Simak Berbagai Cara untuk Mengatasi Susah Tidur Orang Tua di Rumah

Bagikan artikel ini

Olahraga, mengurangi kafein dan mengatur jadwal tidur merupakan beberapa cara mengatasi susah tidur orang tua yang dapat dilakukan di rumah.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami banyak perubahan dan penurunan termasuk juga ritme sirkadian.

Ritme sirkadian adalah hormon yang mengatur rasa kantuk dan lelah seseorang sehari-hari.

Tubuh orang tua menghasilkan hormon ini jauh lebih rendah daripada usia muda sehingga akan mengalami banyak gangguan tidur.

Mudah tertidur di siang hari namun sulit tertidur di malam hari serta mudah terbangun saat sedang tidur merupakan tanda gangguan tidur pada orang tua.

Selain bertambahnya usia, stres, depresi serta adanya masalah kesehatan seperti diabetes, jantung dan artritis juga merupakan faktor penyebab susah tidur pada orang tua.  

Tidak adanya teman untuk berbicara dan tidak ada yang membantu merawat diri terutama saat sakit dapat membuat orang tua merasa sedih, stres, depresi sehingga sulit tidur.

Baca juga:  Kapan Orang Tua Anda Butuh Perawat Lansia di Rumah?

Mendapatkan layanan perawat home care dapat membantu menemani dan merawat orang tua sehingga tidak merasa sendiri terutama saat sakit.

Anda bisa mendapatkan layanan perawat home care profesional Medi-Call untuk membantu merawat dan menemani orang tua dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda

Mengatasi Susah Tidur Orang Tua

Banyak yang menyepelekan cara mengatasi susah tidur orang tua, karena dianggap lansia tidak membutuhkan waktu istirahat sebanyak anak muda.

Namun menurut National Institution on Aging, sebaiknya lansia mendapatkan tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malamnya.

Baca juga:  Masalah Tidur Lansia, Ketahui Berbagai Penyebabnya

Ini dikarenakan tubuh lansia membutuhkan banyak waktu untuk memulihkan tenaga yang telah keluar di siang hari serta menjaga kebugaran tubuh orang tua agar tidak mudah sakit.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara mengatasi susah tidur orang tua yang baik dan benar, berikut ini cara-caranya:

 

  • Berolahraga

Cara mengatasi susah tidur orang tua yang pertama adalah berolahraga secara teratur.

Berolahraga secara teratur di siang hari dapat membantu melepaskan hormon ritme sirkadian sehingga orang tua cepat mengantuk di malam hari.

Aerobik, bersepeda, lari, dan berenang merupakan olahraga yang baik dilakukan untuk mengatasi susah tidur orang tua serta menguatkan otot dan meningkatkan mood.

Sebaiknya tidak berolahraga empat jam sebelum waktu tidur karena dapat membuat otot tubuh menjadi aktif dan orang tua susah tidur.

 

  • Jadwal tidur yang teratur

Memiliki jadwal tidur yang teratur merupakan cara mengatasi susah tidur orang tua selanjutnya.

Sebaiknya orang tua selalu tertidur di jam yang sama pada malam hari serta bangun pagi di waktu yang sama juga.

Selain itu lakukan juga aktivitas yang dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur agar lebih rileks.

Membaca buku, mandi air hangat, meditasi dan mendengarkan musik yang menenangkan merupakan aktivitas yang dapat merilekskan pikiran serta tubuh orang tua sebelum tidur.

Sebaiknya jauhkan tv, handphone, dan lampu terang dari orang tua sebelum tidur karena dapat membuat mereka sulit tertidur di malam hari.

 

  • Mengurangi kafein

Cara mengatasi susah tidur orang tua selanjutnya adalah mengurangi konsumsi kafein maksimal empat jam sebelum tidur.

Sebaiknya orang tua tidak mengkonsumsi teh, kopi, soda dan coklat di sore hari karena dapat membuat susah tidur di malam hari.

 

  • Mengurangi makanan manis dan pedas

Mengurangi makanan manis dan pedas juga dapat menjadi cara mengatasi susah tidur orang tua.

Makanan tinggi gula dan karbohidrat seperti nasi putih, roti serta gula dapat membuat orang tua terjaga di malam hari.

Sedangkan makanan pedas yang dikonsumsi sore hari mengakibatkan orang tua mengalami masalah pencernaan pada malam hari dan susah tidur.

banner blog dokter Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Apabila telah mempraktekan cara mengatasi susah tidur di atas namun orang tua masih mengalami gangguan tidur sebaiknya segera hubungi dokter, ini mungkin gejala suatu penyakit.

Anda bisa mendapatkan layanan panggil dokter Medi-Call ke rumah untuk berkonsultasi mengenai masalah susah tidur orang tua dengan aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
medi-call perawat home care caregiver home visit perawatan luka