loader image

Suhu Badan Bayi Normal, Tanda dan Cara Mengetahuinya

Bunda, suhu badan bayi normal adalah berkisar antara 36.5°C hingga 37.5°C. Jika suhu tubuh Buah Hati berada di luar ini, maka Bunda harus waspada.Suhu badan bayi normal merupakan indikator penting untuk mengetahui kesehatan Buah Hati.Bila terdapat tanda-tanda suhu bayi tidak normal, maka orang tua perlu segera mengambil langkah yang tepat untuk penanganannya.

Tanda Suhu Badan Bayi Tidak Normal

Bayi mungkin mengalami suhu badan tidak normal jika mengalami hal-hal berikut ini:
  • Terasa lebih panas dari biasanya saat disentuh di punggung atau dada
  • Terasa berkeringat atau lembab
  • Memiliki pipi yang memerah
  • Bayi mudah rewel dan menangis
  • Bayi tampak lesu dan tidak aktif
  • Mengalami kesulitan makan dan minum
  • Mengalami muntah atau diare
Penyebab suhu badan bayi tidak normal kebanyakan disebabkan oleh infeksi atau penyakit lain.Meningkatnya suhu tubuh pada bayi merupakan respons alami dari tubuh agar mempersulit bakteri dan virus penyebab infeksi untuk bertahan hidup.Selain infeksi, bayi yang memakai terlalu banyak pakaian dapat mengalami kepanasan dan demam.Suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan hipotermia pada bayi sehingga suhu badannya meningkat.
Baca juga:  Bunda, Catat Jadwal Imunisasi Bayi Terbaru 2024 Jangan Sampai Terlewat!
Jika Buah Hati baru saja mendapatkan imunisasi dan mengalami kenaikan suhu tubuh, maka ini merupakan efek samping yang umum dari imunisasi sehingga Bunda tidak perlu khawatir.Tapi meskipun begitu, suhu badan bayi seharusnya selalu dalam keadaan normal.Apalagi jika bayi baru berusia 3 bulan ke bawah, suhu badan bayi tidak normal merupakan hal yang perlu diwaspadai.Jika Buah Hati mengalami demam, suhu badan lebih dari 37,5°C sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call datang ke rumah untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Bunda bisa mendapatkan layanan dokter Medi-Call datang ke rumah hanya dengan menghubungi Call-Center 24 Jam atau gunakan aplikasi Medi-Call.
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah

Suhu Badan Bayi Normal dan Cara Mengetahuinya

Tahukah Bunda bahwa menggunakan termometer di dahi umumnya tidak akurat dan tidak disarankan untuk mengetahui apakah suhu badan bayi normal?Berikut ini beberapa cara akurat yang bisa Bunda lakukan untuk mengukur apakah suhu badan bayi normal:
  • Di bawah ketiak

Pegang anak Anda di pangkuan Anda dan letakkan termometer di bawah ketiaknya.

Tunggu beberapa saat sampai termometer siap digunakan, biasanya memakan waktu 15 detik, pada beberapa termometer digital berbunyi bip saat sudah siap.

  • Telinga

Bunda juga bisa meletakkan termometer pada bagian telinga untuk mengukur suhu tubuh bayi.

Pastikan telinga bayi bersih dari kotoran, kemudian letakkan perlahan dan pastikan tidak terlalu menusuk ke dalam telinga.

Akan tetapi memasang termometer di telinga dapat berisiko jika Anda tidak memasangnya di telinga dengan benar.

Hal ini sering terjadi karena lubang telinga bayi yang masih sangat kecil.

Medi-Call: Layanan Perawat Bayi ke Rumah
Bunda bisa mendapatkan bantuan perawat bayi untuk membantu memeriksa suhu badan bayi dan merawatnya saat mengalami demam.Perawat bayi Medi-Call juga bisa memberikan layanan pijat bayi dengan keluhan seperti demam, pilek dan batuk yang dapat membantu mempercepat penyembuhan.Layanan perawat bayi Medi-Call dapat datang ke rumah cukup dengan memesan melalui Customer Service 24 Jam.
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Terkait