan makanan, alergi, serangan jantung, flu merupakan salah satu situasi yang umum terjadi pada seseorang secara tiba-tiba.Maka dari itu, pihak manajemen hotel hendaknya tidak hanya memperhatikan fasilitas untuk hiburan namun, juga perlengkapan medis seperti dengan menyediakan kotak P3K dll.
Penyakit yang Sering Menyerang Tamu Hotel
Banyak tamu hotel datang untuk berlibur hingga beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh dari berbagai tempat.Hal ini menyebabkan tamu berisiko terjangkit penyakit sehingga pihak hotel harus memiliki tim medis untuk memberikan pertolongan pertama pada tamu hotel yang sakit.Adapun beberapa penyakit yang dapat menyerang tamu hotel seperti:- Diare atau muntah, disebabkan karena keracunan makanan akibat konsumsi makanan dari dalam atau luar hotel
- Alergi, dapat menyerang sebagian orang yang sensitif terhadap zat tertentu seperti debu.
- Kulit, beberapa masalah kulit dapat menyerang tamu hotel karena menggunakan beberapa barang bersama seperti seprai hingga handuk hotel dll.
Pertolongan Pertama Pada Tamu Hotel Yang Sakit
Ketika ada tamu hotel tiba-tiba sakit, pihak hotel harus segera memberikan pertolongan pertama untuk mengurangi resiko fatal kepada penderita. Beberapa pertolongan pertama pada tamu hotel yang sakit, antara lain:- Memberikan ruangan khusus untuk mendapatkan pertolongan pertama
Salah satu fasilitas yang perlu disedikan oleh manajemen hotel adalah tersedianya klinik kesehatan di tempat tersebut.
Sehingga ketika ada tamu yang tiba-tiba sakit bisa dimendapat pertolongan pertama sebelum petugas medis datang.
- Menyediakan berbagai obat-obatan tertentu
Obat-obatan umum untuk meredakan gejala penyakit dapat sangat membantu tamu hotel untuk mengatasi sakit mendadak ketika sedang menginap.
- Telepon bantuan
Setelah mendapat pertolongan pertama, segera panggil ambulan untuk membawa ke rumah sakit terdekat. Atau panggil bantuan tenaga medis ke lokasi pasien dengan melalui aplikasi Medi-Call.
- Menyediakan kendaraan darurat
Pihak hotel juga dapat menyediakan kendaraan darurat untuk digunakan ketika ada tamu hotel yang sakit guna mendapatkan pertolongan dari rumah sakit terdekat.
Ketika hendak menginap di hotel, para tamu dengan riwayat penyakit tertentu sebaiknya telah menyiapkan obat-obatan tertentu. Selain itu, pihak hotel juga harus berupaya secara maksimal dalam memberikan layanan kepada tamu hotel. Tidak hanya dalam perihal fasilitas penginapan namun, juga dilengkapi dengan layanan pertolongan pertama pada tamu hotel yang sakit mendadak.Apabila Anda membutuhkan jasa pemeriksaan dan konsultasi dokter yang terdekat dengan lokasi berlibur, segera akses melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call Center.