Macam Macam penyakit yang sering Dialami lansia

Macam macam penyakit yang sering dialami lansia dapat dihindari sehingga masa tu dapat tetap dijalani dengan produktif.Salah satu gejala penuaan adalah menurunya kemampuan kemampuan dan fungsi organ tubuh.Kondisi tersebut membuat lansia rentan terserang penyakit dan mengalami gangguan mobilitas fisik sehari-hari.Cari tahu lebih lanjut macam-macam penyakit yang sering dialami lansia agar dapat senantiasa membantu mereka hidup sehat.

Macam Macam Penyakit yang Sering Dialami Lansia

Dalam Merawat lansia diperlukan perhatian khusus seperti asupan gizi, terapi atau olahraga khusus untuk lansia dsb.Khususnya pada lansia yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti stroke atau diabetes, sebaiknya cari bantuan profesional seperti perawat lansia Medi-Call di rumah Anda.
panggil perawat home care, panggil perawat lansia, perawat home care, perawat lansia, perawat orang tua, perawat lansia stroke, stroke
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care Ke Rumah Anda
Berikut adalah beberapa macam-macam penyakit yang sering dialami lansia:
  • Penurunan fungsi indera

Kesulitan mendengar dapat diakibatkan oleh penurunan kemampuan indera pendengaran (presbikusis) atau meningkatnya produksi serumen telinga seiring dengan bertambahnya usia yang menghambat komunikasi verbal, untuk mengatasinya bisa mengenakan alat bantu pendengaran jika perlu.

Tidak hanya indera pendengaran, berkurangnya ketajaman penglihatan (presbiopi/mata tua) juga dapat terjadi.

Selain itu, penurunan fungsi vestibular untuk menjaga keseimbangan, mengatur gerak, dan kendali pergerakan tubuh pun bisa dialami lansia, maka dari itu dibutuhkan pengawasan agar terhindar dari cedera akibat terjatuh.

  • Sarcopenia

Memasuki usia senja, kekuatan serta massa otot akan mulai berkurang atau disebut juga sarcopenia.

Beberapa penyebabnya adalah karena menurunnya tingkat aktivitas fisik, berkurangnya produksi hormon, kekurangan protein, dan lainnya.

  • Arthritis

Arthritis adalah radang sendi, ditandai dengan pembengkakan, kaku untuk digerakkan, hingga terasa sakit.

Untuk penanganannya dapat dilakukan dengan konsumsi obat-obatan tertentu, menjalani terapi fisik, atau operasi sesuai anjuran dokter.

panggil perawat home care, panggil perawat lansia, perawat home care, perawat lansia, perawat orang tua, perawat lansia stroke, stroke, caregiver, care giver
Medi-Call: Layanan Perawat Lansia Ke Rumah Anda
 
  • Masalah ginjal dan saluran urin

Terdapat macam-macam penyakit yang sering dialami lansia terkait ginjal dan saluran urin seperti batu ginjal, infeksi saluran urin, tekanan darah tinggi, atau gagal ginjal.

Cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan ginjal serta saluran urin adalah dengan mencukupi kebutuhan air minum, menjaga asupan nutrisi makanan, serta olahraga teratur. 

  • Demensia

Demensia bukanlah penyakit melainkan kumpulan dari beberapa kondisi penyebab penurunan fungsi otak.

Tanda-tandanya seperti mudah lupa, kemampuan sosial terbatas, mengalami perubahan perilaku, tampak bingung dan sebagainya.

  • Alzheimer

Berbeda dengan demensia, Alzheimer merupakan kondisi kronis tersendiri.

Lansia berusia di atas 65 tahun dengan riwayat keturunan Alzheimer dan kondisi genetik tertentu beresiko mengalaminya. 

  • Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan gangguan sistem saraf pusat secara bertahap ditandai dengan postur tubuh membungkuk, sulit menjaga keseimbangan tubuh, tremor, perubahan suara, ekspresi wajah datar dan gerakan kaku atau lambat.

  • Glaukoma

Glaukoma sebagai salah satu dari macam macam penyakit yang sering dialami lansia merupakan kondisi rusaknya saraf penglihatan akibat banyak penumpukan cairan pada bola mata.

  • Penyakit paru-paru

Waspada akan terjadinya masalah kesehatan paru-paru seperti infeksi, bronkitis, asma, atau kanker paru.

  • Katarak

Seiring bertambahnya usia, katarak dapat memburuk sehingga lensa mata menjadi semakin keruh sehingga mengganggu penglihatan.

Salah satu cara mengatasinya dapat dilakukan prosedur operasi sesuai petunjuk dokter. 

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda
  • Osteoporosis

Bila sel-sel pembentuk tulang tidak dapat diproduksi dengan optimal oleh tubuh, maka kepadatan tulang dapat menurun sehingga menjadi lebih rapuh.

Lansia dengan osteoporosis membutuhkan pengawasan agar terhindar dari cedera.

  • Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi akibat penyempitan pembuluh darah dapat disebabkan berbagai hal.

Resiko lebih lanjut, hipertensi bisa memicu penyakit jantung hingga stroke 

  • Artritis

Terjadinya artritis pada lansia dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa bahkan sendi menjadi kaku.

Selain mengobati secara medis, dapat dilakukan pula sejumlah terapi untuk meringankan kondisi tersebut.

  • Diabetes

Diabetes dapat terjadi akibat produksi insulin terhambat (tipe I) atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif (tipe II)

Apapun tipe diabetesnya, pemicu utama tetaplah konsumsi gula yang berlebih.

Terdapatnya berbagai macam macam penyakit yang sering dialami lansia hendaknya tidak hanya menjadi perhatian keluarga namun, ajaklah anggota lanjut usia untuk rutin cek kesehatan dan membantu menerapkan pola hidup sehat.

Artikel Terkait

Arsip