5 Cara Menghilangkan Batuk dan Pilek yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Pahami cara menghilangkan batuk dan pilek yang efektif, mulai dari istirahat hingga penggunaan humidifier.Kondisi batuk dan pilek sering kali disepelekan karena dianggap sebagai penyakit yang ringan. Meski demikian, kedua penyakit yang sering datang bersamaan ini bisa sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Untungnya, telah banyak cara menghilangkan batuk dan pilek secara lebih cepat dan efektif. Bahkan, sejumlah metode pengobatannya bisa Anda lakukan di rumah karena begitu mudah diterapkan. Dengan paham soal berbagai cara mengatasi batuk dan pilek yang efektif, maka Anda bisa lekas pulih dan bisa menjalani aktivitas dengan maksimal. 
Medi-Call: Layanan Dokter Umum Terdekat ke Lokasi Anda

Cara Menghilangkan Batuk dan Pilek yang Mudah dan Efektif

Jika ingin tahu cara menghilangkan batuk dan pilek dengan lebih cepat dan efektif, ini caranya: 
  • Pastikan istirahat yang cukup
Pertama, sekaligus yang paling penting dalam mengatasi batuk dan pilek adalah istirahat yang cukup. Pasalnya, tubuh butuh energi yang banyak untuk melawan infeksi, dan tidur menjadi metode terbaik untuk mengisi energi. Menurut laman Mayo Clinic, tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar lebih efektif bekerja melawan berbagai virus penyebab batuk dan pilekTerkait durasi tidur, National Sleep Foundation menjawab idealnya orang dewasa perlu tidur 7 - 9 jam di malam hari agar lekas pulih dari batuk dan pilek. 
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi
Menjaga tubuh tetap terhidrasi menjadi langkah efektif agar batuk dan pilek bisa teratasi. Anda bisa minum cukup air putih yang bisa mengencerkan lendir. Selain itu, Anda juga bisa meredakannya dengan minum teh herbal atau mengonsumsi sup hangat. Saat rutin dan rajin mengkonsumsinya, maka lendir bisa lebih mudah keluar ketika batuk atau ketika membuang ingus. Dilansir dari Very Well Health, upaya ini juga dapat membantu menjaga tenggorokan tetap lembap, sehingga meminimalisir iritasi yang bisa memperburuk batuk. 
  • Gunakan humidifier
Dilansir dari Health.com, penggunaan humidifier cukup efektif mengatasi batuk dan pilek. Penggunaan humidifier efektif dalam menambah tingkat kelembapan udara di dalam ruangan.Pasalnya, udara yang terlalu kering bisa berdampak pada saluran pernapasan sehingga pilek bisa memburuk. Tak hanya itu, humidifier juga dapat membuat waktu istirahat lebih nyaman karena menjaga kelembapan udara ketika tidur. 
  • Kumur-kumur dengan air garam
Cara mengatasi batuk dan pilek selanjutnya yang mudah dilakukan adalah dengan berkumur air garam. Air garam dinilai dapat mengurangi peradangan, serta menarik cairan pada jaringan yang mengalami pembengkakan di tenggorokan. Selain itu, cara ini juga dinilai dapat menghilangkan lendir maupun iritasi. Caranya tinggal mencampurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat, kemudian kumur selama beberapa detik sebelum dibuang.Lakukan beberapa kali sehari agar hidung tersumbat terasa lebih lega. 
  • Vitamin dan mineral penting
Cara menghilangkan batuk dan pilek selanjutnya adalah dengan mencukupi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Cukupi kebutuhan vitamin C dan D yang efektif dalam meredakan pilek dan melawan infeksi. Selain itu, cukupi juga kebutuhan zinc untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 
  • Penggunaan obat batuk dan pilek yang dijual dengan bebas
Ada sejumlah obat batuk dan pilek yang bisa dapatkan di apotek tanpa perlu resep dokter. Misalnya obat antihistamin dan dekongestan yang bisa membantu meredakan gejala. Dekongestan bisa membantu mengurangi bengkak di saluran hidung, sementara antihistamin bisa mengurangi gejala bersin dan hidung yang berair. Saat akan mengonsumsinya, sebaiknya perhatikan dahulu dosis dan aturan konsumsi. 

Kapan Harus ke Dokter? 

Cara menghilangkan batuk dan pilek di atas cukup efektif membuat kondisi tubuh jauh lebih baik. Namun, pertimbangkan untuk datang ke dokter jika mengalami kondisi ini: 
  • Batuk mengeluarkan darah dan lendir yang berwarna, yang bisa menjadi gejala pneumonia, bronkitis, dan masalah pada paru-paru. 
  • Sesak napas seperti asma yang bisa jadi tanda adanya kondisi yang butuh perhatian medis. 
  • Demam tinggi lebih dari 39ºC.
  • Nyeri dada yang bisa menjadi tanda flu berat dan infeksi bakteri. 
  • Batuk lebih dari tiga minggu yang bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lebih serius seperti infeksi dan penyakit paru-paru. 
  • Kelelahan yang ekstrim dan berkeringat di malam hari. 
Gejala Anak Autis Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda
Saat mengenali gejala-gejala di atas, maka cara menghilangkan batuk dan pilek paling tepat adalah langsung datang ke dokter. Anda bisa lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui Medi-Call agar lebih mudah.Jika juga butuh perawatan, maka dokter Medi-Call juga bisa datang ke rumahDemi memudahkan, hubungi Call Center Medi-Call atau install aplikasi Medi-CallReferensi: 
  • WebMD (2023). Cough Hacks: How to Find Relief.
  • Medical News Today (2023). What can I do to make my cough go away naturally?
  • Mayo Clinic (2022). 7 ways to combat coughs, colds. 
  • Health (2023). Cold Remedies to Try—And Those to Avoid.
  • Very Well Health (2023). How to Get Rid of a Cold Fast.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip