fbpx

Ketahui Pentingnya Vaksin Meningitis untuk Umroh

Bagikan artikel ini

Vaksin meningitis untuk umroh ke tanah suci merupakan salah satu syarat wajib yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintahan Arab Saudi.

Langkah ini merupakan salah satu cara pemerintah Arab Saudi dalam mencegah penyebaran penyakit menular. Berikut adalah hal-hal yang Anda perlu ketahui mengenai vaksin meningitis untuk umroh.

Meningitis meningokokus 

Meningitis meningokokus adalah radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis atau disebut juga meningokokus.

Ibadah umroh seringkali dikaitkan dengan penyakit ini karena sempat terjadi beberapa kali wabah pada jemaah umroh.

Diduga penyebab tingginya kasus penyakit meningitis ini adalah karena tertular dari para jemaah asal Afrika yang terkenal dengan tingginya angka kasus meningitis. 

Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dengan cairan ludah, misalnya ketika penderita bersin, batuk, atau meludah kemudian tersentuh atau terhirup oleh orang lain.

Resiko penularan penyakit meningitis ini semakin tinggi apabila penderita berada di tempat yang padat dengan orang-orang. Karena itulah wabah meningitis sangat rentan untuk terjadi di antara jamaah umroh.

Gejala meningitis meningokokus dapat bervariasi dari kasus ke kasus, akan tetapi secara umum gejala yang muncul antara lain adalah:

  • Demam tinggi yang tiba-tiba
  • Sakit kepala parah yang persisten
  • Leher terasa kaku
  • Mual atau muntah
  • Selalu mengantuk dan sulit untuk bangun
  • Nyeri sendi
  • Disorientasi atau perubahan mental lainnya
  • Ruam kemerahan atau ungu pada kulit 

Ruam kemerahan atau keunguan pada kulit adalah gejala yang sangat penting untuk diperhatikan.

Jika ruam tidak berubah warna menjadi putih saat Anda menekan gelas di atasnya, kemungkinan ruam tersebut merupakan pertanda keracunan darah akibat peradangan pada selaput otak. 

Penyakit meningitis sangatlah serius karena kematian dapat terjadi hanya dalam beberapa jam setelah terjangkit.

Selain itu, kemungkinan cacat permanen seperti kerusakan sistem saraf, cacat intelektual, kejang, dan stroke dapat terjadi akibat penyakit ini.

Oleh karena itu, vaksin meningitis untuk umroh sangatlah penting untuk dilakukan. 

medi-chat, medi-call, medicall, konsultasi dokter, dokter konsultasi, konsultasi dengan dokter
Medi-Chat: Gratis Tanya Dokter Di Aplikasi Medi-Call

Ketentuan pemberian vaksin meningitis untuk umroh

Jemaah umroh di atas usia dua tahun diwajibkan untuk menerima vaksin disertai dengan sertifikat vaksin internasional (IVC) tidak kurang dari 14-10 hari sebelum kedatangan ke Arab Saudi. 

Jenis vaksin meningitis untuk umroh bisa memilih salah satu di antara vaksin berikut: 

  • vaksin kuadrivalen polisakarida (ACWY) 
  • vaksin kuadrivalen konjugat (ACWY) 

Jika Anda sebelumnya pernah mendapat vaksin meningitis, pastikan bahwa Anda mendapatkannya tidak lebih dari tiga tahun sebelum berangkat umroh.

Untuk orang dewasa, vaksin meningitis ini akan mampu memberikan perlindungan selama lima tahun.

Sedangkan, untuk anak balita, vaksin meningitis akan mampu memberikan perlindungan selama 2-3 tahun dengan asalkan diikuti dengan pemberian vaksin kedua setelah tiga bulan.

Sama dengan vaksin lainnya, ada kemungkinan reaksi alergi parah dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah suntikan tetapi kemungkinan terjadinya kasus alergi parah sangatlah kecil. 

Umumnya, akan ada reaksi ringan berupa kemerahan atau rasa sakit ringan pada bagian tubuh yang disuntik yang akan hilang dalam satu atau dua hari. 

Berdasarkan berbagai penelitian, vaksin meningitis untuk umroh terbukti efektif untuk mencegah penyakit meningitis.

Akan tetapi, pencegahan dengan cara lain seperti memakai masker saat berada di keramaian, menghindari menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain, serta menjaga kebugaran tubuh dengan pola makan yang sehat dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh sehingga tidak terjangkit oleh penyakit meningitis. 

Bagi Anda yang berniat untuk berangkat ke tanah suci untuk umroh, konsultasikan lebih lanjut mengenai meningitis dengan dokter dan dapatkan layanan vaksin di rumah melalui aplikasi Medi-Call

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala
Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.