Medi-Call

Tugas Perawat Bayi untuk Bantu Ibu Beristirahat Pasca Melahirkan 

Bagikan artikel ini

Tugas perawat bayi memerlukan kesabaran, ketelitian dan kebersihan agar Buah Hati menjadi nyaman serta dapat membantu ibu beristirahat.

Ibu membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat agar membantu penyembuhan tubuh pasca melahirkan.

Kondisi tubuh yang mudah lelah serta adanya aktivitas menyusui setiap dua jam sekali membuat ibu merasa lelah tidak hanya secara fisik namun juga mental.

Adanya perubahan hormon pasca melahirkan juga membuat emosi ibu menjadi tidak stabil sehingga sangat mempengaruhi kebugaran tubuh.

Baca juga:  Bunda Berikut Cara Mengatasi Kelelahan Pasca Melahirkan

Rasa lelah yang berkepanjangan ini dapat menyebabkan ibu mengalami stres, memicu depresi pasca melahirkan dan baby blues.

Lemas, sakit kepala, sulit tidur, berkurangnya nafsu makan serta sulit berkonsentrasi merupakan gejala stres dan kelelahan pada ibu pasca melahirkan.

Apabila ibu mengalami gejala di atas sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau bidan Medi-Call di rumah dengan memesan melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Tugas Perawat Bayi

Tugas perawat bayi bukanlah tugas ibu saja akan tetapi tugas anggota keluarga lainnya terutama suami.

Berbagi tugas perawat bayi dapat membantu meringankan beban ibu pasca melahirkan sehingga dapat fokus kepada pemulihan tubuh dan memberikan ASI.

Membantu ibu merawat bayi pasca melahirkan dapat membuat ibu mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga memperlancar ASI.

Namun apabila anggota keluarga seperti suami juga sibuk bekerja sehingga tidak dapat menemani ibu di rumah dapat menggunakan jasa perawat bayi.

Jasa perawat bayi dapat membantu merawat bayi di rumah sehingga ibu tidak perlu khawatir.

Berikut ini beberapa tugas perawat bayi untuk membantu ibu pasca melahirkan yang perlu diketahui:

 

  • Memandikan bayi

Tugas perawat bayi yang pertama adalah membantu ibu memandikan bayi

Memandikan bayi bukanlah tugas yang mudah dikarenakan bayi baru lahir tidak boleh mandi terlalu lama namun juga harus tetap terjaga kebersihannya.

Mandi dapat membantu merilekskan tubuh bayi sehingga menjadi lebih segar dan mudah tertidur.

Akan tetapi diperlukan perhatian khusus saat menggendong bayi mandi, ini dikarenakan tubuh bayi yang masih lemah dan rentan cedera.

Oleh karena itu sebaiknya memandikan bayi dibantu oleh perawat bayi yang sudah berpengalaman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

 

  • Mengganti popok

Salah satu tugas perawat bayi lainnya adalah mengganti popok.

Bayi baru lahir umumnya memiliki popok yang perlu diganti sesering mungkin agar mencegah infeksi kuman dan bakteri.

Mengganti popok dapat dilakukan oleh perawat bayi sehingga ibu dapat beristirahat dengan tenang.

 

  • Memijat bayi

Tugas perawat bayi selanjutnya adalah memberi pijatan pada bayi.

Pijatan pada bayi memiliki banyak manfaat yaitu mencegah bayi rewel, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan pertumbuhan serta membuat Buah Hati mudah tidur di malam hari.

Akan tetapi pijatan pada bayi tidak boleh dilakukan sembarangan karena berisiko cedera.

Oleh karena itu, pijatan pada bayi harus dilakukan secara lembut dan sebaiknya dilakukan dengan perawat bayi yang sudah berpengalaman.

layanan baby care Medi-Call
Medi-Call: Layanan Baby Care di Lokasi Anda

Bayi baru lahir masih memerlukan banyak perawatan dikarenakan dirinya belum dapat membedakan pagi dan malam sehingga mudah rewel dan terbangun.

Namun tubuh ibu juga perlu beristirahat sehingga sulit apabila terus-menerus terbangun untuk mengganti popok atau memberi ASI akan membuat ibu menjadi mudah lelah.

Baca juga:  Pijat Bayi yang Benar dan Aman untuk Si Buah Hati

Mendapatkan layanan perawat bayi Medi-Call ke rumah dapat membantu ibu merawat, memandikan dan memijat bayi sehingga ibu dapat beristirahat.

Pesan perawat bayi Medi-Call ke rumah untuk membantu merawat Buah Hati dengan menggunakan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

DMCA.com Protection Status