Pemberian Vaksin PCV untuk Dewasa Bantu Cegah Diri dari Pneumonia

Bagikan artikel ini

Memberikan vaksin PCV untuk dewasa dapat membantu mencegah dari penyakit pneumonia.

Pneumonia merupakan infeksi pada salah satu maupun kedua paru-paru akibat bakteri maupun virus.

Infeksi ini menyebabkan kantung udara di paru-paru terisi oleh cairan maupun nanah sehingga penderitanya sulit bernapas.

Tidak hanya sulit bernafas, batuk berdahak bahkan timbul nanah, demam tinggi dan menggigil merupakan gejala pneumonia dalam tubuh.

Apabila mengalami gejala tersebut sebaiknya mendapatkan penanganan segera dari dokter Medi-Call di rumah.

Sedangkan pada orang dewasa terdapat gejala tambahan seperti kelelahan, kebingungan dan suhu tubuh menjadi sangat rendah.

Gejala pneumonia dapat bertambah seiring berjalannya waktu dan kasus paling buruk menyebabkan kerusakan otak hingga kematian apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter Medi-Call datang ke rumah melalui aplikasi atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Pemeriksaan menyeluruh dengan dokter Medi-Call di rumah saja dapat memberikan penanganan yang tepat terhadap gejala pneumonia sehingga mengurangi risiko.

banner blog dokter Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Vaksin PCV untuk Dewasa

Pneumonia adalah salah satu penyakit yang mudah menular dari droplets kecil di udara seperti bersin, batuk serta barang-barang yang tertempel virus.

Oleh karena itu penting mendapatkan vaksin PCV untuk dewasa guna mencegah diri dari infeksi virus penyebab pneumonia.

Selain mencegah dari infeksi virus, pemberian vaksin PCV untuk dewasa juga dapat membantu mengurangi penularan virus pneumonia di masyarakat.

Bayi di bawah satu tahun umumnya disarankan untuk mendapatkan vaksinasi pcv sebanyak dua dosis.

Baca juga:  Fungsi Vaksin PCV untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Pemberian vaksin PCV untuk bayi bisa dilakukan di rumah dengan dokter Medi-Call melalui aplikasi.

Namun meskipun sudah mendapatkan vaksinasi saat bayi, pemberian vaksin PCV untuk dewasa sebaiknya tetap dilakukan, terutama pada lansia diatas 65 tahun.

Ini dikarenakan lansia diatas 65 tahun mengalami penurunan sistem imun tubuh sehingga dapat mengakibat sakit parah apabila terkena infeksi virus pneumonia.

Selain pemberian vaksin PCV untuk dewasa berusia 65 tahun ke atas, ini juga bisa dilakukan pada orang dewasa usia sembilan belas tahun.

Orang berusia sembilan belas tahun ke atas dengan riwayat penyakit sebaiknya mendapatkan vaksin PCV untuk dewasa karena berisiko terkena pneumonia.

Pasien dengan penyakit jantung, ginjal, hati, diabetes dan penyakit paru merupakan orang yang sangat berisiko terkena pneumonia dan sebaiknya mendapatkan vaksin PCV untuk dewasa.

Vaksin PCV untuk dewasa diberikan sebanyak satu dosis dan sebaiknya diperbarui setiap lima tahun sekali.

Sistem antibodi tubuh untuk melawan infeksi virus menurun setiap tahunnya seiring bertambahnya usia, oleh karena itu perlu dilakukan pembaruan vaksinasi setiap lima tahun sekali.

Medi-Call menyediakan vaksinasi PCV di rumah bersama dokter Medi-Call sehingga dapat memudahkan aktivitas dan pesan sekarang melalui Call-Center 24 Jam.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Terdapat dua jenis vaksin untuk melawan infeksi virus pneumonia yaitu PCV13 dan PPV.

Vaksin PCV13 dapat melindungi tubuh dari tiga belas bakteri penyebab pneumonia dan biasanya diberikan pada anak-anak atau bayi.

Sedangkan vaksin PPV mampu melindungi tubuh dari 23 jenis bakteri penyebab pneumonia dan umumnya diberikan pada orang dewasa.

Demam, timbul rasa nyeri dan kemerahan di area suntikan merupakan efek samping dari vaksinasi PCV dan dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Panggil Dokter 24 Jam ke Rumah Anda