Tujuh Masalah Kesehatan Lansia dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Share Artikel Ini

Kelompok umur lansia merupakan kelompok yang kesehatannya berisiko.

Kebanyakan masalah kesehatan lansia terdiri dari masalah kesehatan degeneratif atau geriatri.

Mayoritas masalah kesehatan lansia atau geriatri terdiri dari 7 masalah kesehatan yang bisa berdampak parah jika tidak ditangani lebih lanjut.

Alangkah baiknya jika anggota keluarga dari kelompok umur lanjut usia dan kebetulan mengalami masalah kesehatan lansia juga bisa mengedukasi diri mengenai penyebab keluhan penyakit yang dialami oleh orang tua terkasih.

Masalah Buang Air Kecil

Tidak bisa mengontrol kantung kemih atau kondisi Urinary Incontinence memang merupakan topik yang memalukan.

Anda wajib tahu bahwa kondisi kesehatan tersebut merupakan hal yang lazim terjadi di kelompok umur lansia.

panggil perawat home care, panggil perawat lansia, perawat home care, perawat lansia, perawat orang tua, perawat lansia stroke, stroke
Medi-Call: Layanan Perawat Lansia ke Rumah Anda

Meskipun masalah ini termasuk awam, namun Urinary Incontinence yang tidak ditangani lebih lanjut bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang lain seperti tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh, depresi, dan terisolasi dari lingkungan sekitar.

Susah Tidur

Mengalami susah tidur dapat berdampak pada kualitas hidup para lansia dan orang-orang pada umumnya dan dapat berkembang menjadi masalah kesehatan seperti kesulitan menjaga keseimbangan tubuh, luka-luka, dan lainnya.

Delirium

Banyak lansia yang terpaksa dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) atau dibawa ke rumah sakit karena kebingungan.

Mengatasi Delirium atau biasa dikenal sebagai kondisi kesehatan di mana pasien mengalami linglung dan penurunan fungsi kognitif sehingga diperlukan bantuan tenaga medis untuk mengatasi kondisi tersebut.

Dementia

Secara garis besar, dementia merupakan masalah yang terjadi dalam ingatan seseorang yang bisa berdampak signifikan dalam kualitas kehidupan pasien sehari-hari.

Ada banyak penyebab dementia, salah satunya Alzheimer’s Disease.

Jatuh

Kasus jatuh merupakan penyebab utama masalah cedera pada lansia.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kasus jatuh, salah satunya benda-benda berbahaya yang berada di dalam rumah, efek samping dari pengobatan, gangguan penglihatan dan berjalan, pusing, arthritis, melemahnya badan, dan gizi kurang.

Seperti khasnya sindrom geriatri, jatuh disebabkan oleh banyak faktor risiko.

Osteoporosis

Menipisnya jaringan tulang merupakan kondisi kesehatan yang bisa membuat jaringan tulang lansia menjadi lebih rentan patah.

panggil perawat home care, panggil perawat lansia, perawat home care, perawat lansia, perawat orang tua, perawat lansia stroke, stroke
Medi-Call: Layanan Perawat Lansia ke Rumah Anda

Berat Badan Turun Secara Drastis

Masalah yang biasa terjadi pada kaum lansia merupakan kondisi berat badan yang turun secara drastis.

Salah satu penyebabnya adalah menurunnya kepekaan indera pengecap karena sudah menua ataupun bisa merupakan indikator dari masalah kesehatan yang serius.

Apapun penyebabnya, berat badan yang menurun secara drastis akan berdampak kepada masalah kesehatan lainnya seperti melemahnya kondisi tubuh, jatuh secara tiba-tiba, atau gangguan tulang lainnya.

Ada saat-saat di mana masalah kesehatan lansia yang dialami oleh orang tua tidak bisa ditangani sendiri oleh anggota keluarga.

Tenaga medis pun siap membantu dan mampu datang ke rumah Anda jika diperlukan.

Partner Medi-Call yang terdiri dari dokter umum maupun perawat lansia selalu stand by untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan Anda.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.