Fungsi Vaksin PCV13 Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Bagikan artikel ini

Fungsi vaksin PCV13 untuk tubuh adalah mencegah  infeksi bakteri streptococcus pneumoniae yang menyebabkan meningitis, infeksi saluran telinga tengah, pernapasan dan infeksi rongga sinus.

Bakteri ini umumnya menyerang area hidung dan belakang tenggorokan serta berisiko tinggi mengakibatkan  kerusakan otak secara permanen.

Berdasarkan hasil penelitian, kasus infeksi yang berat lebih tinggi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Tiga puluh persen bakteri ini tahan terhadap antibiotik dan bisa menular melalui kontak fisik, bersin, dan batuk. 

Salah satu upaya mencegah penularan bakteri streptococcus pneumoniae adalah dengan pemberian vaksin PCV.

PCV adalah singkatan dari Pneumococcal Conjugate Vaccine atau vaksin anti pneumokokus terdiri dari 2 jenis, yaitu PPSV (Pneumococcal Polysaccharide Vaccine) dan PCV. 

PCV13 adalah vaksin terbaru yang dikeluarkan pada tahun 2009 dan berisi 13 strain yang terdiri dari serotipe 1, 3, 4, 5, 6A, 6B, 7F, 9V, 14, 18C, 19A, 19F, 23F dengan merek dagang Prevnar13.

Jadi, PCV13 adalah PCV 10 ditambah 3 serotipe yaitu serotipe 3, 6A, dan 19A.

Pemberian vaksin harus dilakukan oleh dokter, dapatkan vaksinasi di rumah Anda melalui aplikasi Medi-Call atau pesan melalui layanan call-center 24 jam.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Fungsi Vaksin PCV 13

Secara umum, imunisasi PCV13 adalah vaksin pneumokokus yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi bakteri pneumokokus.

Adapun macam-macam fungsi vaksin PCV13  sebagai berikut:

  1. Fungsi vaksin PCV13 yang pertama adalah melindungi anak dari 13 jenis bakteri pneumokokus dengan rincian sebagai berikut.
  2. Bayi berusia kurang dari 2 tahun (bayi 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan booster antara 12–15 bulan) harus memperoleh 4 dosis vaksin PCV13.

Jika seorang bayi belum mendapat vaksin tepat waktu maka bayi tersebut harus diimunisasi selama kurun usia tersebut.

Konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika terlambat atau melewati batas waktu untuk satu dosis vaksin PCV, terutama pada anak.

  1. Anak sehat pada usia 2-4 tahun yang belum memperoleh vaksin PCV secara lengkap harus mendapat satu dosis vaksin.
  2. Fungsi vaksin PCV13 adalah mencegah timbulnya infeksi paru (pneumonia), selaput radang otak (meningitis), dan infeksi dalam darah (sepsis) pada balita. 
  3. Kemudian Fungsi vaksin PCV13 juga untuk melindungi lansia berusia lebih dari 65 tahun seumur hidupnya.

Setiap lansia membutuhkan satu vaksin, sedangkan penderita gangguan kesehatan kronis harus mendapat vaksin setiap lima tahun sekali atau sekali saja dalam seumur hidup sesuai dengan jenis gangguan yang dialami. 

  1. Fungsi vaksin PCV13 lainnya dapat melindungi perokok dewasa yang berusia 19 hingga 64 tahun dari penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae.

Orang dewasa yang akan diberi vaksin pneumokokus sebaiknya tidak sedang hamil dan menyusui. Konsultasikan kebutuhan vaksin dengan dokter sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi.

 Jenis-Jenis Vaksin PCV 13

Jenis-jenis vaksin PCV13 terbagi dua kelompok umur berdasarkan fungsi vaksin PCV13 sebagai berikut:

  1. Vaksin untuk Dewasa
    Vaksin PCV untuk orang dewasa adalah Pneumokokus Polisakarida (PPV) yang dikhususkan bagi orang lansia berusia 65 tahun ke atas dan orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi bakteri karena menderita penyakit kronis tertentu. 
  2. Vaksin untuk Anak-Anak
    Vaksin konjugasi pneumokokus (PCV) 13 harus diberikan kepada anak sehat yang berusia 2 bulan hingga 5 tahun.

Fungsi vaksin PCV13 adalah mencegah hingga 13 jenis bakteri Streptococcus pneumonia.

Jenis vaksin ini juga dapat diberikan kepada anak-anak berusia lebih dari 2 tahun terutama anak-anak yang berisiko terinfeksi pneumokokus.

Jika dilihat dari fungsi vaksin PCV13  terlihat baik bagi bagi semua orang, tetapi sebenarnya ada beberapa kelompok orang yang tidak harus menjalani imunisasi ini.

medi-call, medicall, dokter ke rumah, perawat ke rumah, bidan ke rumah, fisioterapi ke rumah, perawat luka, perawat bayi, perawat home care, perawat lansia, infus vitamin c, vitamin c, vaksin
Medi-Call: Layanan Tenaga Medis Ke Lokasi Anda

Orang-orang yang terlarang mendapat imunasi PCV13 adalah orang yang alergi terhadap kandungan vaksin PCV, wanita yang sedang hamil dan menyusui, atau orang yang menderita demam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status