Berapa Gaji Perawat Home Care di Indonesia?

Bagikan artikel ini

Minat menjadi perawat home care semakin meningkat, namun berapa gaji perawat home care di Indonesia dan apa saja keuntungan yang didapatkan?

Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 1992, perawat adalah seseorang yang berwenang untuk melakukan tindakan medis berdasarkan ilmu yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Terdapat empat macam perawat di Indonesia yaitu perawat Rumah Sakit, perawat puskesmas, perawat klinik kecantikan dan perawat home care.

Perawat home care memiliki tugas yang bermacam-macam di antaranya menyediakan layanan medis serta merawat pasien di rumah.

Baca juga:  Pelayanan Home Care dan Manfaatnya Bagi Orang Tua di Rumah

Selain itu, perawat home care juga bertugas untuk membantu pasien dalam aktivitas hariannya seperti makan, mandi, berganti pakaian, jalan-jalan, melakukan hobi dan masih banyak lagi.

Biasanya orang-orang lanjut usia, memiliki penyakit stroke, parkinson, osteoporosis, alzheimer atau penyakit lainnya yang mengakibatkan penurunan fungsi motorik tubuh.

Ini membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra setiap harinya sehingga perlu menggunakan layanan perawat home care.

Saat ini layanan perawat home care Medi-Call dapat membantu merawat orang terkasih Anda di rumah dengan memesan melalui Call-Center 24 Jam atau menggunakan aplikasi Medi-Call.

Perawat Home Care dan Perawat Luka Medi-Call
Medi-Call: Layanan Perawat Home Care dan Perawat Luka di Rumah Anda

Berapa Gaji Perawat Home Care dan Keuntungannya

Berapa gaji perawat home care di Indonesia berbeda-beda tergantung pada kondisi pasien yang dirawat.

Semakin sulit dan parah kondisi pasien maka berapa gaji perawat home care akan semakin besar.

Sudah banyaknya pengalaman dalam melakukan pelayanan home care juga mempengaruhi berapa gaji perawat home care, semakin berpengalaman maka gaji akan semakin besar.

Bagi perawat home care yang bertugas merawat pasien dengan alat-alat medis seperti di Rumah Sakit maka berapa gaji perawat home care berkisar antara 2.500.000 atau lebih.

Tugas perawat home care medis ini seperti memasangkan kateter untuk membantu pembuangan urin, selang sonde untuk membantu memasukan makanan ke dalam tubuh pasien.

Perawat home care medis juga dapat memberikan IV therapy kepada pasien untuk mengurangi dehidrasi serta memberikan obat.

Berapa gaji perawat home care untuk lansia berbeda dengan perawat home care medis yaitu berkisar antara 2.000.000 hingga 3.500.000 per bulan.

Tugas perawat home care lansia ini adalah merawat dan membantu lansia dalam aktivitas sehari-hari.

Baca juga:  Tugas Dan Peran Perawat Home Care Untuk Keluarga di Rumah

Untuk pasien yang memiliki penyakit sehingga sulit melakukan aktivitas sehari-hari juga dapat menggunakan jasa perawat home care.

Ada banyak keuntungan menjadi perawat home care yang pertama adalah lebih fokus pada pemulihan pasien.

Berbeda dengan perawat di Rumah Sakit yang bertugas merawat banyak orang, perawat home care hanya merawat satu pasien saja sehingga dapat lebih fokus.

Ada beberapa perawat home care yang diharuskan untuk tinggal dekat dengan pasien guna mencegah hal tidak diinginkan terjadi.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Sehingga keluarga pasien biasanya akan menyediakan tempat tinggal serta biaya makan di luar dari gaji yang didapatkan.

Layanan perawat home care ke rumah sebaiknya atas saran atau konsultasi dokter terlebih dahulu guna mengetahui kondisi dan kebutuhan yang diperlukan pasien.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Medi-Call di rumah guna mengetahui apa saja yang diperlukan sebelum mendapatkan perawatan home care dengan memesan melalui aplikasi Medi-Call atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Layanan Home Care Corona Medi-Call