5 Efek Samping Terapi Infra Merah, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Terapi infra merah menawarkan berbagai manfaat kesehatan, namun penting untuk memahami potensi efek samping terapi infra merah, seperti sakit kepala, iritasi kulit, dan interaksi obat. Terapi infra merah atau infra red merupakan perawatan yang memanfaatkan cahaya merah yang lembut dan tidak terlihat oleh mata manusia.Terapi infra merah umumnya dilakukan untuk pengobatan berbagai kondisi kesehatan dan mendukung proses penyembuhan.Misalnya seperti meredakan nyeri dan peradangan (artritis, tendinitis, dan nyeri otot), melancarkan peredaran darah, mempercepat penyembuhan luka, dan masih banyak lagi.  Meski tergolong aman dan diklaim banyak manfaatnya, penting untuk memahami bahwa terapi infra merah juga memiliki potensi efek samping. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai efek samping terapi infra merah yang perlu diketahui.
Operasi Tulang Belakang Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi ke Lokasi Anda

Efek Samping Terapi Infra Merah

Dilansir dari Healthline, terapi infra merah menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.Bahkan, terapi infra merah juga menunjukkan manfaat untuk mengurangi beberapa efek samping pengobatan kanker, seperti mukositis oral, dermatitis radiasi, dan limfedema.Untuk memastikan bahwa Anda mendapat manfaat dari terapi ini secara efektif dan aman, Anda perlu memahami langkah-langkah pencegahan yang dapat meminimalisir risiko efek samping. Ini dia sejumlah efek samping terapi infra merah yang berpotensi muncul setelah sesi terapi:
  • Sakit kepala
Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala setelah sesi terapi infra merah. Sakit kepala bisa disebabkan oleh paparan cahaya terang saat menjalani terapi.Jika Anda sudah memiliki riwayat sakit kepala atau migrain sebelumnya, maka Anda mungkin lebih rentan terhadap efek samping yang satu ini. Anda bisa mencegah sakit kepala setelah terapi infra merah dengan cara menggunakan pelindung mata atau menutup mata selama prosedur terapi.Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas sebelum menjalani sesi terapi. 
  • Mata menjadi tegang
Serupa dengan menatap matahari yang dapat merusak mata, menatap lampu infra merah juga bisa membuat penglihatan menjadi terganggu. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan kacamata yang tepat untuk mencegah ketegangan dan kerusakan mata. 
  • Kulit menjadi iritasi
Salah satu efek samping terapi infra merah yang paling umum adalah iritasi pada kulit. Efek samping ini bisa ditandai dengan kondisi kulit kemerahan, gatal, luka lepuh, atau iritasi. 
  • Interaksi obat
Terapi infra merah dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat, seperti lithium, melatonin, tretinoin, dan sejumlah antiobiotik bisa membuat Anda lebih peka terhadap cahaya. Jika obat yang Anda konsumsi membuat Anda lebih peka terhadap cahaya, konsultasikan dengan dokter sebelum menjalani terapi infra merah. 
  • Insomnia
Jika Anda mengalami insomnia, bicarakan dengan dokter sebelum menjalani terapi infra merah. Sebagian orang mengungkapkan bahwa terapi infra merah membuat mereka menjadi lebih mudah untuk tidur. Namun, ada juga yang melaporkan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk tidur setelah sesi terapi infra merah. 

Terapkan Hal Ini untuk Meminimalisir Efek Samping Terapi Infra Merah

Terapi infra merah mungkin bisa menjadi metode yang efektif untuk berbagai tujuan kesehatan tanpa efek samping yang berat.Namun, penting untuk meminimalisir risiko efek samping yang mungkin timbul. Misalnya dengan memastikan bahwa terapi infra merah dilakukan sesuai dengan protokol keamanan yang ditetapkan oleh penyedia layanan terapi infra merah.Gunakan peralatan yang sudah teruji dan terstandarisasi, serta ikuti semua petunjuk penggunaan untuk memastikan keamanan. Selain itu, sebelum memulai terapi infra merah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasari atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Dokter dapat memberikan saran tentang apakah terapi ini aman untuk Anda dan memberikan panduan yang sesuai.Efek samping terapi infra merah juga bisa diminimalisir dengan memilih tempat terapi infra merah yang profesional dan terpercaya. Pilih fasilitas atau penyedia layanan yang memiliki reputasi baik dan berpengalaman dalam terapi infra merah.Pastikan mereka menggunakan peralatan yang terjamin kualitas dan keselamatannya.Pastikan juga mereka memiliki staf yang terlatih untuk memberikan terapi dengan cara yang benar dan aman. 
Operasi Tulang Belakang Medi-Call
Medi-Call: Layanan Fisioterapi di Rumah Anda
Sekarang, fisioterapis Medi-Call dapat datang ke rumah.Caranya juga cukup mudah, yakni dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.Referensi:
  • Krysus Human Performance (2024). Red Light Therapy Side Effects.
  • Healthline (2023) What Is Red Light Therapy and How Does It Work?
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait

Arsip